Wednesday, 3 October 2018

6 Cara Belajar yang Efektif Agar Juara Kelas

Tags
6 Cara Belajar yang Efektif Agar Juara Kelas_ Menjadi juara kelas adalah suatu impian bagi sebagian besar siswa, agar bisa menjadi juara kelas maka harus rajin belajar. Bukan hanya rajin belajar karena jika hanya rajin belajar maka siswa lain juga pastinya rajin belajar namun lebih dari itu agar kalian bisa menjadi juara kelas maka kalian harus menerapkan cara belajar yang efektif, agar apa yang kalian pelajari bisa dengan mudah  dipahami.


Apa sih kelebihannya jika menjadi juara kelas? Ada banyak kelebihan ketika kalian bisa menjadi juara kelas, apa saja itu? Berikut beberapa hal yang kemungkinan bisa anda dapatkan ketika bisa menjadi juara kelas!

4 Keuntungan Menjadi Juara Kelas

1. Mendapatkan Beasiswa
Beasiswa adalah bantuan dana belajar bagi siswa yang berprestasi, siswa yang berprestasi bisa dilihat dari prestasi yang mampu dia raih di sekolah, misalnya saja mampu menjadi juara satu di kelasnya.

Dengan mendapatkan beasiswa kalian bisa mendapatkan biaya tambahan yang bisa digunakan untuk membeli ala-alat belajar dan sebagaian bisa digunakan untuk jajan pastinya.

2. Membuat bangga orangtua
Setiap anak pasti berharap bisa membuat bangga kedua orangtuannya, termasuk juga kalian yang sedang membaca tulisan ini. Bagaimana cara membuat orangtua kalian bangga terhadap kalian?

Salah satu caranya adalah dengan menjadi siswa yang berprestasi atau menjadi juara 1 di kelas, dengan begitu pasti orangtua kalian pasti sangat bangga memiliki anak sepertimu.

3. Memiliki banyak teman
Next, kelebihan menjadi juara kelas adalah kalian bisa memiliki banyak teman, kenapa bisa? Karena biasanya siswa lain akan banyak bertanya dan belajar pada kamu, secara kalian yang juara kelas pastinya akan dianggap sebagai siswa yang pintar.

Sehingga jika siswa lain mengalami kesulitan terhadap beberapa materi pelajaran maka kemungkinan mereka akan bertanya pada kamu, sehingga kesempatan tersebut bisa menjadi moment bagi kamu untuk banyak menambah teman. Tapi jangan pernah  menjadi siswa yang sombong yang hanya mau berteman dengan siswa pintar saja, karena yakin saja suatu saat nanti  bisa jadi kalian akan membutuhkan bantuan dari teman-teman kalian.

4. Bebas tes masuk perguruan tinggi
Kelebihan lain menjadi juara 1 di kelas adalah anda bisa mendaftar perguruan tinggi melalui jalur undangan atau biasa disebut jalur tanpa tes. Amazing bukan, disaat yang lain agar bisa masuk perguruan tinggi harus kesusahan masuk perguruan tinggi sedangkan kamu bisa dengan mudahnya lulus sebagai mahasiswa diperguruan tinggi favorit kalian.

Sebenarnya masih banyak keuntungan ketika kalian bisa menjadi juara kelas, namun penulis hanya menulis ke-empat point diatas, lalu bagaimana cara belajar yang efektif agar bisa menjadi juara kelas? Berikut tipsnya.

6 Cara Belajar yang Efektif Agar Juara Kelas

1. Membuat rangkuman pembelajaran
Pertama yang kalian harus lakukan agar materi pelajaran mudah anda pahami dan ingat adalah dengan membuat rangkuman materi pelajaran. Rangkuman adalah membuat intisari, garis-garis besar, topik utama dari materi yang anda pelajari. Rangkuman yang dibuat adalah yang bisa mewakili atau merefresentasikan keseluruhan materi pelajaran yang anda pelajari.

Rangkuman tersebut bisa anda tulis dibuku catatan kalian, sehingga ketika sampai di rumah atau kapanpun kalian mau mengulang kembali pelajaran yang anda telah pelajari maka bisa dengan mudah kalian temukan di buku catatan kalian.

2. Membuat peta pikiran
Apa sih peta pikiran itu? Peta pikiran adalah suatu alur pembelajaran (materi pembelajaran dari umum ke khusus atau dari khusus ke umum)  yang digambar dengan pola yang saling berhubungan satu sama lain. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.
 

Berdasarkan gambar diatas kalian dapat melihat konsep peta pikiran dari materi pelajaran yang sedang dipelajari. Peta pikiran akan memudahkan anda mengingat materi pelajaran dan arah tujuan dari materi pelajaran yang sedang anda pelajari.

3. Ikut Bimbel
Tips belajar efektif selanjutnya agar biasa menjadi juara kelas adalah dengan ikut bimbingan belajar? Kenapa mesti ikut bimbingan belajar agar bisa berprestasi? Karena dengan mengikuti bimbel kalian bisa memiliki lebih banyak waktu untuk belajar sehingga khazanah pengetahuan kalian akan semakin luas.

Jika kalian malas ikut bimbel karena lokasi/tempat bimbelnya yang jaur dari rumah anda. Maka anda bisa ikut bimbingan belajar online? Memangnya ada bimbingan belajar online? Salah satu bimbingan belajar online yang sudah cukup terkenal adalah Quipper video.

Sudah banyak siswa yang ikut bimbel online di Quipper video dan mengalami peningkatan prestasi yang cukup membanggakan, bahkan ada yang mampu juara kelas setelah ikut bimbel di Quipper video.

Apakah bimbel di Quipper video gratis? Bimbel di Quipper video tidak gratis namun biaya berlangganan di quipper video cukup terjangkau apalagi jika menggunakan kode promosi Quipper video serta cara mendaftar Quipper video juga cukup mudah, jadi kalian patut mencobanya.

4. Fokus belajar mata pelajaran tertentu
Maksudnya fokus belajar mata pelajaran tertentu bukan berarti anda hanya belajar mata pelajaran yang itu-itu saja seterusnya, akan tetapi maksud dari Fokus belajar mata pelajaran tertentu adalah dengan memilih waktu tertentu untuk mempelajari mata pelajaran yang kalian ingin pelajari.

Bukan sebentar-sebentar belajar IPA, lalu belajar IPS, lalu belajar matematika (ganti-ganti mata pelajaran) sehingga anda menjadi tidak fokus. Jika ingin belajar maka fokus dengan mata pelajaran yang ingin anda pelajari.

5. Belajar diwaktu dan saat yang tepat.
Jika perasaan atau mood kalian lagi kurang bagus maka sebaiknya jangan belajar dulu karena kemungkinan pelajaran yang akan kalian pelajari susah untuk dipahami. Sudah belajar berjam-jam tapi tidak ada yang dimengerti sama sekali rugi bukan!

Jadi sebaiknya perbaiki dulu mood kalian sebelum belajar agar materi yang anda pelajari mudah untuk dipahami. Selain itu waktu belajar juga akan menentukan tingkat pemamahaman kalian terhadap materi pelajaran yang sedang kalian pelajari.

Setiap siswa memiliki waktu belajar yang berbeda yang mereka anggap pada waktu tersebut mereka akan mudah memahami materi pelajaran yang sedang dipelajari. Ada suka belajar di waktu subuh, ada yang suka belajar di waktu sore dan ada yang suka belajar di waktu larut malam. Anda hanya tinggal menyesuaikan dengan diri anda, pada waktu-waktu apa kalian akan mudah memahami pelajaran yang sedang dipelajari dan semua itu hanya kalian yang tahu.

6 Cara Belajar yang Efektif Agar Juara Kelas
Agar pikiran kalian tidak stress gara-gara pelajaran-pelajaran yang kalian pelajari di sekolah maka sebaiknya kalian menyempatkan diri untuk  pergi berlibur. Dengan berlibur maka pikiran kalian bisa kembali fresh, rileks dan jernih.

Dengan begitu setelah dari liburan, pikiran kalian sudah segar dan siap untuk belajar lagi agar bisa menjadi juara kelas. Dan dalam kegiatan berlibur anda sebenarnya bisa belajar banyak hal melalui hal-hal yang anda lihat (kontekstual learning).

Demikianlah 6 Cara Belajar yang Efektif Agar Juara Kelas, semoga bermanfaat

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon