Wednesday, 3 October 2018

Cara Mudah Mencari dan Melihat NPSN Secara Online

Tags
Cara Mudah Mencari dan Melihat NPSN Secara Online_ Salam sejahtera untuk anda sahabat pembaca yang budiman, dalam kesempatan kali ini saya akan berbgi tips cara mudah mencari atau melihat Nomor Pokok Sekolah Nasional atau yang biasa disingkat dengan (NPSN).

A. Sekilas tentang Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
Nomor Pokok Sekolah Nasional itu.  Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) adalah kode pengenal sekolah yang bersifat unik yang menbedakan antara satu sekolah dengan sekolah lainnya. NPSN sendiri merupakan pembaharuan dari NIS (nomor induk sekolah).

Baca juga: Cara Mudah Cek dan Mencari NISN Siswa SD, SMP dan SMA Secara Online

Penggunaan NPSN bertujuan untuk memudahkan pengelolaan data satuan pendidikan. Dasar pengembangan NPSN adalah Pemnedikbud No.99 tahun 2013 tentang "Tata kelola teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan kemendikbud" Inmen kemendikbud No.2 Tahun 2011 "tentang kegiatan  pengelolaan data pendidikan menteri pendidikan nasional", dan surat keputusan Kabalitbang Diknas No. 3574/.G.G4/KL/209, tanggal 22 Oktober 2009, tentang NPSN sebagai nomor unik satuan pendidikan". Format NPSN terdiri dari 8 digit secara acak.

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Akreditasi Sekolah SD, SMP dan SMA Secara Online

B.Cara Mudah Mencari dan Melihat NPSN Secara Online

1. Kunjungi situs/link resmi NPSN
Untuk mengetahui nomor pokok sekolah nasional (NPSN) caranya mudah sekali, pertama-tama silahkan kunjungi situs resmi kemendikbud: http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index.php

jika anda sudah mengklik link di atas maka akan muncul tampilan atau gambar seperti di bawah ini:


2. Klik Tulisan "Data Master Pendidikan"
Jika telah muncul gambar seperti yang ditunjukan di atas selajutnya untuk mencari Nomor pokok sekolah nasional yang anda inginkan silahkan klik tulisan "Data Master Pendidikan", seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah ini;


Setelah anda mengklik tulisan "Data Master Pendidikan", maka akun muncul menu tampilan seperti diatas, atau seperti gambar di bawah ini.

3. Pilih  Satuan Pendidikan yang ingin anda cari NPSN-nya
setelah muncul menu daftar satuan pendidikan, seperti yang berada dalam kotak merah dibawah ini, selanjutnya silahkan pilih satuan pendidikan yang ingin anda cari NPSN-nya.
4. Cara Mencari dan Melihat NPSN Pendidikan dasar dan Menengah (SD, SMP dan SMA), Pendidikan PAUD, DIKMAS dan Pendidikan Khusus
Untuk mencari Nomor pokok sekolah nasional pendidikan dasar dan menengah silahkan klik tulisan "Pendidikan dasar dan Menengah", seperti contoh di bawah ini:


jika anda sudah mengklik tulisan "Pendidikan dasar dan Menengah", maka akan muncul gambar seperti contoh di bawah ini


1. Pilih Provinsi tempat sekolah yang ingin anda cari NPSN-nya
Apabila sudah muncul data daftar provinsi tentang  "Pendidikan dasar dan Menengah" maka selanjutnya silahkan pilih letak/lokasi/provinsi sekolah yang ingin anda cari NPSN-nya


2. Klik Nama Provinsi-nya sekolah yang ingin anda cari NPSN-nya
selanjutnya klik nama provinsi dimana sekolah yang ingin anda cari NPSN-nya berada, jika anda sudah mengklik nama provinsi maka akan muncul contoh gambar seperti di bawah ini:


3. Klik Nama Kabupaten Tempat sekolah yang ingin anda cari NPSN-nya
Jika sudah muncul daftar kabupaten yang ingin anda cari NPSN, selanjutnya klik nama kabupaten yang ingin anda cari NPSN-nya, kalau nama kabupatennya sudah anda klik maka akan muncul contoh gambar seperti di bawah ini:


4. Klik nama Kecamatan Tempat sekolah yang ingin anda cari NPSN-nya
Selanjutnya setelah anda mengklik nama kabupaten dimana lokasi sekolah yang ingin anda cari, maka akan muncul daftar kecamatan yang ada di kabupaten tersebut. selanjutnya kamu tinggal klik nama kecamatan lokasi sekolah tersebut berada. apabila anda telah mengklik nama kecamatan akan muncul tampilan seperti di bawah:


Untuk melihat semua data NPSN mulai dari NPSN Pendidikan dasar dan Menengah (SD, SMP dan SMA), Pendidikan PAUD, DIKMAS dan Pendidikan Khusus, silahkan klik tulisan "semua" seperti yang ada pada contoh gambar di bawah:


Jika anda telah mengklik segitiga kecil yang menghadap ke bawah yang berada di samping tulisan "semua" maka akan muncul" data satuan pendidikan mulai dari


Selanjutnya anda tinggal pilih, jenjang atau tingkatan sekolah yang ada di kecamatan tersebut, setelah anda klik jejangan sekolahnya maka akan muncul daftar sekolah yang ada di sekolah tersebut beserta NPSN-nya



demikianlah cara mudah Mencari dan Melihat NPSN Secara Online, semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

similar search: npsn sekolah 2018, npsn sekolah 2017, nomor pokok sekolah nasional 2018, letak npsn, npsn tk, verval npsn npsn lkp cetak npsn.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon