5 Tips Agar tidak Terlambat Bangun Sahur

5 Tips Agar tidak Terlambat Bangun Sahur_ Bulan suci ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi ummat islam, pada bulan ramadhan ummat islam melaksanakan salah satu ibadah yang hanya dilakukan pada bulan ramadhan yakni berpuasa. Puasa adalah menahan lapar dan haus mulai dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari. Maka dari itu pada bulan suci ramadhan seorang muslim biasanya akan bangun sahur untuk makan atau minum agar bisa kuat menahan lapar dan haus seharian.


Pola hidup pada bulan ramadhan yang lantas berbeda dengan bulan-bulan lain biasanya membuat orang akan sedikit lambat beradaptasi, termasuk aktivitas bangun sahur. Makan sahur biasanya dilakukan pada jam 2 subuh sampai jam 4 subuh atau maksimal sebelum adzan subuh berkumandang, namun jika memang terlambat bangun anda masih bisa makan pada saat adzan.

Hal yang sering terjadi pada sebagian orang adalah kesiangan atau terlambat bangun sahur, alhasil mereka tidak makan sahur, akan tetapi bagi sebagian orang walaupun terlambat bangun sahur mereka tetap memilih melanjutkan puasanya. Namun jika kejadian terlambat sahur atau tidak sahur sama sekali terus berulang bisa jadi akan membuat anda tidak kuat berpuasa.

Lantas bagaimana Tips Agar tidak Terlambat Bangun Sahur? Agar anda tidak terlambat bangun sahur ada beberapa tips yang bisa anda lakukan! Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan agar anda tidak terlambat bangun sahur.

5 Tips Agar tidak Terlambat Bangun Sahur

1. Kurangi Begadang
Begadang merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan seseorang lambat bangun sahur atau kesiangan sehingga tidak sempat lagi makan sahur, memang bagi seagian orang, begadang sudah menjadi kebiasaan. Bahkan sebagian orang memang terkena penyakit susah tidur atau insomnia sehingga susah untuk tidur. Alhasil mereka kadang kesulitan untuk bangun sahur.

Maka sebaiknya jika anda tidak ingin terlambat bangun untuk makan sahur maka kurangi begadang, apalagi jika anda begadang hanya untuk hal-hal yang tidak jelas atau sekedar hura-hura, jadi mulai sekarang anda harus merubah pola hidup anda dan sebaiknya anda mulai dari hal-hal yang sederhana misalkan kurangi begadang.

2. Pasang Alarm
Tips selanjutnya agar anda tidak terlambat bangun sahur adalah dengan memasang alarm atau menyetel alaram. Anda bisa menyetel alaram anda di handphone atau jam wecker sesuai dengan jam yang anda inginkan.

Sebaiknya jam wecker atau handphone yang telah anda stel alarmnya disimpan didekat anda agar anda bisa terbangun ketika alarm anda sudah berbunyi. Apalagi jika anda orang yang susah bangun maka sebaiknya dekatkan handphone atau jam wecker didekat anda.

3. Jangan terlalu banyak makan pada saat makan malam (kekeyangan)
Hal selanjutnya yang bisa menyebabkan orang terlelap tidur biasanya juga disebabkan oleh faktor kekenyangan, sehingga tidur mereka sangat terlelap. Maka dari itu untuk menghindari terlambat bangun sahur sebaiknya jangan terlalu banyak makan pada saat berbuka puasa.

Jika anda makan usahakan jangan terlalu banyak, sebaiknya anda memporsir perut anda sepertiga untuk makanan, sepertiga minuman dan sepertiga untu bernafas sehingga anda bisa terhindar dari kekenyangan dan dapat merasakan kenyamanan.

4. Minta teman atau keluarga anda untuk telepon anda pada saat sahur
Tips selanjutnya jika anda tidak ingin terlambat makan sahur, anda bisa minta tolong kepada teman anda, keluarga anda, atau teman dekat anda untuk membangunkan anda untuk makan sahur.

Anda tidak perlu merasa sungkan atau malu umtuk minta tolong kepada teman atau keluarga anda karena itu semua demi kebaikan anda agar tidak terlambat bangun makan sahur sehingga pada saat puasa anda tidak merasa lemah.

5. Sugesti Pikiran agar bisa Bangun Sahur
Tips terakhir yang bisa anda coba lakukan agar anda tidak terlambat bangun sahur adalah dengan mensugesti pikiran untuk bangun sesuai dengan waktu yang anda inginkan. Pikiran merupakan alaram biologis yang bisa mempengaruhi kesadaran seseorang.

Jadi jika anda ingin bangun sesuai dengan waktu yang anda inginkan untuk bangun sahur maka sugesti pikiran anda agar terbangun diwaktu yang anda inginkan. Anda bisa membuktukan hal tersebut.

Demikianlah 5 Tips Agar tidak Terlambat Bangun Sahur, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Artikel ini merupakan hasil pemikiran penulis, jika ada kesalahan atau kekeliruan dan hal yang kurang tepat pada artikel di atas silahkan anda berkomentar melalui kolom komentar di bawah ini.


0 Response to "5 Tips Agar tidak Terlambat Bangun Sahur"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel