9 Tips Persiapan Menghadapi Tahun Ajaran Baru Agar Berprestasi

Tips Persiapan Menghadapi Tahun Ajaran Baru Agar Berprestasi_ Agar bisa menjadi siswa yang berprestasi, maka sangat penting untuk melakukan perencanaan yang baik dari sejak tahun ajaran baru akan dimulai. Tahun ajaran baru pendidikan dimana siswa baru akan mulai masuk sekolah, siswa yang mulai naik kelas, akan mulai mempelajari pelajaran-pelajaran baru yang belum pernah dipelajari sebelumnya, ataupun pelajaran tersebut pernah dipelajari namun ditingkatan kelas yang baru materi pelajaran yang akan dipelajari akan mulai mengingkat tingkat kerumitannya.


Seperti sebuah ungkapan bahwa kesuksesan tidak dicapai dalam semalam, maka sama halnya menjadi siswa yang berprestasi tidak instan, butuh perencanaan, metode belajar, kemampuan menyesuaikan diri dan lain-lain. Jika muncul pertanyaan! Apakah menjadi siswa yang berprestasi di sekolah akan berbanding lurus dengan kesuseksan seseorang dalam karirnya kedepannya? 

Sebenarnya tidak ada jaminan bahwa siswa yang berprestasi di sekolah nanti akan suskes dalam kehidupannya, namun setidaknya prestasi yang bisa diraih siswa adalah indikasi bahwa dalam diri tersebut ada karakter displin, pandai, kemampuan bekerjasama, kemampuan berkomunikasi, karena indikator penilaian mengcakup beberapa aspke tersebut (kognitif, afektif dan psikomotor)

lantas perencanaan apa yang sebainya dilakukan oleh siswa dalam menghadapi tahun ajaran baru, atau Tips Persiapan Menghadapi Tahun Ajaran Baru Agar Berprestasi yang jitu dan efekif agar bisa menjadi siswa yang berhasil jadi juara kelas, juara tingkat sekolah bahkan juara nasional? Berikut beberapa Tips Persiapan Menghadapi Tahun Ajaran Baru Agar Berprestasi.

Tips Persiapan Menghadapi Tahun Ajaran Baru Agar Berprestasi

1. Mencatat Jadwal Pelajaran
Pertama-tam yang sangat penting kalian lakukan ditahun ajaran baru adalah dengan mencatat jadwal pelajaran yang akan dipelajari selama satu semester ke depan. Hal tersebut sangat-sangat penting karena kalian bisa tahu apa-apa saja yang akan kalian pelajari tiap harinya, jadwal pelajaran bisa kalian catat dan tempel di dinding kamar kalian agar kalian mudah melihat jadwal pelajaran yang akan kalian pelajari. Sebaiknya jadwal pelajaran disimpan di tempat yang mudah kalian lihat, misalnya saja di dinding kamar kalian atau di meja belajar dll. 

Bayangkan kalau kalian tidak tahu jadwal pelajaran yang akan kalian pelajari akibat tidak mencatat jadwal pelajaran selama satu semester, pastinya kalian akan kebingungan untuk mempelajari mata pelajaran apa, sleain itu kalian juga akan tidak tahu mat pelajaran yang akan kalian pelajari keesokan harinya, alhasil bisa jadi nilai-nilai pelajaran kalian akan mengalami penurunan.

2.  Membuat Jadwal Rencana Belajar
Selanjutnya hal yang penting untuk kalian lakukan untuk menghadapi tahun ajaran baru adalah dengan Membuat Jadwal Rencana Belajar. Jadwal Rencana Belajar yang kalian buat berdasarkan dari jadwal pelajaran yang telah dikeluarkan oleh sekolah. Membuat rencana belajara penting untuk menentukan porsi jam belajar kalian dalam sehari.

Rencana belajar yang kalian buat harus memperhatikan waktu-waktu yang tepat untuk belajar atau waktu belajar dimana kalian dengan mudah bisa mengingat apa-apa saja materi pelajaran yang telah kalian pelajari. Misalnya saja watu belajar di subuh hari dimana pikiran masih fresh sehingga pelajaran mudah untuk dipahami, atau belajar di waktu malam hari dimana suasana sedang sunyi dan kalian bisa dengan mudah mencerna materi-materi pelajaran yang kalian pelajari.

3. Menentukan Target-target yang ingin Dicapai
Step selanjutnya yang mesti kalian lakukan agar bisa menjadi siswa berprestasi yang mesti kalian lakukan ditahun ajaran baru adalah dengan Menentukan Target-target yang ingin Dicapai. Misalnya kalian membuat target untuk juara kelas, mendapatkan nilai semua mata pelajaran dengan predikat paling baik (100 misalnya), mendapatkan besasiswa untuk siswa berprestasi dan target-target lainnya yang bisa memicu daya semangat kalian untuk belajar bersungguh-sungguh.

Tahukah kalian bahwa target-target yang kalian buat bisa mensugesti pikiran kalian sehingga bisa benar-benar merubah polah pikir dan tingah kalian sehingga berkonspirasi agar bisa mewujudkan list target yang kalian buat, itulah yang dinamakan kekuatan sugesti mimpi.

Jadi silahkan kalian menuliskan target-target prestasi yang ingin kalian capai dan tempel di dinding kamar kalian, setiap hari silahkan kalian lihat list target yang ingin kalian capai tersebut dan yakini dalam hari bahwa kalian bisa meraihnya, maka dengan tekad dan kesungguhan kalian pasti bisa meraih mimpi yang kalian ingin wujudkan.

4. Mereview Pelajaran-pelajaran yang akan Dipelajari 
Memasuki tahun ajaran baru, hal yang perlu kalian lakukan selanjutnya adalah mereview secara singkat tentang materi-materi pelajaran yang akan kalian pelajari 1 tahun ke depan, kalian bisa mencari tahu materi materi yang akan kalian pelajari melalui buku cetak yang tersedia di sekolah atau melalui buku pelajaran elektronik yang dalam bentuk softfile.

Tujuan mereview pelajaran yang akan kalian pelajari adalah untuk mendapatkan gambaran awal tentang materi-materi yang akan dipelajari selama setahun ke depan, dengan begitu kalian akanmudah beradaptasi saat pembelajaran nantinya karena setidaknya kalian sudah memiliki bayangan tentang materi-materi pelajaran.

5. Beradaptasi dengan Tingkatan Kelas Baru 
Tahun ajaran baru identik dengan kelas baru atau bisa juga sebagai siswa baru, yang kalian penting lakukan di kelas baru adalah beradaptasi dengan teman kelas yang baru dan beradaptasi dengan tingakatan kesulitan pelajaran di kelas baru tersebut. Biasanya ketika naik di kelas baru, di bebebrapa sekolah siswa akan di rolling, sehingga teman kelas bisa saja ada yang baru dan mungkin masih ada pula teman kelas yang sama di tingkatan kelas sebelumnya, nagh dengan teman-teman baru baiknya kalian mulai beradapatasi dan saling berkenalan.

Memilii banyak temam masuk dalam salah satu jenis kecerdasan, yakni kecerdasan afektif dan berdasarkan riset bahwa salah satu penunjang kesuksesan adalah kemampuan berkomunikasi, dan komunikasi yang baik akan menjadi stimulus awal bagi anda untuk memiliki banyak teman, berteman bisa dengan siapa saja namun bergaullah dengan orang yang memiliki integritas, motivasi, visioner namun jika kamu mampu memengaruhi teman yang kurang dalam hal tersebut sehingga bisa grow up maka itu lebih bagus lagi.

6. Memahami Karakter Guru
Beda tingkatan kelas biasanya beda guru yang mengajar, nagh diawal tahun ajaran baru sangat penting untuk mengenali karakter tiap-tiap guru yang mengajar di kelas kalian. Setiap guru pastinya memiliki karater yang berbeda, sehingga sangat penting untuk kalian mengetahui karakternya. Dengan mengetahui karakter guru kalian maka kalian bisa menentukan bagaimana cara bersikap yang baik di depan guru kalian, walaupun pada dasarnya seorang murid harus bersikap baik kepada semua gurunya.

Bagaimana bersikap yang baik kepada guru masuk dalam kategori penilaian dan bersikap yang bai merupakan bagian dari kecerdasan, jadi jangan bersikap kurang sopan pada guru kalian, sehingga membuat guru menjadi memiliki penilaian negatif terhadap kalian. 

7. Membeli dan Mempersiapkan Peralatan Sekolah
Tips selanjutnya dan mungkin sudah menjadi rahasia umun namun bisa menjadi tips efektif bagi kalian yang ingin memiliki prestasi yang bagus adalah dengan pertama-tama Membeli dan Mempersiapkan Peralatan Sekolah yang nantinya akan menjadi senjata bagi kalian dalam belajar, peralatan sekolah yang menunjang pastinya akan berbanding lurus dengan kemampuan kalian dalam mencatat dan melaksanakan segala akativitas di sekolah.

Peralatan sekolah yang dimaksud  adalah misalnya buku, pulpen, tas dll. Keberadaan peralatan sekolah akan menunjang kalian dalam belajar di sekolah. Maka dari itu alangkah baiknya perlatan sekolah yang akan digunakan dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum masuk sekolah.

8. Memilih Tempat Duduk yang Strategis
Tahun ajaran baru biasanya siswa akan pindah ke kelas baru, nagh dalam moment ini kalian bisa levih awal ke sekolah saat baru pertama kali masuk sekolah dan memilih tempat duduk yang strategis sehingga penjelasan guru dan segala aktivitas yang berkaitan dengan pelajaran bisa terakomodasi.

Tempat duduk yang tepat misalnya duduk di bangku paling depan sehingga dekat dengan guru, dengan duduk di depan kalian bisa melihat dengan jelas apa yang ditulis oleh guru kalian. Selain itu dengan duduk di depan kalian juga dengan jelas bisa mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru kalian dengan begitu pelajaran akan mudah kalian pahami.

9. Ikut Bimbingan Belajar Online
Terakhir Tips Persiapan Menghadapi Tahun Ajaran Baru Agar Berprestasi adalah dengan ikut bimbingan belajar. Saat ini banyak bimbingan belajar online, sehingga kalian tidak perlu ladi datang bimbingan belajar online di kelas, melainkan bisa melalui HP atau Laptop kalian.

Salah satu bimbingan belajar online yang saat ini sudah sangat populer adalah bimbel online Ruang Guru. Saat ini sudah 15 juta siswa telah berlangganan Ruang Guru, Ruang Guru memiliki banyak fitur-fitur pembelajaran dan video pembelajarannya menggunakan animasi sehingga siswa tidak mudah bosan belajar.

Ruang Guru juga memberikan diskon untuk paket langganan tertentu 45-65% dengan menggunakan kode diskon Ruang Guru: SYAMSURIDUMRAA. Jadi kalian bisa hemat saat mendaftar atau berlangganan Ruang Guru.

Demikianlah artikel tentang Tips Persiapan Menghadapi Tahun Ajaran Baru Agar Berprestasi, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda semua.

0 Response to "9 Tips Persiapan Menghadapi Tahun Ajaran Baru Agar Berprestasi"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close