Thursday, 4 October 2018

Cara Mudah Mengetahui Akreditasi Sekolah SD, SMP dan SMA Sederajat Secara Online

Tags
Cara Mudah Mengetahui Akreditasi Sekolah SD, SMP dan SMA Secara Online_ Sahabat pembaca yang budiman, Bagaimana kabar kalian semua? semoga saja senantiasa dalam keadaan baik-baik saja. Dalam artikel kali ini penulis akan berbagi tips cara mengecek atau mengetahui akreditasi sekolah tingkat SD, SMP dan SMA secara online.

Pertama-tama yang mesti kita ketahui adalah siapa atau instasi apa yang betugas untuk menentukan tingkat akreditasi suatu sekolah? Penentuan akreditasi suatu sekolah dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). BAN-S/M adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.

A. Sekilas Tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M)
Misi BAN-S/M adalah untuk: (1) mengembangkan sistem penyelenggaraan akreditasi yang efektif dan efisien; (2) mengembangkan perangkat dan mekanisme akreditasi yang tepat dan bermutu; (3) mengembangkan integritas dan kompetensi pelaksana akreditasi; (4) mengembangkan komunikasi, sinergi dan kerja sama akreditasi dengan berbagai pemangku kepentingan; (5) mengembangkan sistem informasi akreditasi sebagai bagian dari akuntabilitas publik dan pengambilan keputusan; (6) mengembangkan jejaring dan kemitraan dengan institusi akreditasi negara lain. Motonya adalah Akreditasi Bermutu Untuk Pendidikan Bermutu. BAN-S/M secara manajemen dan hasil akreditasi.

Lantas bagaimana cara mengetahui status akreditasi suatu sekolah online? Berikut cara mengecek status akreditasi suatu sekolah yang bisa dilakukan dengan secara online.

B. Cara Mudah Mengetahui Akreditasi Sekolah SD, SMP dan SMA Secara Online

1. Kunjungi Situs Resmi Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah
Untuk mengetahui status akreditasi suatu sekolah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunjungi situs resmi BAN S/M: https://bansm.kemdikbud.go.id/akreditasi
Silahkan and klik link tersebut, jika anda telah mengklik/mengunjungi link di atas, maka akan muncul tampilan atau gambar seperti di bawah ini;


2. Lengkapi Lokasi Sekolah Yang Ingin Dicek Status Akreditasinya
selanjutnya setelah muncul gambar seperti di bawah ini:


A. Tentukan Provinsi: Isi dengan Provinsi tempat sekolah yang ingin anda cek status akreditasinya
B. Kab/Kota: Isi dengan Kab/Kota tempat sekolah yang ingin anda cek status akreditasinya
C. Tentukan Jenjang Pendidikan: Isi dengan jenjang pendidikan sekolah yang ingin anda cek status akreditasinya (Mis: SD, SMP SMA dll)
D. Status: Jika yang ingin anda cek adalah sekolah negeri maka pilih negeri dan Jika yang ingin anda cek adalah sekolah swasta maka pilih swasta 
D. Tahun Akreditasi: Isi dengan tahun Akreditasi terbaru
E. Peringkat Akreditasi: Pilih "Semua"
F.  Masukan Nama sekolah atau Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)


Setelah anda memasukan nama sekolah atau nomor pokok sekolah nasional (NPSN) (Catatan: sebaiknya gunakan/masukan NPSN saja) selanjutnya silahkan klik tulisan cari sekolah, seperti contoh gambar di bawah ini;



Setelah anda memasukan NPSN dan mengklik kolom "cari sekolah" maka akanmuncul sekolah yang anda cari beserta peringkat akreditasinya. Seperti contoh sekolah di gambar di atas yang status akreditasinya A.

Similar search: akreditasi sekolah 2018, akreditasi sekolah dasar, cara cek akreditasi sekolah sma, instrumen akreditasi sekolah 2018, nilai akreditasi sekolah 2017, hasil akreditasi sekolah tahun 2017, sispena akreditasi, hasil akreditasi sekolah 2017.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon