9 Cara Menghemat Uang Saat Kuliah

9 Cara Menghemat Uang Saat Kuliah_ Seperti yang kita ketahui untuk mengenyam pendidikan dijenjang perguruan tinggi membutuhkan biaya yang cukup besar. Kondisi tersebut terkadang menjadi kendala bagi sebagian orang untuk melanjutkan pendidikan karena besarnya biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah.



Namun sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar keinginan untuk kuliah dan meraih gelar sarjana yang bisa diimpikan bisa terwujud misalnya; mencari beasiswa, kerja sambil kuliah, jadi freelance (kerja bebas), dll. Selain beberapa opsi di atas beberapa tips juga bisa dilakukan agar biaya yang dikeluarkan saat kuliah bisa diminimalisir (hemat).

Bagaimana cara menghemat uang saat kuliah? Berikut beberapa tips untuk anda agar dapat menghemat uang saat kuliah adalah sebagai berikut:

9 Cara Menghemat Uang Saat Kuliah

1. Tidak Boros Saat Kuliah
Sebagai mahasiswa kita harus berperilaku hemat dan mampu mengontrol pengeluaran keuangan. Hindari sikap boros karena itu akan membuat anda membutuhkan biaya yang sangat besar untuk menyelesaikan kuliah.

Bedakan antara kebutuhan dan keinginan anda, sebaiknya jika ada hal-hal yang sangat kamu inginkan untuk dibeli padahal hal tersebut tidak terlalu anda butuhkan maka sebaiknya anda mengurungkan niat untuk membelinya.

Anda harus tahu yang mana harus diprioritaskan dan mana yang bisa ditunda dulu, dengan begitu anda bisa menghemat biaya yang dikeluarkan.

2. Tinggal di Rumah Keluarga
Tips selanjutnya untuk menghemat uang saat kuliah adalah dengan memilih tinggal di rumah keluarga sehingga anda tidak perlu lagi untuk menyewa kos-kosan atau kontrakan, karena seperti yang kita ketahui jika menyewa kos-kosan atau kontrakan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Perlu juga anda ketahui jika tinggal di rumah keluarga tentu saja tidak begitu saja akan tetapi anda juga tahu diri untuk membantu pekerjaan rumah keluarga anda misalnya; kalau lagi libur kuliah anda harus membantu untuk membersihkan rumah seperti, menyapu, mengepel, mencuci, memasak dll.

Selain itu anda harus pandai menjaga sikap dihadapan keluarga anda misalnya; tidak keluyuran, tidak membawa teman sembarangan datang ke rumah keluarga anda, sopan berbicara,  selalu minta izin ketika mau keluar bersama teman, dll.

3. Memilih Kosan atau Kontrakan yang Dekat dari Kampus
Memilih kosan atau kontrakan dekat dari kanpus tentunya bisa menghemat biaya kuliah karena anda tidak perlu lagi menyewa angkutan umum untuk pergi ke kampus, dengan memilih kosan atau kontrakan yang dekat dari kampus anda hanya perlu jalan kaki karena jarak kosan anda dengan kampus dekat.

Selain itu dengan memilih kosan atau kontrakan yang dekat dari kampus jika anda merasa lapar anda bisa pulang ke kosan atau kontrakan anda untuk makan sehingga anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli makan. Karena seperti yang kita ketahui jadwal kuliah kadang mulai dari pagi sampai sore sehingga pastinya anda akan merasa lapar.

4. Belanja Bulanan
Opsi lain yang bisa anda lakukan untuk menghemat biaya saat kuliah adalah belanja bulanan. Dengan belanja bulanan anda bisa membeli semua kebutuhan yang anda butuhkan selama satu bulan ke depan misalnya; mie instan, telur, bumbu-bumbu dapur, perlengkapan mandi, dll.

Dengan adanya belanja bulanan kadang mendapatkan diskon dari swalayan dari tempat anda belanja sehingga anda tidak menegeluarkan biaya yang besar lagi karena adanya diskon tersebut. Kenapa harus belanja bulanan? Karena jika anda belanja sedikit-sedikit maka itu anda membutuhkan biaya yang besar sehingga pengeluaran anda menjadi membengkak dan membuat isi dompet anda kosong.

5. Tidak Ikut-Ikutan dengan Gaya Hidup Orang Lain
Diera milenial dengan perkembangan gaya hidup,  sebagian mahasiswa bersaing untuk hidup mewah sehingga tak sedikit mahasiswa yang memaksa orang tuanya untuk memenuhi gaya hidupnya misalnya; membeli baju bermerek, tas bermerek, sepatu bermerek, bahkan sebagian mahasiswa memaksa orang tuanya untuk dibelikan mobil agar penampilannya mirip seperti orang kaya padahal ekonomi keluarganya menengah ke bawah.

Alhasil bukannya selesai kuliah tapi yang ada kuliahnya berhnti ditengah jalan karena kehabisan biaya. Anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada diri anda bukan? Maka dari itu sebaiknya anda jangan ikut-ikutan dengan gaya hidup orang lain, bergayalah sesuai dengan kemampuan ekonomi anda.

Jika niat anda memang mau kuliah maka fokuslah untuk menyelesaikan studi perkuliahan sehingga anda bisa mendapatkan gelar yang anda inginkan, kemudian merintis karir anda supaya anda bisa menjadi orang sukses dan bisa menjadi kebanggan orang tua anda kelak.

6. Patungan dengan Teman Untuk Membeli Makanan
Tips lainnya yang bisa anda lakukan untuk menghemat uang saat kuliah adalah dengan patungan dengan teman untuk membeli makanan. Maksudnya adalah jika anda adalah anak kos-kosan maka anda bisa patungan dengan teman kos anda untuk membeli makanan yang anda butuhkan misalnya; jika anda ingin makan lebih dari satu macam makanan anda bisa patungan dengan teman anda untuk membeli bahan makanan tersebut.

Dengan patungan membeli makanan dan makan bersama teman anda tentunya makanan yang anda makan akan terasa nikmat walaupun dengan lauk pauk yang sederhana dan apa adanya, selain itu dengan seringnya makan bersama dengan teman-teman anda akan muncul ikatan persaudaraan yang kuat terhadap sesama.

7. Pintar Mengatur Keuangan
Sebagai anak kuliahan tentunya anda harus pintar mengatur keuangan agar keuangan anda bisa stabil. Karena biasanya mahasiswa dikirimkan uang oleh orang tuanya uang kuliah bulanan yang diperuntukkan biaya makan, beli buku, biaya kendaraan, biaya kuliah dll.

Dan sebagian mahasiswa uang bulanan yang dikirimkan orang tuanya habis sebelum waktu yang ditentukan, maka dari itu sebagai mahasiswa anda harus pintar mengatur keuangan agar uang bulanan anda cukup memenuhi kebutuhan anda selama satu bulan tersebut.

8. Ikut Kegiatan Organisasi
Apa hubungan antara kegiatan orgnisasi dan menghemat uang biaya kuliah? Sudah pasti sangat berhubungan! Karena dengan ikut kegiatan organisasi anda bisa mendapatkan uang organisasi. Jika ada kegiatan organisasi ada dana untuk komsumsi sehingga anda tidak prlu keluar biaya lagi.

Selain itu mahasiswa yang ikut dalam organisasi kemahasiswaan bisa mendapatkan beasiswa apalagi jika kamu memiliki jabatan atau anda sebagai ketua organisasi sudah pasti memiliki peluang mendapatkan beasiswa atau dana tambahan dari kampus.

Tapi alangkah baiknya jika anda mengikuti kegiatan organisasi jangan sampai anda mengabaikan kegiatan perkuliahan anda. Karena banyak mahasiswa terkendala dengan kuliahnya karena mengikuti kegiatan organisasi tersebut sehingga tidak bisa menyelesaikan peerkuliahannya dengan tepat waktu. Jadi jika anda ingin ikut kegiatan organisasi maka anda harus pintar membagi waktu antara kegiatan organisasi dan kegiatan perkuliahan anda.

9. Kuliah Sambil Kerja
Tips terakhir menghemat uang saat kuliah adalah anda bisa kuliah sambil kerja. Ada banyak pekerjaan yang banyak anda bisa kerjakan saat kuliah misalnya; jadi youtubers, blogger, bisnis online, freelance, dll.

Dengan kerja sambil kuliah tentunya anda bisa menjadi pribadi yang mandiri dan tidak menyusahkan orang tua anda lagi. Dengan kerja sambil kuliah anda akan menjadi sosok yang pekerja keras sehingga bisa merasakan susahnya cari uang sendiri, dengan begitu anda anda bisa menyadari betapa susahnya mencari uang sehingga tidak anda tidak lagi menjadi orang yang boros.

Demikianlah artikel tentang 10 Cara Menghemat Uang Saat Kuliah, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Penulis: Rahmaulia, S. Farm

0 Response to "9 Cara Menghemat Uang Saat Kuliah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel