10 Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

10 Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga_ Setiap orang pastinya ingin memiliki pasangan hidup dan berharap pasangan hidupnya sesuai dengan kriteria yang diinginkannya. Dalam berkeluarga setiap pasangan pasti ingin rumah tangganya harmonis, namun kadang dalam setiap hubungan rumah tangga kadangkala muncul masalah yang tidak diharapkan atau tidak diinginkan.



Masalah-masalah yang muncul dalam kehidupan berumah tangga dapat menyebabkan hubungan rumah tangga retak atau renggang yang berujung perceraian. Tentunya anda tidak mengharapkan hal tersebut terjadi  dalam rumah tangga anda bukan !

Lantas bagaimana cara menjaga keharmonisan rumah tangga agar tetap harmonis, bahagia, dan membuat anda nyaman dengan pasangan hidup anda ? Berikut 10 Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga :

10 Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

1. Saling Menjaga Kepercayaan Dengan Pasangan Hidup Anda
Salah satu modal utama agar rumah tangga anda dapat harmonis adalah saling menjaga kepercayaan satu sama lain. Maka dari itu sangat penting bagi anda menjaga kepercayaan dalam sebuah hubungan rumah tangga. Kepercayaan itu ibaratkan cermin yang retak, jika pecah tidak akan pernah utuh seperti semula sama halnya dengan kepercayaan terhadap pasangan anda.

Hal-hal yang dapat dilakukan agar kepercayaan terjaga misalnya; tidak berpikir negatif thingking terhadap pasangan, bersikap terbuka terhadap pasangan, selalu berkata jujur terhadap pasangan, tidak bertingkah aneh atau mencurigakan didepan pasangan, dll.

2. Kurangi Komunikasi Dengan Lawan Jenis
Setiap pasangan akan merasa terganggu atau cemburu jika pasangannya sering berkomunikasi dengan orang lain atau lawan jenisnya. Walaupun tidak bermaksud lain tetapi jika sering berkomunikasi dengan lawan jenis pastinya pasangan akan merasa curiga. Selain itu jika terlalu sering berkomunikasi berupa curhat sehingga satu sama lain merasa nyaman maka akan timbul dengan perselingkuhan.

Maka dari itu sebaiknya anda mengurangi komunikasi dengan lawan jenis  apalagi jika yang ingin anda bicarakan hanya hal-hal yang tidak penting atau masalah sepele. Mengurangi komunikasi dengan lawan jenis juga dapat membuat perasaan pasangan anda lebih merasa dihargai dengan begitu keharmonisan rumah tangga akan terjaga.

3. Saling Pengertian Terhadap Pasangan
Dalam kehidupan berumah tangga tentunya harus ada saling pengertian terhadap pasangan, tidak boleh ada yang egois atau mau menang sendiri sehingga mengabaikan perasaan pasangan dengan satu sama lain. Sebaiknya anda juga mengurangi sikap memaksakan kehendak terhadap pasangan karena hal tersebut bisa membuat perasaan pasangan tertekan atau tidak nyaman.

Saling pengrtian terhadap pasangan bisa dilakukan dengan hal-hal yang sederhana misalnya; jika pasangan pulang dari kerja dan capek jangan memaksa untuk melakukan pekerjaan lain di rumah, sebaiknya jika pasangan anda dalam keadaan kelelahan atau capek anda bisa berinisiatif untuk membantu atau menggantinya mengerjakan pekerjaan tersebut, selain itu jika pasangan anda melakukan kesalahan atau keteledoran jangan langsung dimarahi karena bisa jadi yang ingin dia lakukan adalah sesuatu untuk membuat anda bahagia.

4. Memenuhi Kebutuhan Lahir Batin Pasangan
Seperti yang kita ketahui bahwa dalam berumah tangga setiap pasangan berkewajiban memenuhi kebutuhan lahir batin pasangannya. Contoh kebutuhan lahir yang harus dipenuhi oleh setiap pasangan adalah menafkahi istri bagi suami, memenuhi kebutuhan rumah tangga. Selain kebutuhan lahir, kebutuhan batin adalah ha yang tidak kalah penting untuk dipenuhi oleh seorang suami atau istri demi menjaga keharmonisan rumah tangga.

Alangka baiknya setiap pasangan mampu menyeimbangkan kebutuhan lahir dan batin pasangannya, maksudnya adalah tidak hanya fokus untuk memenuhi kebutuhan lahir pasangannya sehingga mengabaikan kebutuhan batinnya begitupun sebaliknya.

5. Membawa Pasangan Refreshing atau Liburan
Di dalam berumah tangga tentunya ada yang namanya rasa jenuh maka dari itu sekali-kali anda bisa mengajak pasangan anda untuk pergi liburan atau refreshing sehingga dapat menghilangkan rasa jenuh atau rasa bosan. Dengan pergi berlibur anda bisa menemukan suasana-suasana baru untuk dirasakan bersama sehingga bisa semakin  ertambah rasa sayang.

Contoh tempat liburan atau refreshing yang bisa anda datangi besama pasangan anda misalnya; pantai, gunung, dan tempat wisata yang memiliki banyak wahana-wahana yang dapat menghilangkan rasa stres, jenuh, bosan, dll.

6. Ketulusan Dalam Mencintai Pasangan
Modal utama agar rumah tangga anda tetap terjaga keharmonisannya yaitu ketulusan dalam mencintai pasangan anda. Jangan hanya mencintai pasangan anda ketika dia memiliki segala hal yang anda butuhkan akan tetapi tetaplah bersama dan mendukung pasangan anda jika suatu saat nanti dia terpuruk atau tidak memiiki apa-apa lagi.

Ketulusan menerima pasangan itu jangan menilai dari segi materinya saja tapi terimalah pasangan anda dari segi kekurangannya juga agar tetap dapat terjaga keharmonisan rumah tangga anda. Ketulusan pasangan tidak bisa dilihat dari apa yang dia lakukan tapi ketulusan pasangan dapat dinilai dari dalam hatinya.

7. Saling Menerima Kekurangan Pasangan
 "Tidak ada gading yang tak retak, tidak ada manusia yang sempurna", ungkapan tersebut sudah lazim kita dengar dan ungkapan tersebut juga berlaku bagi anda dan pasangan anda, jadi jangan pernah menuntut pasangan yang sempurna karena jika yang anda cari adalah pasangan yang sempurna maka anda tidak akan pernah menemukannya.

Lalu bagaimana cara menjaga keharmonisan rumah tangga waaupun pasangan anda memiliki banyak kekurangan atau keterbatasan? Kuncinya adalah dengan berbesar hati menerima segala kekurangan pasangan anda. Yakinilah bahwa dibalik berbagai kekurangan pasangan anda pastinya dia juga memiliki kelebihan. Sehingga jika anda ingin brbahagia dengan pasangan anda maka jangan fokus terhadap dengan kekurangan pasangan anda tapi fokuslah pada berbagai kelebihan pasangan anda.

8. Membahagiakan Pasangan
Bagaimana cara membahagiakan pasangan? Untuk membahagiakan pasangan tidak mesti anda harus memiliki banyak harta, paras yang rupawan, namun ketulusan mencintai pasangan adalah kunci dalam membahagiakan pasangan anda.

Cara membahagiakan pasangan bisa dilakukan dengan melaui hal-hal yang sederhana seperti turuti permintaan pasangan anda, berikan perhatian terhadap pasangan anda,  tidak selalu memaksa kehendak terhadap pasangan, dll. Dengan memenuhi semua keinginan pasangan anda maka disitulah pasangan anda akan merasakan yang namanya bahagia.

9. Memberikan Hadiah Kepada Pasangan
Bagaimana persaan anda jika diberikan hadiah oleh orang lain? Pastinya senang dan bahagia bukan! Maka dari itu salah satu tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga keharmonisan rumah tangga adalah dengan memberikan hadiah kepada pasangan anda.

Hadiah yang anda berikan kepada pasangan anda pastinya akan membuat pasangan anda merasa dihargai, dicintai, diperhatikan, dll. Tidak perlu hadiah mewah  yang anda berikan, yang penting ikhlas dan tulus dalam memberikan hadiah tersebut kepada pasangan anda itu sudah lebih dari cukup.

10. Saling Bercanda Dengan Pasangan
Dalam berumah tangga harus diselingi dengan canda tawa, tidak boleh terlalu kaku dan serius dalam berumah tangga. Namun jika bercanda jangan terlalu berlebihan sehingga membuat pasangan anda tersinggung, karena hal tersebut dapat memicu pertikaian atau pertengkaran .

Demikianlah artikel tentang 10 Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga, semoga tulisan dapat bermanfaat bagi anda. Jika anda merasa tulisan ini dapat memberikan manfaat untuk orang lain silahkan share memalui tombol sosial media di bawah ini.

Penulis : Rahmaulia, S. Farm

0 Response to "10 Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel