Waktu yang Tepat Untuk Belajar

Waktu yang Tepat Untuk Belajar_ Belajar, belajar dan belajar, setiap hal yang kita lakukan didunia ini memang harus dipelajari, karena dari ketidaktahuan kita menjadi tahu dari belajar. Selain itu, dengan belajar kita bisa meningkatkan setiap potensi yang dalam diri. Ada banyak hal yang kita pelajari didunia ini dan semua orang harus belajar, terlebih mereka yang sedang menempuh pendidikan.


Belajar merupakan suatu perubahan dalam potensi perilaku yang dimana hasil dari latihan atau pengalaman. Belajar adalah hasil dari stimulus dan respon, seseorang dapat dikatakan belajar jika sudah mampu menunjukan perubahan pada perilakunya.

Ketika seseorang mulai belajar, maka ada banyak manfaat yang akan diperoleh serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya adalah dia terbiasa mengolah fungsi otak dengan baik agar terus mampu berpikir, memperluas wawasan, terhindar dari kebodohan, bisa meningkatkan kepercayaan dalam diri, dan tentunya bisa mencetak prestasi yang tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, tetapi bagi orang lain pula.

Belajar tentu biasanya disekolah, kampus, tempat kursus, dan beberapa tempat lainnya atau bisa juga belajar sendiri dirumah. Namun ketika belajar dengan pendidik misalnya disekolah, maka ada beberapa etika yang harus dijaga dan tidak boleh dilakukan, seperti; tidak berbicara terkecuali dipersilahkan.

Usahakan untuk tidak tidur ketika belajar, memperhatikan penjelasan guru atau pendidik, jangan bermain, tidak tidur dalam ruangan pada saat jam belajar berlangsung, jangan meninggalkan ruangan tanpa izin dari guru atau pendidik, berpindah tempat sesuka hati pada saat belajar, bermain gadget, makan atau minum dalam ruagan, dan membuat kegaduhan.

Belajar atau menuntut ilmu memang sudah menjadi kewajiban bagi seorang muslim, seperti yang sudah dijelaskan dalam Alquran dan di beberapa surah. Diantaranya ;

Q.S Az Zumar ayat 9 yang artinya “katakanlah, apakah sama antara orang yang mengetahui dan orang tidak tahu” Selain itu sudah dijelaskan dalam hasits dari riwayat Imam Muslim, dari Abu Hurairah ra ketika Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda yang artinya “barang siapa yang menempuh suatu perjalanan dalam rangka untuk menuntut ilmu maka Allah mudahkan baginya jalan ke syurga.

Tidaklah berkumpul suatu kaum disalah satu masjid diantara masjid-masjid Allah, mereka membaca kitabullah serta saling mempelajarinya kecuali akan turun kepada mereka ketenangan dan rahmatserta diliputi oleh malaikat. Allah menyebut-nyebut mereka dihadapan para malaikat”. Dari sits ini kita bisa tahu bahwa betapa pentingnya belajar.

Meskipun demikian, belajar juga memiliki waktu-waktu tertentu. Selain agar tidak terhambat dengan aktivitas lain, waktu ini sesuai dengan kondisi tubuh, terlebih pada otak. Berikut beberapa waktu yang tepat untuk belajar ;

1. Belajar jam 4 sampai 5 pagi
Kita bisa belajar jam 4 sampai 5 pagi, atau setelah melakukan sholat subuh, hal ini Karena tubuh masih dalam keadaan frensh setelah beristrahat atau tidur malam, maka ketika bagun tidur tubuh memiliki cukup tenaga. Selain itu, dijam seperti ini orang kebanyakan masih tidur dan tidak ada aktivitas yang dapat mengganggu. Suasana yang sunyi dan tenang bisa membuat kita lebih berkonsentrasi dalam belajar, terlebih bagi ingin yang menghafal.

2. Belajar jam 7 sampai 9 pagi
Waktu yang tepat untuk belajar yaitu sekitaran jam 7-9 pagi, karena pada saat itu tubuh masih dalam kondisi yang baik. Itulah kenapa pada saat sekolah atau kampus, pada pagi hari kita akan lebih mudah mengerti dan paham akan materi yang sedang dijelaskan, selain itu masih dalam keadaan fresh dibandingkan dengan siang hari yang semakin membuat tubuh merasa lelah dan sulit untuk konsentrasi.

3. Belajar jam 9 sampai 11 pagi
Selanjutnya jam 9-11 masih merupakan waktu yang tepat untuk belajar, karena pada saat itu otak memiliki cukup hormon kortisol sehingga sehingga kita bisa fokus dalam melakukan kegiatan apapun termaksud belajar.

Hormon koristol merupakan hormone yang dimana berperan dalam penggunaan glukosa atau gula serta lemak dalam proses metabolism tubuh untuk menyediakan energy, juga berfungsi sebagai pengendali stress. Jika tubuh memiliki cukup hormone koristol maka stress akan lebih terkendali pula serta tubuh akan rileks dan bisa konsentrasi untuk belajar.

Selain itu jam 7-9 malam juga merupakan waktu terbaik untuk belajar setelah mengerjakan sholat Isya, pada waktu ini juga sudah banyak digunakan orang-orang untuk belajar, terutama anak sekolahan dan sudah menjadi tradisi.

Namun setelah belajar, meskipun masih banyak waktu yang tersisa namun sebaiknya istrahat agar paginya bisa bangun dengan keadaan tubuh yang segar, dibandingkan hanya dengan begadang. Selain membuat tubuh lelah, ketika pagi dan menjelang siang akan menyebabkan rasa ngantuk yang berlebih karena efek ari begadang tersebut sehingga hal yang di pelajari semalam akan menjadi sia-sia dan sama sekali tidak bermanfaat.


Selain waktu-waktu diatas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar lebih konsentrasi dalam belajar.

Pertama, niat dan berdoa. Karena tanpa adanya niat, kita tidak akan bergerak untuk belajar, setelah niat berdoalah agar medapat kerbekahan dari Allah sehingga ilmu yang kita dapat bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, dan meminta perlindungan dari Allah agar tidak diganggu jin ketika sedang belajar.

Kedua, tinggalkan hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi dalam belajar seperti gadget, notifikasi yang terus-terusan berbunyi akan menarik perhatian sehingga mengurangi konsentrasi pada saat belajar.

Ketiga, beri batasan waktu dalam belajar, seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa tubuh butuh istrahat terlebih otak. Kita tidak boleh memaksakan diri untuk terus berpikir, karena itu tentukan waktu untuk belajar. Misalnya cukup 30 menit atau 1 jam kemudian beristrahat dan bisa melanjutkan kembali. Tidak hanya itu, ada juga beberapa waktu yang tidak diperbolehkan untuk belajar tubuh, karena kondisi tubuh yang tidak bersahabat sehingga bisa mengurangi kadar konsentrasi.

Adapun waktu-waktu tersebut yaitu ; Sekitaran jam 2-3 adalah waktu paling tepat untuk beristrahat setelah melakukan berbagai macam aktivitas maka tubuh akan sedikit merasa lelah. Terlebih jika setelah makan, tubuh akan mencerna makanan dan hal ini membuat darah tertarik dari otak keperut sehingga menyebabkan darah atau oksigen pada otak sedikit berkurang, itulah yang menyebabkan kita menjadi mengantuk dan membutuhkan itrahat.

Selain itu ada juga beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengistrahatkan otak setelah belajar keras, yaitu misalnya ketika sedang belajar penuh maka untuk beberpa menit kita perlu istrahat kemudian bisa melanjutkannya kembali, tidak perlu memaksa diri, karena otak bukan mesin yang bisa bekerja dalam waktu 24 jam seperti mesin.

Istrahat yang cukup pada malam hari setelah melakukan berbagai macam aktivitas seharian penuh, kurangi begadang dengan melakukan hal-hal yang sama sekali tidak bermanfaat seperti bermain game, chatingan dan menghabiskan waktu didepan layar Televisi dan laptop demi menonton drama atau flim davorit misalnya.

Atau bisa juga menjadwalkan untuk pergi liburan pada akhir pekan untuk membuat rileks tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang, hal ini juga sudah banyak dilakukan orang- orang selain itu bisa menghidari kita dari stress berlebih akibat dari banyaknya aktivitas. Itulah beberapa waktu yang tepat untuk belajar, meskipun belum terbiasa, seiring dengan berjalannya waktu akan terbiasa pula. Asalkan ada niat dan usaha semua akan bisa seperti kata pepata ”semua bisa karena terbiasa” selamat mencoba semoga bermanfaat.

0 Response to "Waktu yang Tepat Untuk Belajar"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel