16 Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke 4 Pancasila di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat

Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke 4 Pancasila di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat_ Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara demokratis yang menjadikan presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, selain itu Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadikan Pancasila sebagai Asas, landasan dan pandangan hidup bangsa. Pancasila terdiri dari lima sila; 1. Ke-Tuhanan yang maha Esa, 2. Kemanusian yang adil dan beradab, 3 Persatuan Indonesia, 4. Kerakyatan yang dipimpin dalam permusyawaratan dan perwakilan dan 5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Sila-sila dalam pancasila saling berkaitan satu sama lain, pancasila dalam falsafah berbentuk piramida terbalik artinya sila pertama (ketuhanan yang maha esa) menjadi asas bagi sila-sila yang lain. Pengamalan pancasila sangat penting diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari karena pancasila merupakan pedoman hidup bangsa.

Salah satu sila dalam pancasila  yang akan kita bahas dalam artikel kali ini adalah sila ke 4 yakni Kerakyatan yang dipimpin dalam permusyawaratan dan perwakilan. Apa saja contoh pengamalan sila ke-4 pancasila baik di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat? Ada beberapa perilaku/sikap yang menjadi cerminan dari sila ke-4 pancasila. 

Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke 4 Pancasila Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat dalam permusyawaratan dan perwakilan

A. Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke 4 Pancasila di Lingkungan Keluarga

1. Memutuskan Sesuatu Bersama Anggota Keluarga

Dalam kehidupan berkeluarga pastinya ada beberapa hal yang perlu didiskusikan bersama-sama dengan anggota keluarga termasuk istri, suami, anak, misalnya saja kalau ada rencana untuk pergi berlibur. Pastinya harus diskusikan dengan anggota keluarga tempat atau destinasi wisata mana yang cocok sesuai dengan keinginan semua anggota keluarga.

2. Mendengarkan Pendapat Anak

Sebagai orangtua yang bijak, dalam kegiatan musyawarah dengan anggota keluarga sangat penting untuk mendengarkan pendapat anak, jangan karena anak kita masih kecil terus kita terkesan mengabaikan saran dan pendapatnya. Jadi jika ada kegiatan musywarah sebaiknya pendapat anak juga didengarkan dan dipertimbangkan.

3. Mendengarkan dan mematuhi arahan dari kepala keluarga

Ayah sebagai kepala keluarga adalah pemimpin dalam rumah tangga, sebagai anggota keluarga yang baik maka sangat penting untuk mendengarkan dan mematuhi arahan dari kepala keluarga selama apa yang diarahkan adalah hal-hal yang positif.

4. Tidak Memaksakan Kehendak atau Pendapat Terhadap Anggota Keluarga Lain

Dalam kegiatan musyawarah dalam keluarga, sudah hal wajar jika terjadi perbedaan pendapat, jika terjadi perbedaan pendapat maka sangat penting untuk tidak memaksakan pendapat atau dengan kata berharap bahwa hanya pendapatnya yang perlu didengar dan dipatuhi.

5. Mematuhi Hasil Musywarah Bersama Anggota Keluarga

Dalam kegiatan musyawarah yang dilakukan bersama-sama dengan anggota keluarga, pastinya ada keputusan hasil musyawarah yang disepakati bersama. Jika telah ada hasil keputusan rapat bersama anggota keluarga maka sebaiknya hasil musyawarah bisa di patuhi dan dilakukan secara bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya.\

6. Meminta Izin Kepada Orangtua Apabila Ingin Keluar Rumah

Orangtua khususnya Ayah adalah kepala keluarga jadi hal-hal yang ingin dilakukan oleh anggota keluarga sebaiknya disampaikan kepada kepala keluarga, termasuk jika seorang anak ingin keluar rumah, entah untuk pergi bermain atau pergi kerja tugas bersama teman temannya sebaiknya meminta izin kepada orangtua.

B. Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke 4 Pancasila di Lingkungan Sekolah

1. Memilih Ketua Kelas Secara Musyawarah dan Mufakat

Dalam suatu kelas pastinya ada ketua kelas, dalam memilih ketua kelas sebaiknya tidak dilakukan secara sepihak namun dalam memilih ketua kelas sebaiknya dilakukan melalui kegiatan musyawarah dan mufakat.

2. Memberikan Kesempatan kepada setiap siswa untuk berpendapat dalam pemilihan ketua kelas

Dalam pemilihan ketua kelas sebaiknya setiap siswa yang ada di kelas diberikan kesempatan untuk mengeluarkan pendapat dalam pemilihan ketua kelas. Pemilihan ketua kelas yang dilakukan secara musyawarah dan mufakat merupakan cerminan sila ke-4 yakni kerakyatan yang dipimpim oleh hikmat dan permusyawaratan perwakilan.

3. Menghormati Hasil Keputusan dalam Pemilihan Ketua Kelas

Sebagai siswa yang baik maka sangat penting untuk Menghormati Hasil Keputusan dalam Pemilihan Ketua Kelas, siapapun ketua kelas yang terpilih harus dihargai dan dihormati meskipun ketua kelas yang terpilih tersebut bukan ketua kelas yang kita dukung dalam pemilihan.

4. Mendiskusikan dengan Teman Kelas jika Akan Mengambil Keputusan

Terkadang ada kegiatan atau kompetisi yang akan diikuti oleh teman-teman kelas, dalam kondisi seperti ini sebaiknya Mendiskusikan terlebih dengan Teman Kelas jika Akan Mengambil Keputusan tentang siapa yang akan mewakili kelas dalam mengikuti kompetisi.

5. Jika terjadi Perselisihan di Sekolah maka diselesaikan secara musyawarah

Ketidaksepahaman adalah hal yang lumrah terjadi di sekolah, bahkan ketidaksepahaman bisa berujung pada terjadinya perselisihan di sekolah maka dari itu jika terjadi Perselisihan di Sekolah maka diselesaikan secara musyawarah, agar masalah yang ada bisa diselesaikan dengan jalan damai

6. Tidak Memaksamakan Kehendak diri Pribadi Kepada Siswa Lain di Sekolah

Tidka jarang ditemukan siswa yang maunya menang sendiri, pendapatnya selalu ingin didengar dan sering memaksakan kehendak diri Pribadi Kepada Siswa Lain di Sekolah padahal sikap demikian sangat bertentangan dengan sila ke-4 yakni kerakyatan yang dipimpim oleh hikmat dan permusyawaratan perwakilan.

C. Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke 4 Pancasila di Lingkungan Masyarakat

1. Memutuskan Sesuatu Secara Bersama-sama dengan Warga Masyarakat Lainnya

Dalam memutuskan sesuatu yang menyangkut kebutuhan orang banyak di masyarakat maka sebaiknya atau alangkah baiknya keputusan yang diambil dilakukan secara musyawarah agar tidak ada warga masyaraat yang merasa dirugikan. 

2. Menerima dan Melaksanakan Hasil Musyawarah dengan Penuh Rasa Tanggung Jawab

Keputusan musyawarah meskipun beberapa poitnya tidak sesuai dengan pendapat kita, namun tetap harus dilaksanakan, sebaiknya kita tetap Menerima dan Melaksanakan Hasil Musyawarah dengan Penuh Rasa Tanggung Jawab.

3. Memberikan Pendapat jika diperlukan

Pastinya dalam mengambil keputusan di masyarakat, setiap orang memiliki hak untuk bersuara atau berpendapat. Maka dari itu jika memang apa yang mau anda sampaikan penting dan berguna maka jangan ragu untuk Memberikan Pendapat.

4. Mendengarkan Arahan dan Instruksi Kepala Desa/RT/RW

Kepala desa/RT/RW memiliki wewenang untu memberikan arahan dan instruksi kepada warga masyarakat, maka dari itu jika ada  Arahan dan Instruksi Kepala Desa/RT/RW sebaiknya di dengarkan dan dipatuhi, selama arahan tersebut sesuai dengan aturan dan memberi manfaat untuk kepetingan umum.

Demikianlah artikel tentang, Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke 4 Pancasila di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda semua

0 Response to "16 Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke 4 Pancasila di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close