20 Tips Berpidato di Depan Umum Agar Tidak Grogi

TIPS BERPIDATO DIDEPAN UMUM AGAR TIDAK GROGI _Berpidato merupakan kegiatan dimana seseorang membacakan sambutan atau hal lain dalam bentuk teks maupun tanpa menggunakan teks. Berpidato juga merupakan komunikasi satu arah yang dimana hanya satu orang yang berbicara dan yang lainnya sebagai pendengar.


Berbicara pidato tentu tidak akan lari dari yang namanya komunikasi atau interaksi antara satu dan yang lain. Namun dalam hal ini tidak semua orang mampu berpidato dengan benar dikarenakan beberapa faktor dan yang paling sering kita temukan dilapangan adalah disebabkannya demam panggung yang berlebih atau grogi. Lalu seperti apa contoh berpidato didepan umum dan bagaimana cara mengatasi rasa grogi? Berikut beberapa tipsnya ;

20 Tips Berpidato di Depan Umum Agar Tidak Grogi

1. Berdoa 
Sebelum tampil memberikan pidato, awali terlebih dahulu dengan doa. Minta kepada Tuhan agar diberikan kelancaran dalam segala aktivitas tanpa adanya hambatan.

2. Mempersiapkan Diri 
Sebelum berpidato tentu akan diberi waktu untuk latihan, manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dengan rajin latihan, namun tidak perlu berlebihan agar anda juga tidak merasa tertekan.

3. Mempersiapkan Naskah/Materi 
Selain mempersiapkan diri, anda juga harus menyiapkan naskah atau materi untuk dibacakan. Jika naskah sudah disiapkan oleh panitia atau pihak lain maka anda hanya perlubelajar dengan menggunakan teks lain namun dengan topik yang sama atau sesuai dengan acara yang akan diselenggarakan.

4. Memilih Topik yang Sesuai 
Ketika sudah berada ditempat untuk berpidato, maka apa yang anda sampaikan harus sesuai dan nyambung dengan apa yang sedang berlangsung. Misalnya pada hari itu telah dilaksanakan upacara pengibaran bendera maka yang harus anda sampaikan adalah pidato tentang pentingnya ikut dalam berpartisipasi melaksanakan upacara pengibaran bendera.

5. Menguasai Materi 
Cara berpidato yang baik dan tidak membosankan adalah dengan menguasai materi, jika anda tidak mengusai materi otomatis anda akan terbata-bata dalam menyampaikan pidato sehingga membuat orang yang mendengarkan akan merasa cepat bosan.

6. Latihan depan cermin 
Jika anda tipe orang yang demam panggung berlebih maka cobalah untuk latihan didepan cermin, selain itu anda juga bisa meminta beberapa teman untuk menjadi pendengar anda saat latihan agar terbiasa dan ketika hari H tiba rasa nerveous anda akan berkurang.

7. Atur Pernafasan 
Contoh cara berpidato yang baik adalah dengan mengatur pernfasan agar anda bisa leluasa berbicara, pada saat membcakan naskah usahakan untuk tidak tergesa-gesa agar apa yang anda sampaikan bisa disimak dengan baik oleh pendengar, biasanya orang nerveous ketika membacakan naskah akan tergesa-gesa sehingga pernafan menjadi tidak teratur.

8. Berpenampilan yang Rapi 
”jangan menilai seseorang dari penampilannya” kalimat ini tentu sudah tidak sangat asing bagi kita semua, selain untuk menasehati diri sendiri, kalimat ini juga biasa digunakan untuk menasehati orang lain.

Namun nyatanya hari ini kalimat tersebut sudah tidak berlaku dikebanyakan orang, apalagi ketika pertama kali bertemu tentu hal pertama kali yang akan diperhatikan adalah penampilan. Untuk itu usahakan berpenampilan yang rapi, selain untuk menarik perhatian orang lain, penampilan yang baik akan menunjang rasa percaya dii anda.

9. Berpikir Positif 
Belajar berpidato untuk pemula tentu akan ada beberapa hambatan atau kendala, namun untuk mendapatkan hasil yang baik adalah dengan berpikir positif, ingat yang namanya manusia tidak ada yang sempurna. Ketika anda melakukan kesalahan maka itu adalah hal yang wajar, jangan fokus pada omongan orang lain, jangan biarkan pikiran mempengaruhi sehingga membuat penampilan anda menjadi tidak maksimal.

10. Mendengarkan Musik 
Ketika rasa nerveous anda menjadi berlebihan, usahakan untuk tetap santai. Anda bisa mendengarkan musik favorit sebagai penenang, agar hati anda menjadi lebih tenang.

11. Fokus 
Fokus merupakan bagian yang penting dalam berpidato, ketika anda kurang fokus maka pikiran akan kemana-mana, topik yang anda sampikan pun tak tentu arah hingga membuat pendengar menjadi tidak mengerti. Ketika konsentrasi buyar maka rasa gugup anda akan semakin parah bahkan tidak terkendali.

12. Percaya Diri 
Banyak orang mengatakan bahwa jika ingin melakukan sesuatu maka modal utama adalah keberanian dan percaya diri, berpidato menggunakan teks memang sudah jarang kita lihat, saat ini sudah banyak orang yang berpidato tanpa teks.

Tetapi bagi pemula mungkin akan sedikit sulit jika tanpa teks, namun ada beberapa cara berpidato tanpa teks yaitu hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat konsepan yang singkat, atau langsung saja menyesuaikan dengan kondisi saat itu.

Misalnya pada hari itu sedang memperingati hari kemerdekaan Indonesia maka akn sangat memudahkan anda untuk berpidato meskipun tanpa teks, anda hanya menyinggung tentang jasa para pahlawan atau sejarah tentang memperjuangkan kemerdekaan republik Indonesia.

13. Jangan Takut Salah 
Seperti pada poin sebelumnya bahwa manusia tidak ada yang sempurna, jadi jangan takut untuk salah. Ketakutan ini hanya akan membuat anda menjadi lebih tidak percaya diri untuk tampil dan rasa takut inilah yang akan terus menghantui anda. Jangan pikirkan hasil akhir yang harus anda pikirkan adalah bagaimana anda bisa melakukan yang terbaik tanpa adanya kendala. Yakin dan terus sugesti diri bahwa anda bisa dan mampu untuk melakukannya.

14. Buat Hal yang Menyenangkan 
Buatlah hal-hal yang membuat anda menjadi lebih senang dan rileks, misalnya sebelum berpidato anda sempatkan diri untuk sedikit bercengkrama dengan beberapa teman sehingga anda tidakterlalu kepikiran. Carilah sesuatu yang menyenangkan agar anda tidak begitu tertekan.

15. Salurkan dengan Bahasa Tubuh 
Ketika rasa gugup anda masih ada dan membuat menjadi susah untuk mengeluarkan kata-kata, maka coba bantu dengan menggunakan bahasa tubuh, misalnya dengan menggerakan tangan atau beberapa senyuman agar anda menjadi lebih tenang.

16. Berbicara dengan Jelas 
Saat berpidato hal yang orang lain perhatikan tidak hanya mimik wajah dan intonasi suara tetapi setiap kata yang diucapkan akan disimak dengan baik, maka dari itu pada saat anda menyampaikan pidato maka yang perjelas setiap kata yang anda ucapkan agar bisa diterima baik oleh pendengar.

17. Tatap Mata Audience 
Pada saat berpidato usahakan untuk menatap mata audince untuk meyakinkan mereka tentang apa yang anda sampaikan. Hal ini akan membuat anda semakin percaya diri untuk menyampaikan isi pidato anda.

18. Mencari Saran
Sebelum berpidato, anda bisa mencari orang yang lebih berpengalaman untuk memintai saran atau memberikan contoh berpidato didepan umum atau beberapa cara berpidato sambutan. Saran sangatlah penting agar anda menjadi lebih tau hal-hal apa saja yang perlu dilakukan dan apa saja yang tidak perlu anda lakukan.

19. Lontarkan Humor 
Tidak semua orang berpidato harus serius, agar tidak membosankan ketika anda berpidato, anda harus tahu cara pidato yang menarik seperti melontarkan beberapa kalimat yang lucu untuk menghibur para pendengar. Selain itu kalimat-kalimat seperti ini bisa membuat orang lain menjadi lebih menarik dan penasaran kalimat apa lagi yang akan anda sampaikan selanjutnya.

20. Tersenyum 
Rasa cemas yang berlebih hanya akan membut anda menjadi sulit konsentrasi, pada saat anda memasuki arena panggung cobalah untuk tersenyum, berikan kesan positif pada penonton agar mereka lebih menerima anda, dengan begitu anda akan nyaman pada saat membacakan pidato.

Demikianlah artikel tentang 20 Tips Berpidato di Depan Umum Agar Tidak Grogi, semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk anda semua.

0 Response to "20 Tips Berpidato di Depan Umum Agar Tidak Grogi"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel