13 Contoh Sikap Rendah Hati di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat

13 Contoh Sikap Rendah Hati di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat_ Rendah hati adalah suatu sikap menyadari keterbatasan kemampuan diri dan ketidakmampaun diri sendiri, sehingga orang yang bersangkutan tidak merasa angkuh dan sombong. Rendah hati merupakan salah satu sifat terpuji yang harus dimiliki oleh setiap orang agar bisa menjadi pribadi yang disenangi dan disukai oleh oranglain.


Perilaku rendah hati baiknya mampu dilakukan dimanapun (baik itu di sekolah, di keluarga dan dimasyarakat), kapanpun (misalnya; saat berada di atas atau saat berada di bawah, saat lapang maupun saat susah) dan pada siapapun (misalnya; baik kepada orang tua, anak-anak, orang kaya maupun orang) tanpa miskin tanpa terkecuali.

Rendah hati beda dengan rendah diri, seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Rendah hati adalah suatu sikap menyadari keterbatasan kemampuan diri dan ketidakmampaun diri sendiri, sehingga orang yang bersangkutan tidak merasa angkuh dan sombong, sedangkan rendah diri adalah merasa tidak memiliki kemampuan, memandang remeh pada diri sendiri dan selalu merasa kurang dari oranglain.

Rendah hati sendiri merupakan lawan dari sikap sombong dan angkuh, dengan menjadi orang yang rendah hati pastinya akan membuat oranglain senang dan segang terhadap anda. Lantas apa saja perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati? berikut ulasannya:

13 Contoh Sikap Rendah Hati di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat

1. Tidak Sombong Meskipun Memiliki Harta yang Banyak
Salah satu contoh sikap rendah hati adalah dengan tetap tidak sombong meskipun memiliki uang atau harta yang banyak, yang bisa digunakan untuk membeli apapun yang ingin dibeli, maka dari itu walaupun anda memiliki harta melimpah tetaplah merasa bahwa harta/kekayaan yang kalian miliki itu adalah titipan dari Allah, sehingga kapanpun harta yang kalian miliki itu bisa diambil kembali oleh pemiliknya.

2. Tidak Angkuh karena Juara Kelas/Berprestasi
Setiap siswa pastinya ingin menjadi juara kelas atau menjadi berprestasi, namun bagi kalian yang telah berhasil juara kelas atau meraih prestasi yang membanggakan tetaplah merasa rendah hati dan tidak angkuh. 

3. Menerima Saran dan Kritikan dari teman 
Contoh sikap rendah hati selanjutnya adalah dengan selalu menerima saran/masukan atau bahkan kritikan dari oranglain, baik itu dari teman kelas, orangtua atau orang-orang dilingkungan sekitar. Jangan hanya karena kamu lebih pintar, lebih kaya, lebih terpandang lantas tak mau menerima kritikan dari orang yang mengritik kamu.

4. Tidak Bangga dengan Pujian
Orang yang memiliki harta yang banyak, orang yang pintar dan berprestasi, orang yang memiliki jabatan yang tinggi pastinya akan sering mendapatkan sanjungan/pujian dari oranglain, namun meskipun kalian dipuji atau dibanggakan tetaplah jangan merasa jumawa atau bangga diri. Tetaplah merasa bahwa apa yang berhasil kamu raih tak lepas dari bantuan dan dukungan oranglain.

5. Mendahulukan Oranglain Meskipun dia Seorang yang Terpandang
Implikasi sikap rendah hati selanjutnya adalah tetap mendahulukan oranglain walaupun dia seorang yang tepandang, misalnya saja di seorang pejabat atau orang tepandang sedang antri, walaupun dia bisa saja ta harus antri namun dia memilih tetap antri karena ada orang lain yang sedang antri.

6. Sabar Saat Dihina
Apa yang kalian lakukan saat dihina dan dicaci oleh oranglain? Setiap orang pastinya memiliki reaksi yang berbeda saat dihina oleh oranglain, namun saat kalian dihina oleh oranglain maka sebaiknya usahakan untuk tidak membalas hinaan oranglain dan jadikan hinaan tersebut sebagai pelajaran yang memiliki hikmah bagi kalian. Sikap kalian yang tetap merasa tetap sabar adalah cerminan dari sikap rendah hati.

7. Lapang dada Menerima setiap Ujian dan Masalah
Sikap rendah hati selanjutnya adalah dengan lapang dada menerima setiap ujian dan masalah yang datang dalam hidup. Sikap rendah hati tersebut muncul karena meyakini bahwa semua masalah dan ujian datangnya dari Allah.

8. Tetap Sabar saat diremehkan
Tak jarang kita diremehkan dan dianggap tidak memiliki kemampuan oleh oranglain sehingga kita dipnadang sebelah mata. Menerima perlakuan oranglain yang meremehkan tersebut dengan membalasanya dengan kebaikan adalah contoh perilaku rendah hati.

9. Menolong Oranglain yang Sudah Berbuat jahat Terhadap Kita
Bagaimana sikap kalian saat melihat orang yang pernah berbuat kurang baik kepada kalian tiba-tiba dalam kesulitan? pastinya walaupun oranglain sudah berbuat kuarang baik kepada kita maka saat dia dalam kesulitan kita wajib untuk membantu dan menolongnya. Sikap kita yang tetap mau menolong oranglain yang sudah berbuat kurang bai terhadap kita adalah cerminan sikap rendah hati.

10. Ikut Kerja Bakti Walaupun Seorang Pejabat Terpandang dan Terhormat
Di lingkungan masyarakat sering diadakan kegiatan kerja bakti, maka dari itu walaupun kalian orang yang memiliki jabatan tinggi terpandang dan terhormat maka tidak ada salahnya kalian tetap ikut dalam kegiatan kerja bakti

11. Selalu Bersyukur dengan Apa yang Dimiliki
Syukur dengan apa yang dimiliki, baik itu dalam kondisi lapang atau susah, senang dan susah merupakan perwujudan dari sikap rendah hati. Jadi agar kalian senantiasa bisa merasa bahagia dan gembira maka banyak banykalah mensyukuri semua nikmat Allah.

12. Menerima Kekalahan Saat Mengikuti Pertandingan/Kompetisi
Kalian pastinya kadang ikut dalam kegiatan yang memiliki format kompetisi atau pertandingan, bagamana sikap kalian jika team kalian kalah dalam pertandingan? Pastinya walaupun kalah kita harus menerima hasil tersebut dengan kerendahan hati dan berusaha untuk lebih baik lagi kedepannya.

13. Tidak Malu Mengakui Kesalahan
Walaupun kalian adalah seorang yang memiliki jabatan tinggi, memiliki harta yang banyak, berprestasi namun jika suatu saat kalian memlakukan kesalahan maka sebaiknya kalian tetap harus mengakui kesalahan yang kalian lakukan tersebut dengan penuh kerendahan hati.

Demikianlah artikel tentang 13 Contoh Sikap Rendah Hati di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat, semoga artikel tersebut bisa memberi manfaat untuk kalian semua.

0 Response to "13 Contoh Sikap Rendah Hati di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close