19 Cara Melatih Anak Menulis

19 CARA MELATIH ANAK MENULIS_ Anak merupakan anugerah terindah bagi setiap orang, dan sudah menjadi tanggung jawab untuk menjaga, memenuhi kebutuhan dan mendidiknya agar menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang.


Setiap orang tentu ingin anaknya mendapatkan yang terbaik terlebih soal pendidikan. Berbicara soal pendidikan, tidak selamanya anak mendapatkannya disekolah. Orang tua pun memiliki peran penting dalam mendidik anak. Mulai dari membaca, berhitung dan menulis. Lalu bagaimana cara orang tua melatih anak menulis? Berikut beberapa caranya ;

19 Cara Melatih Anak Menulis

1. Cara Memegang Alat Tulis
Sebelum anak belajar menulis, penting orang tua untuk mengajarkan bagaimana cara memegang alat tulis yang baik dan benar. Namun jika anak sulit mengikuti cara yang anda ajarkan, maka biarkan anak belajar dengan caranya sendiri, yang penting ada kemauannya untuk belajar.

2. Cara Menulis yang Baik 
Setelah mengetahui cara memegang alat tulis yang benar, barulah ketahap selanjutnya yaitu cara menulis yang baik dan benar, ajarkan anak untuk menulis dengan rapi sehingga tidak keluar dari garis buku. Biasanya anak akan mengalami kesulitan, untuk itu orang tua bisa memberikan contoh dengan menulis beberapa kata atau angka pada selembar kertas agar nanti bisa ditiru oleh anak.

3. Memilihkan Alat Tulis yang Sesuai 
Ukuran alat tulis akan memberikan pengaruh dalam hasil penulisan, berikan alat tulis yang sesuai dan tidak terlalu besar, terlebih kepada anak yang memiliki tangan kecil. Untuk ditahap awal belajar, jangan berikan anak alat tulis yang panjang, karena hal pensil yang panjang akan membuatnya kesulitan dalam menulis terlebih kepada pemula.

4. Mengenalkan Huruf dan Angka 
Dengan mengenalkan huruf dan angka kepada anak, hal ini juga sekaligus mengajarkan cara mengajari anak menulis dan membaca, ketika anak sudah mengenal huruf dan angka maka akan mempermudah dalam proses belajar menulis.

5. Mulai dari Menulis Huruf dan Angka 
Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda, ada beberapa cara mengajari anak yang susah menulis, ketika belajar tidak perlu langsung dengan menulis kalimat atau paragraf, anda bisa melakukan cara mengajari anak menulis angka dan huruf terlebih dahulu. Selain mempermudah dalam belajar, anak juga akan dengan mudah mengenal huruf dan angka karena sudah terbiasa dalam menulis.

6. Menyambung Garis Putus 
Selain menulis huruf dan angka, anak juga bisa memulai belajar dengan menyambung garis putus-putus, selain melatih kelincahan dalam menulis hal ini juga bisa membuat otot tangan lebih ringan dan tidak kaku sehingga anak menjadi terbiasa dalam menulis.

7. Beri Kebabasan dalam Menulis 
Ketika anak mulai berkembang dalam belajar, coba beri kebebasan dalam belajar. Biarkan anak belajar dengan sendirinya dan jangan terlalu ditekan.

8. Jangan Memaksa Anak 
Sebagai orang tua perlu memperhatikan minat dan kemauan anak dalam belajar, ketika anak sudah mulai jenuh maka sebaiknya orang tua lebih bijak dalam bertindak dan jangan memaksa anak untuk terus belajar. Anak yang belajar dalam keadaan terpaksa tidak akan membuahkan hasil yang baik dan hanya akan membuang-buang waktu. Dalam hal ini orang tua harus pandai membujuk anak agar mau belajar.

9. Sabar dalam Mengajar 
Segala sesuatu yang dilakukan tentunya harus melewati berbagai macam tantangan, tidak hanya anak yang mengalami kesulitan tetapi orang tua sebagai pendidik juga terkadang bisa memiliki kendala dalam menghadapi anak. Mengatasi anak malas menulis disekolah bukan hanya menjadi tanggung jawab guru saja, tatapi peran orang tua juga diperlukan.

Untuk itu orang tua harus lebih sabar dalam mengajar. Ketika orang tua menunjukan rasa kurang semangat dan antusias dalam mengajar maka akan memberikan efek dan anak akan cenderung untuk bersikap sama yaitu kurang semangat dalam belajar.

10. Jangan membatasi 
Setiap orang tua tentu ingin yang terbaik untuk anaknya, saking terobsesinya terkadang orang tua lupa dengan batas kemampuan sang anak dan bahkan memaksa anak agar pencapaiannya bisa sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Hal ini hanya akan membatasi ruang gerak anak, dan sulit untuk berkarya. Sebagai orang tua seharusnya mampu memahami bagaimana agar anak mampu belajar sesuai dengan kemampuan dan kenyamanannya.

11. Ajarkan dengan Cara yang Menyenangkan 
Ketika belajar anak akan lebih semangat bila diberi dengan cara yang menyenangkan, sebagai orang tua harus lebih kreatif dalam mengajar agar lebih menarik perhatian anak. Pada saat belajar, orang tua bisa langsung merangkaikan dengan beberapa cara, misalnya cara mengajari anak membaca dan berhitung agar lebih lengkap dan tidak membosankan. Atau ketika belajar orang tua bisa mengajak anak sambil bernyanyi agar tidak menegangkan.

12. Berikan Pemahaman 
Agar lebih semangat belajar, maka orang tua harus memberikan pemahaman kepada anak akan pentingnya belajar, agar anak memiliki tujuan dan bisa menjadikan sebagai acuannya dalam belajar.

13. Perhatikan Waktu Belajar 
Yang namanya anak kecil tentu akan cepat bosan terlebih jika belajar dengan waktu yang tidak ditentukan, ada beberapa cara yang harus dilakukan orang tua termaksud metode belajar menulis untuk anak TK yaitu dengan memperhatikan waktu belajar. Misalnya dalam sehari anak cukup belajar 30 menit atau sampai dengan 1 jam, sisanya bisa digunakan untuk waktu bermain agar anak tidak merasa bosan dan tidak begitu tertekan.

14. Gunakan Pensil Warna 
Hal lain yang bisa digunakan orang tua dalam mengajar yaitu memberikan pensil warna sebagai alat tulis, belajar tidak harus selalu menggunakan pensil. Selain bisa menarik perhatian anak, dengan menggunakan pensil warna akan terasa lebih menyenangkan bagi anak.

15. Latihan Secara Rutin 
Jika anak ingin lebih cepat dalam menulis, maka belajarnya juga harus dengan rutin. Jika memungkinkan coba ajak belajar anak setiap hari dengan catatan waktu harus lebih ditentukan. Selain itu dengan belajar rutin secara langsung dapat mengajarkan anak akan kedisiplinan dalam belajar.

16. Jangan Memarahi 
Tidak semua keinginan orang tua bisa dipebuhi oleh anak, terlebih bagi mereka yang memang mengalami kesulitan atau lamban dalam memahami pelajaran. Ketika anak melakukan kesalahan, maka sebaiknya orang tua jangan memarahi anak, hal ini hanya akan membuat anak tertekan dan bisa membuat anak menjadi lebih tidak semangat dalam belajar. Dampak lain dari memarahi adalah anak akan menjadi tidak serius dalam belajar dan merasa bahwa usahanya sama sekali tidak dihargai dan cukup berikan nasehat yang baik kepadanya.

17. Memberikan Nilai 
Setiap anak akan sangat tertarik jika setiapapa yang dia kerjakan diberi nilai, ketika belajar cobalah untuk memberikan penilaian agar anak menjadi bersemangat dan lebih berantusias dalam belajar.

18. Memberi Pujian 
pada Anak Selalu berikan pujian atas setiap pencaian anak, agar anak senang. Selain itu pujian dari orang tua akan membuat anak merasa bahwa apa yang dia usahakan selama ini membuahkan hasil dan lebih merasa dihargai atas apa yang dia lakukan.

19. Selalu Motivasi dan Berikan Semangat 
Dukungan dari orang tua sangatlah penting dalam menunjang proses belajar anak, ketika ia merasa mulai bosan belajar maka peran lain orang tua selain mendidik adalah denganmemberikan motivasi dna semangat kepada anak, dengan demikian anak akan lebih terdorong dan terus semangat dalam belajar.

Misalnya dengan memberikan kata-kata bijak yang bisa memicu semangat belajarnya, atau ketika ia lelah setelah selesai belajar orang tua bisa memberikan pelukan hangat sehingga bisa mengembalikan semangat anak.

Demikianlah artikel tentang

0 Response to "19 Cara Melatih Anak Menulis"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel