12 Kegiatan yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Jam Istirahat di Sekolah

12 Kegiatan yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Jam Istirahat di Sekolah_ Jam istirahat (school recess atau school break) merupakan istilah umum untuk menyebut periode waktu tertentu dimana para siswa berhenti sejenak dari tugas – tugas belajar di sekolah. Jam istirahat merupakan elemen penting dalam proses belajar di sekolah. Karena jeda sejenak saat jam belajar ini dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi saat belajar. Periode ini merupakan waktu yang sangat ditunggu – tunggu oleh kebanyakan siswa untuk me refreshkan tubuh dan pikiran sebelum memulai kembali proses belajar mengajar di kelas.


Jam istirahat sangat diperlukan bagi para pelajar dalam membebaskan dirinya dari kepenatan belajar, waktu istirahat ini banyak dimafaatkan oleh banyak pelajar dengan berbagai hal, namun tidak sedikit pelajar yang tidak menggunakan waktu istirahat itu sendiri dengan efektif. Dibawah ini, beberapa kegiataan yang sebaiknya digunakan ketika jam istirahat di sekolah sehingga jam istirahat bisa efektif, dan bermanfaat

12 Kegiatan yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Jam Istirahat di Sekolah

1. Bercengkrama Dengan Teman Di Taman Sekolah
Bercerita atau diskusi ringan dengan teman sangat efektif untuk menghilangkan kepenatan dalam belajar, selain itu cara ini juga dapat meningkatan keakraban diatara para siswa, baik dengan teman sekelas ataupun dengan teman dari kelas yang lain.

Dalam proses diskusi, tak harus perlu berdiskusi tentang pelajaran namun cerita tentang hal lain ataupun cerita lucu juga bisa dijadikan bahan dalam diskusi, dan hal lain yang dapat dijadikan bahan diskusi adalah tentang pelajaran. Sehingga antar pelajar dapat bertukar pikiran dan pengetahuan disana tanpa perlu merasa tertekan oleh keberadaan guru. Karna pada umumnya banyak siswa akan merasa risih ketika mereka mengeluarkan pendapatnya dihadapan gurunya.

2. Memanfaatkan Jam Istirahat Untuk Membaca Di Perpustakaan 
Tidak banyak pelajar memanfaatkan waktu istirahatnya dengan membaca, padahal kegiatan ini sangat baik untuk meningkatkan pengetahuan siswa itu sendiri, biasanya para siswa yang menggunakan waktu istirahatnya untuk membaca adalah orang – orang yang rajin dan hobi membaca, membaca diperpustakan tidak harus dengan membaca buku pelajaran, namun bisa juga dengan membaca novel dan buku cerita lain. Terbiasa untuk membaca juga dapat menambah kosa kata siswa dalam berbicara

3. Makan di kantin Sekolah 
Jam istirahat bisa digunakan untuk makan, terlebih jika seorang siswa tidak sempat sarapan dirumah sebelum kesekolah, di sana kita dapat mengisi kekosongan perut namun pilihlah menu yang sehat, karna dengan mengonsumsi makanan yang sehat akan membuat tubuh menjadi sehat, bukan sekedar mengenyangkan namun harus menyehatkan. Makan dikantin juga dapat mendekatkan persaudaraan dengan teman sekolah asal aktifitas ini dilakukan bersama – sama, selain mendekatkan persaudaraan juga akan memngajarkan siswa untuk solid dalam berbagi

4. Melaksanakan Shalat 
Di Sekolah bukan saja mengajarkan tentang ilmu pengetahuan tapi juga harus akhlak dan budi pekerti, maka bagi anda yang beragama muslim waktu istirahat dapat digunakan untuk melaksanakan shalat.

Shalat merupakan aktivitas yang dapat menenangkan baik untuk tubuh, perasaan dan bahkan pemikiran, maka aktifitas ini merupakan aktifitas yang paling efektif dalam memanfaatkan jam istirahat, karna selain menenangkan, shalat juga merupakan kewajiban umat muslim dalam mendekatkan diri terhadap penciptanya.

5. Bermain-Main
Bermain ketika jam istirahat disekolah dapat dimanfaat untuk bermain, Setelah ber jam – jam melakukan proses pembelajaran di ruang kelas, maupun di luar kelas, waktu istrahat adalah waktu yang paling di tunggu- tunggu oleh setiap para siswa. Anak pada umumnya jam istarahat di gunakan untuk, dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti bermain olahraga, dan lain seabagainya.

Dengan bermain akan membuat anak kembali lagi cerian, dan lebih siap untuk melakukan proses belajar mengajar kembali di dalam kelas. Di sisi lain bermain juga bisa menambah keakraban antara sesama siswa. Bermain diwaktu istirahat dapat diisi dengan jenis permainan yang sederhana, tidak membutuhkan banyak energi dan paling penting tidak mememakan waktu lama dalam proses pelaksanaannya.

6. Tidur Sejenak
Pada umumnya tidur dianggap sebagai aktifitas yang kurang etis jika di lakukan di sekolah, bahkan banyak yang menilai hal ini tidak baik dan tidak pantas ketika dilakukan di lingkungan sekolah. Namun sesungguhnya tidur sangat efektif dilakukan untuk mengurangi rasa stress sebab setelah bangun tidur kondisi tubuh akan menjadi lebih segar. Disaat tidur, panca indra manusia akaan mengalami pengenduran. Otot semula tegang akibat digunakan saat beraktivitas, juga akan mengalami pengenduran.

7. Duduk Santai Sekedar Menghirup Udara Segar
Duduk santai tidak selamanya harus pada tempat keramaian dan harus memiliki bahan untuk di perbincangkan, namun duduk santai juga dapaat dilakukan dihalaman sekolah dan akan lebih baik lgi jika di lakukan di taman sekolah. Ha ini berguna untuk menenangkan pikiran, sebab otak dan saraf – saraf lainnya juga sama – sama membutuhkan waktu untuk beristirahat.

8. Mendengarkan Musik
Memanfaatkan waktu istirahat sekolah dapat juga dilakukan dengan mendengarkan musik, terlebih jika siswa yang bersangkutan memiliki bakat dibidang seni musik. Kegiatan ini selain dapat menenangkan otak, juga dapat menambah wawasan dan bakat siswa dalam bermain musik. Bagi yang memiliki bakat seni musik, waktu istirahat juga bisa dimanfaatkan untuk sekedar menghibur diri dengan bermain alat musik samnbil kumpul bersama dengan teman – temannya.

9. Mengerjaka Tugas.
Waktu istrahat merupakan waktu yang bisa di gunakan untuk menyelesaikan tugas – tugas sekolah agar tugas yang akan dikerjakan tidak menumpuk. Waktu istirahat juga bisa dimanfaatkan oleh siswa yang tidak sempat mengerjakan tugasnya di rumah. Dan pada waktu istirahat siswa dapat berdiskusi dan bertukar pikiran dalam mengerjakan tugas sekolah.

10. Jalan–Jalan Mengelilingi Halaman Sekolah
Untuk mememanfaat jam istrahat tidak hanya di gunakan untuk bermain, bercerita atau lain sebagainya. Tapi jam istarahat bisa di gunakan untuk jalan – jalan atau keliling – keliling di halaman sekolah. Dengan jalan – jalan di halaman sekolah, kita bisa mendapatkan udara yang segar, bisa juga meringankan atau menyegarkan otak, selain itu juga dapak dijadikan ajaang untuk mencari dan bertemu teman baru di lingkungan sekolah.

11. Memakan bekal
Waktu istirahat pada umumnya digunakan siswa untuk jajan dan lain sebagainya, namun jika siswa yang membawa bekal dari rumah, periode waktu ini juga bisa dimanfaatkan untuk memakan bekal bagi siswa yang membawa bekal dari rumah. Dan biasanya dalam aktivitas ini, para siswa berkumpul bersama untuk menyantap bekal masing – masing.

12. Membuang Hajat
Pada saat istirahat biasanya menjadi waktu yang tepat untuk membuang hajat, sebab diwaktu ini siswa tidak akan meninggalkan proses belajar, dan dengan memanfaatkan periode istirahat untuk membuang hajat, maka akan membuat si siswa konsentrasi dan tidak akan terganggu dengan keinginan untuk membuang hajat pada saat proses belajar berlangsung, secara tidak langsung tidak akan menggangu teman – temannya untuk berkonsentrasi dalam belajar.

Demikian aktifitas positif yang dapat dilakukan pada jam istirahat sekolah agar proses belajar tetap efektif dan efisien dan siswa tidak meninggalkan sekolah dann beraktifitas yang dapat menggangu konsentrasinya dalam menerima pelajaran.

0 Response to "12 Kegiatan yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Jam Istirahat di Sekolah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel