13 Contoh Sikap Menghormati Orangtua dalam Kehidupan Sehari Hari

Contoh Sikap Menghormati Orangtua dalam Kehidupan Sehari Hari_Orang Tua secara umum artinya orang yang melahirkan kita secara biologis. Namun definisi orang tua juga tidak selalu berarti yang melahirkan kita. Orang tua juga bisa diartikan sebagai orang yang dihormati serta  memiliki arti dalam kehidupan kita. 

Rasa hormat adalah sifat dasar setiap manusia yang baik dalam saling menghormati satu sama lain, tidak terkecuali hormat kepada orang tua, baik kepada orang tua yang telah melahirkan kita maupun orang tua yang secara sosial dianggap berarti bagi kita dan lingkungan kita, dibawah ini penulis merincikan beberapa contoh sikap menghormati orang tua dalam kehidupan sehari hari.

Contoh Sikap Menghormati Orangtua dalam Kehidupan Sehari Hari

1. Menghargai Pendapat Orang Tua 

Menghargai pendapat orang tua berarti kita menganggap pendapat itu penting walaupun pendapat itu tidak sepenuhnya benar, namun menghargainya sangat perlu terlebih yang mengeluarkan pendapat adalah orang tua. Maka sebaiknya ketika orang tua berbicara hendaknya kita mendengarkannya dengan seksama setiap apa yang mereka sampaikan, setelah itu barulah kita berpendapat

2. Berbahasa Yang Sopan 

Sifat menghormati berikutnya adalah dengan menjaga bahasa kepada orang tua, dalam hal ini ketika kita berbahasa maka kita perlu mengkondisikan narasi bahasa kita, jangan sampai kebiasaan berbahasa di lingkungan bermain kita terbawa bawa pada saat kita berhadapan dengan orang tua, terutama penggunaan istilah yang menurut kita lumrah namun menurut orang tua itu tidak etis atau tidak pantas diperdengarkan.

3. Tidak Meninggikan Suara Dihadapan Atau Didepan Orang Tua 

Rasa marah dan emosi dapat diliahat dari tingginya tekanan suara seseorang  saat ia berkomunikasi. Meningginya  suara umumnya disebabkan oleh rasa marah dan emosi yang tidak lagi terkontrol. Tentu hal seperti demikian ini sebagai wujud dari ketikdak hormatan seseorang kepada orang lain.

Terlebih jika hal ini terjai di hadapan orang tua, maka sepantasnya kita mebahasa dengan sopan walaupun dalam keadaan marah, dan bila perlu cukuplah diam jika dalam suasana hati yang sedang emosi, karena jika kita tetap berbicara dalam keadaan seperti itu, kita akan rentan mengeluarkan bahasa dengan nada tinggi atau dalam bahasa keseharian kita yakni membentak.

4. Menjaga Amanah Yang Diberikan 

Amanah atau kepercayaan orang tua kepada kita tentu harus dibarengi dengan rasa hormat kepada sipemberi amanah, sebab jika kita tidak mampu menjaga amanah yang diberikan, itu artinya kita tidak menghormati sipemberi amanah dalam hal ini orang tua. 

Namun bukan berarti hal itu bersifat mutlak, tentu jika kita tidak mampu menjaga amanah yang diberikan maka kita harus mampu mempertanggung jawabkannya, hal ini adalah buah dari rasa hormat kita kepada orang tua, lain halnya apabila kita merahasiakannya, sebab merahasiakan kesalahan adalah bentuk ketidak hormatan kita kepada orang tua.

5. Bersifat Rendah Hati 

Dihadapan Orang Tua Contoh menghormati orang tua berikutnya adalah dengan bersifat rendah hati kepada orang tua, sifat ini merupakan bentuk sifat yang harus kita teladani ketika berhadapan dengan orang tua, sekalipun si orang tua tersebut tidak lebih dari kita, baik dari segi ekonomi, pendidikan ataupun hal lainnya, seba menghormati dan menghargai orang tua adal sebuah keharusan bagi seorang anak.

6. Taat dengan apa yang diperintahkan orang tua 

Sifat menghormati orang tua juga dapat di tunjukan dengan taatnya kita terhadap apa yang di perintahkan oleh orang tua kepada kita, namun hal ini bukan berarti seluruh yang diperintahkan wajib kita ikuti, sebab kita juga harus memilah apakah itu baik atau tidak. 

Namun bukan berarti jika itu salah kita akan menolak mentah – mentah, sebaiknya gunakan kalimat yang sopan untuk menjelaskan alasan untuk menolak perintah tersebut sekaligus memberikan masukan dengan tanpa menyakiti hati orang tua kita dengan bahasa yang kasar.

7. Menasehati orang tua dengan bahasa yang sopan 

Orang tua juga merupakan manusia biasa sama halnya dengan orang lain, sehingga orabg tua tidak luput dari yang namanya kesalahan, namun bukan berarti ketika mereka salah, kita seenaknya berbahasa sekalipun itu untuk menasehti. Kita tentu harus tau sifat yang baik, bagaiman kita harus membahasakan kepada orang tua dengan bahasa halus dan tidak menyinggung perasaan mereka.

8. Tidak berkata bohong 

Jujur atau tidak berbohong merupakan salah satu contoh sifat menghormati orang tua, sebab dengan jujur maka orang tua akan merasa di hargai oleh seorang anak. Sifat ini pula menunjukan betapa pentingnya orang yang ia hormati.

9. Meminta pamit ketika ingin berpergian 

Sifat selanjutnya yang menunjukan rasa hormat kepada orang tua adalah dengan meminta izin ketika ingin berpergian, sifat ini akan membuat orang tua merasa tenang dan merasa bermakna bagi anaknya begitupun anak ke orang tuanya.

10. Menyapa ketika berpapasan di jalan 

Bagi kalangan anak muda menyapa atau hanya sekedar menegur menjadi momok yang tidak sedikit dihindari oleh sebagian anak muda, hal ini sering terjadi karena rasa ego di usia muda, namun lain halnya jika kita melakukannya dengan orang tua terlebih jika itu dengan orang tua kita sendiri, disapa bagi mereka adalah sebuah kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri karena mereka akan merasa dihargai.

11. Meminta saran dan nasehat ketika hendak melakukan sebuah pekerjaan baru 

Sebelum Sebelum melakukan sesuatu hendaknya kita meinta saran atau masukan kepada orang yang kita percayakan terlebih kepada orang yang telah kita anggap sebagai orang tua kita, terutama orang tua yang telah melahirkan kita sekalipun mereka belum tentu bisa memahami dan mampu memberikan kita masukan terhadap apa yang akan kita lakukan, jikalaupun mereka tidak memberikan kita saran maka minimal mereka akan mendoakan, hal ini adalah blasan sifat hormat kita terhadap orang tua.

12. Mendahulukan orang tua 

Diera sekarang ini banyak yang acuh dengan contoh sifat ini, misalnya pada saat mengantri, kita kadang lupa bahwa seyokyanya kita harus mendahulukan orang tua bentuk hormat kita kepada mereka, di dalam lingkungan rumah tangga misalnya, ketika kita makan sebaiknya dahulukanlah orang tua, seletalah orang tua barulah kita. Hal ini sebagai rasa hormat kita kepada orang tua kita, bahwa merekalah yang harusnya diutamakan, terlepas mereka akan lebih memilih untuk lebih mendahulukan kita sebagi anaknya.

13. Menjaga nama baik Orang Tua 

Menjaga nama baik orang tua merupakan sifat mejaga kehormatan baik itu nama keluarga terlebih nama orang tua. Pada prinsipnya jika yang kita lakukan baik, maka nama orang tua kitapun akan ikut baik, begitu pula sebaliknya, jika kita berbuat buruk, maka nama orang tua kitapun akan ikut buruk. Maka hindari sebisa mungkin perbuatan, prilaku dan sifat buruk didepan orang lain guna menjaga kehormatan lingkungan kita, keluarga kita terlebih orang tua kita.

Demikian beberapa contoh sifat hormat Dan masih banyak lagi contoh sifat hormat kepada orang tua yang tidak sempat penulis jabarkan, yang sering kita lakukan dan sering kita lihat dikehidupan kita sehari hari. Semoga dari beberapa poin diatas bisa menambah wawasan kita terhadap sekian banyak sifat hormat kepada orang tua dan budayakanlah sifat hormat kepada orang tua agar kita menjadi manusia yang taat dan berbakti kepada kedua orang tua kita.

0 Response to "13 Contoh Sikap Menghormati Orangtua dalam Kehidupan Sehari Hari"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close