Tips Memilih Sekolah SMA atau SMK, Berikut Masing-masing Kelebihannya

TIPS MEMILIH SEKOLAH SMA ATAU SMK BERIKUT MASING-MASING KELEBIHANNYA_ Berbicara tentang pendidikan memang ada banyak hal yang harus anda perhatikan dalam memilih sekolah, terlabih memilih jurusan agar nantinya tidak menjadi penyesalan dikemudian hari. Diskusikan dengan keluarga untuk mendapatkan solusi dari setiap permasalahan.


Baik memilih SMA maupun SMK keduanya bagus dan masing-masing telah memiliki kelebihan dan kekurangan dengan demikian anda sudah bisa memilih yang mana sekolah terbaik untuk anda. Sebelum melanjutkan pendidikan, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan lakukan agar tidak salah dalam memilih jurusan, namun sebelum menjelaskan masing-masing kelebihan setiap sekolah, hal pertama yang akan dibahas adalah bagaimana tips memilih sekolah. Berikut beberpa tipsnya ;

Tips Memilish Sekolah yang Baik dan Benar

1. Saran dari Orang Tua
Meskipun anda yang menjalani, namun tidak ada salahnya untuk meminta saran kepada orang tua, terlebih jika anda masih sangat bingung untuk memilih. Selain mereka yang membiayai anda bersekolah, orang tua juga ingin memilihkan yang terbaik untuk anak-anaknya.

2. Sesuaikan dengan Finansial
Dalam meminta saran tentu akan mendiskusikan semua hal yang berkaitan dengan sekolah, terutama biaya. Kebanyakan anak akan meminta orang tua untuk menyekolahkannya di sekolah-sekolah ternama yang menjadi favorit dikalangan para siswa hingga lupa dengan kemampuan orang tua.

Jika mereka mampu dalam finansial maka manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, namun jika orang tua tidak mampu, maka sebagai anak harus menghilangkan ego dan mengerti keadaan kedua orang tua.

3. Mudah diakses
Pilihlah sekolah yang mudah diakses atau yang lebih dekat dengan tempat tinggal.

4. Kualitas Guru 
Cari tahu informasi tentang beberapa sekolah yang akan anda pilih, baik dari teman maupun alumni agar mempermudah anda. Tujuannya adalah untuk mengetahui tentang kualitas guru yang mengajar disekolah tersebut.

Hal ini bukan berarti meragukan kemampuan mengajar guru, tetapi pendidikan saat ini sangat memperihatinkan. Oleh karena itu pandai-pandailah dalam memilih sekolah karena yang akan mendapatkan dampaknya adalah anda sendiri, bukan orang lain.

5. Perhatikan Budaya dan Lingkungan Sekolah
Setiap sekolah tentu memiliki budayanya masing-masing, untuk itu pilihlah sekolah yang memiliki budaya baik misalnya rutin melaksanakan upcara setiap hari senin, bekerja bakti dalam membersihkan lingkungan sekolah setiap hari jumat atau beberpa kegiatan lainnya yang sudah menjadi budaya baik disekolah tersebut dan yang paling penting lingkungan yang bisa membuat anda nyaman dalam belajar.

6. Fasilitas
Fasilitas merupakan salah satu penunjang anda dalam belajar sehingga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang terus bertambah. Anda harus memilih sekolah dimana memiliki fasilitas yang memadai.

Antara lain perpustakan, ruang lab, beberapa langpangan, dan beberapa fasilitas lainnya. Misalnya ketika anda memilih sekolah yang tidak memiliki lab computer, hal ini tentu akan membuat anda menjadi gaptek (gagap teknologi) dan ketika anda melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tentunya anda akan mengalami kesulitan, terlebih saat ini teknologi semakin canggih dan menuntut kita harus pandai dan mampu dalam menggunakannya.

7. Kegiatan Ekstrakurikuler
Penting untuk setiap siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler selain untuk memperluas pengetahuan hal ini juga bisa membuat siswa lebih berpengalaman dibandingan dengan mereka yang tidak mengikuti kegiatan tersebut. Itulah tips dalam memilih sekolah, selanjutnya adalah beberapa kelebihan masing-masing sekolah dan tips memilih SAM atau SMK agar anda lebih yakin dalam melanjutkan pendidikan. KELEBIHAN SMA

Tips Memilih Sekolah SMA atau SMK, Berikut Masing-masing Kelebihannya

Kelebihan Memilih Sekolah SMA

1. Biaya Lebih Murah 
Persoalan mahal SMA atau SMK tentu biaya sekolah SMA akan lebih murah dibandingkan dengan SMK, karena disekolah SMK lebih sering mengadakan praktek sehingga membutuhkan biaya lebih dan belum lagi dengan uang komite setiap semesternya.

2. Lebih Banyak Ilmu Pengetahuan 
Setiap sekolah memang memfasilitasi setiap siswanya agar mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih, namun alasan memilih SMA daripada SMK karena di SMA anda akan lebih memiliki banyak pengetahuan yang dimana ada banyak mata pelajaran yang akan anda dapatkan, mulai dari pendidikan agama, bahasa Indonesia, bahasa inggris, matematika, sejarah, geografi, sosiologi, penjaskes, senibudaya, pendidikan dan kewarganegaraan, kimia, biologi, dan masih banyak lagi materi lain yang akan dapatkan.

Sedangkan di sekolah SMA lebih fokus kepada masing-masing jurusan sehingga materi yang akan dipelajari hanya berfokus sesuai dengan jurusan yang sebelumnya sudah dipilih. Misalnya jurusan tata busana, meskipun ada beberpa tambahan materi yang diselipka, namun anda akan terfokus pada pelajaran bagaiamana merancang busana.

3. Mudah Melanjutkan Kejenjang Kuliah
Lulusan SMA vs SMK tentu akan terlihat jelas pada saat lulus sekolah dan ingin melanjutkan pendidikan ke salah satu universitas. Lulusan SMA akan lebih mudah dan akan menyesuaikan dengan jurusan yang diambil ketika kuliah karena sebelumnya ia sudah banyak menerima materi disekolah.

Misalnya pada saat sekolah anda sangat menyukai mata pelajaran biologi, maka ketika anda akan kuliah tidak perlu bingung lagi dalam memilih, anda sudah bisa memastikan dan mengambil jurusan biologi sehingga bisa mempermudah anda. Itulah beberapa kelebihan yang anda dapatkan jika bersekolah di SMA. Lalu bagaimana dengan SMK? KELEBIHAN SMK

Kelebihan Memilih Sekolah SMK

1. Lebih Banyak Jurusan 
Pro dan kontra SMK lebih baik dari SMA sudah menjadi hal yang lumrah, namun ketika anda memilih untuk bersekolah di SMK maka anda akan mendapatkan kelebihan yang tidak dimiliki sekolah SMA pada umumnya, yaitu banyaknya jurusan. Jika di SMA hanya ada jurusan IPA dan IPS, maka di SMA ada jurusan tata busana, tata boga, farmasi,

2. Banyak Pengalaman 
Orang yang lulus dari sekolah SMK tentunya akan lebih mendapatkan pengalaman dibandingkan dengan mereka yang lulusan dari SMA. Karena pada saat sekolah mereka lebih sering melakukan praktek bukan teori, sedangkan SMA lebih banyak teori dibandingkan dengan praktek. Hal ini tentu akan terlihat sangat jelas bagaimana pengalaman seseorang dengan teori dan bagaimana pengalaman dengan praktek langsung.

3. Bisa Langsung Kerja 
Karena sudah terbiasa bekerja dalam bentuk praktek maka lulusan ini akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Misalnya seseorang yang mengambil jujuran tata busana, ketika lulus dia bisa lengsung bekerja dengan merancang busana dan bekerjasama dengan orang lain.

4. Membuka Usaha Sendiri 
Memiliki kemampuan dan keahlian tentu menjadi modal tersendiri bagi mereka. Selain bekerjasama dengan orang lain, lulusan ini juga bisa membuka usahanya sendiri tanpa harus kuliah dan mendapatkan ijazah terlebih dahulu. Seperti contoh pada poin sebelumnya, misalnya lulus dengan jurusan tata busana, maka ketika selesai sekolah bisa membuat usaha sendiri dengan membuka butik.

Itulah beberapa kelebihan sekolah SMK, tidak perlu debat pilih SMA atau SMK karena masing-masih memiliki kelebihan. Tinggal bagaimana anda bisa memilih agar kedepannya kemampuan anda bisa berkembang sesuai dengan apa yang di inginkan. Selain itu hal penting lainnya adalah ilmu yang anda dapatkan sehingga bisa berguna bagi orang lain dan diri sendiri.

0 Response to "Tips Memilih Sekolah SMA atau SMK, Berikut Masing-masing Kelebihannya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel