Jika Nama dan Ijazah Tidak Terdaftar di Dikti

Jika Nama dan Ijazah Tidak Terdaftar di Dikti_ Salam sejahtera wahai pembaca yang budiman. Dalam artikel ini admin akan berbagi solusi bagaimana atau apa yang harus dilakukan jika anda yang notabene adalah alumni suatu perguruan tinggi yang terkareditasi dari dikti namun nama anda tidak terdaftar di PDPT dikti. Atau apa yang harus dilakukan jika nomor ijazah anda tidak terekan di sistem verifikasi ijazah secara elektronik (SIVIL) Dikti. Untuk mengetahui jawabanya silahkan anda baca artikel ini sampai selesai.

Agar anda tidak keliru atau menebak-nebak apakah nama anda sudah terdaftar di PDPT dikti dan keaslian ijazah anda bisa di verifikasi melalui sistem verifikasi ijazah secara elektronik (SIVIL), maka penulis menyerankan anda untuk terlebih mengecek data anda dia PDPT dikti dan Keabsahan ijazah anda di SIVIL dikti.

Baca juga: Cara Mudah Mengecek Akreditasi Kampus dan Program Studi secara Online

jika memang belum terdaftar nanti admin akan sharing cara mengatasi nama anda dan nomor ijazah sebagai alumni perguruan tinggi yang tidak terdaftar di PDPT Dikti,  bagaimana caranya cek data di PDPT Dikti dan cek keabsahan ijazah di SIVIL, berikut tutorialnya.

1. Cara Mudah Cek Data Alumni Perguruan Tinggi Secara Online Di Situs Kemenrisdikti PDPT Dikti

A. Kunjungi Situs resmi PDPT Dikti
Silahkan buka laman beriku: http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa
setelah anda mengunjungi alamat web diatas akan muncul gambar seperti dibawah ini



B. Lengkapi Formulir Verifikasi yang diminta
Baca dengan seksama dan Silahkan anda isi kolom yang tersedia
1. Kolom perguruan tinggi negeri : isi dengan kampus yang menjadi tempat anda menyelesaikan kuliah.
2. Kolom programn studi : isi dengan jurusan/kekhususan yang anda ambil saat kuliah
3. Kata kunci: isi dengan nama atau NIM
4. Pengaman: isi sesuai dengan pertanyaan yang diberikan.
seperti contoh di bawah ini

Cara Mudah Cek Keaslian Ijazah Secara Online Di Situs Kemenrisdikti

3. Klik Tulisan "Cari Mahasiswa"
Setelah anda mengisi dengan benar data verifikasi yang diminta, selanjutnya anda tinggal menekan kata "CARI MAHASISWA" maka mahasiswa yang terkait akan muncul seperti gambar di bawah ini



4. Ijazah Terbukti Benar Jika Data Mahasiswa Muncul
Silahkan klik nama orang yang sedang anda cek keaslian ijazahnya dan akan muncul gambar seperti dibawah ini

Cara Mudah Cek Keaslian Ijazah Secara Online Di Situs Kemenrisdikti


Nah melalui langkah terkahir ini anda bisa memastikan bahwa nama anda sudah terdaftar di kemeristekdikti sebagai alumni perguruan tinggi.. anda bisa meliat tahun berapa ia mulai kuliah dan tahun berapa ia menyelesaikan studinya, selain itu anda bisa mengecek apakah jumlah SKS setiap semester dan apakah mahasiswa tersebut aktif. semoga artikel tentang Cara Mudah Cek Keaslian Ijazah Secara Online Di Situs Kemenrisdikti.

2. Cara Cek Keaslian Ijazah di Sivil Ristekdikti
Untuk memastikan bahwa nomor seri yang ada pada ijazah anda adalah nomor ijazah yang sebenarnya maka anda harus mengecek kebenarannya di Sivil Ristekdikti. Caranya adalah sebagai berikut.

A. Kunjungi Situs Resmi Dikti (https://ijazah.ristekdikti.go.id/)
Silahkan klik link ini (https://ijazah.ristekdikti.go.id/), setelah anda mengklik link tersebut maka akan muncul gambar seperti dibawah ini:


B. Lengkapi Formulir Verifikasi
Untuk memastikan keabsahan ijazah anda, pastikan nomor ijazah anda dapat diverifikasi melalui SIVIL. Pastikan anda mengisi Perguruan Tinggi, Nomor Ijazah dan Angka pengaman dengan benar. Apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar, silakan hubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKT
Pertama: Isi asal perguruan tinggi anda
Kedua: Isi program studi anda
Ketiga: isi nomor ijazah anda
Keempat: masukkan angka verifikasi

Catatan: jika di ijazah anda terdapat beberapa nomor yang diduga nomor ijazah maka silahkan anda coba imput secara bergantian nomor yang anda anggap ijazah tersebut.

Silahkan perhatikan contoh di bawah ini



Setelah anda melengkapi formulir Verifikasi, selanjutnya klik tulisan Verifikasi. 

C. Ijazah yang tidak terdaftar
Setelah di verifikasi dan nomor ijazah anda tidak terdaftar maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:



Apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar, silakan hubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKTI

Lantas apa yang harus dilakukan jika setelah melakukan cross check di PDPT dikti dan SIVIL nama dan ijazah anda tidak terdekteksi? berikut solusinya.

Jika Nama dan Ijazah Tidak Terdaftar di PDPT Dikti

A. Datang menghadap ke Kampus
Langkah pertama, yang mesti anda lakukan jika nama dan ijazah tidak terdaftar di dikti adalah dengan mendatangi kampus dimana anda kuliah dulu.

B. Menghubungi Bagian Pangkalan Data Perguruan Tinggi Ristekdikti (PDPT)
Jika anda sudah berada di kampus, oh iya jangan lupa anda membawa ijazah dan berkas lainnya yang membuktikan bahwa memang anda alumni dari kampus tersebut.

Setelah itu laporkan perihal nama dan nomor ijazah tidak terdaftar di dikti kepada pihak kepala/anggota pangkalan data perguruan tinggi (PDPT) yang ada di kampus anda.

Setelah anda melaporkan perihal nama dan nomor ijazah tidak terdaftar di dikti, maka pihak PDPT kampus akan mensubmit ulang nama anda di situs dikti agar nama dan ijazah bisa terdaftar di Kemeristekdikti.

Demikianlah artikel tentang "Jika Nama dan Ijazah Tidak Terdaftar di PDPT Dikti" semoga bermanfaat bagi anda semua.

0 Response to "Jika Nama dan Ijazah Tidak Terdaftar di Dikti"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close