8 Tips Agar Siswa Gemar Membaca.

8 Tips Agar Siswa Gemar Membaca_ Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisis dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan. Membaca buku memliki banyak manfaat yang luar biasa untuk diri kita . membaca bukan hanya sekedar mendapatkan ilmu pengetahuan dan membuka dengan dunia luar yang lebih luas lagi.


Banyak hal yang lebih dari itu yang bisa didapatkan dari membaca buku. Sayangnya, di Indonesia minat membaca sangat kurang. Masyarakat indonesia lebih suka dalam melihat dibandingkan harus membaca. Padahal membaca itu banyak manfaat, bukan untuk membuka pikiran, tetapi membaca sangat baik untuk kesehatan.

Kegemaran membaca bagi masyarakat, terutama para siswa sangatlah penting. Yang utama sekali adalah membaca buku pelajaran, catatan maupun buku sumber belajar. Kegiatan ini berkaitan dengan hasil belajar siswa. Semakin banyak siswa meluangkan waktu untuk membaca maka semakin bagus pula prestasi belajar siswa.

Jadi membaca buku bagi siswa tidak hanya saat terdesak seperti mau menghadapi ulangan atau ujian sajah di sekolah. Tapi sangat disayangkan minat membaca bagi siswa saat ini terbilang cukup memperhatikan.

Oleh karena itu, orang tua maupun seorang guru harus memotivasi para siswa untuk gemar membaca sejak dini. Menumbuhkan minat baca siswa memang susah – susah gampang. Namu ketika dilakukan dengan cara yang tepat maka semua bisa ditangangi. Kali ini penulis akan meberikan tips agar siswa gemar dalam membaca.

8 Tips Agar Siswa Gemar Membaca. 

1. Menciptakan Suasana Kelas 
Kalau sudah terbiasa membaca, bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun. Namu untuk pemula membutuhkan ruang yang mumpuni, seperti tersediahnya kursi yang nyaman, dan sejumlah buku – buku yang variatif. Didalam kelas, misalnya, coba anda isi dengan buku – buku menarik. Jika diruangan kelas dikelilingi buku – buku perlahan siswa akan tertarik untuk menyentuh bukunya, kemudian membuka, melihat gambar, dan mulai membaca halaman demi halaman.

2. Belajar di Perpustakaan. 
Belajar bagi siswa tidak hanya di dalam kelas atau di ruang kelas sajah. Sekali – sekali mungkin lebih bagus kalau siswa pindah belajar ke ruang perpustakaan. Di perpustakaan akan memberi peluang bagi siswa untuk mencari dan membaca buku yang berkaitan dengan mata pelajaran yang sedang dipelajarai.

Selain itu untuk menciptakan gemar belajar siswa, Penepatan atau lokasi perpustakaan pun sebaiknya jauh dari hiuk piuk. Koleksi buku harus diperbaharui terus setiap bulan, sesuaikan kondisi keuangan dari pihak sekolah, karena dalam penyediaan buku – buku baru yang berkenaan langsung dengan kehidupan siswa sehari – hari, siswa akan menarik minat dalam membaca, hal ini pun akan membuat siswa gemar dalam mebaca buku tanpa harus guru memindahkan jam pelajaranya di perpustakaan. Pada jam istrahat dan dijam – jam kosong pun mereka akan berkunjung diperpustakaan untuk membaca buku.

3. Meluangkan waktu Membaca Sebelum dan Sesudah Pelajaran 
Guru senantiasa memberikan peluang dan waktu agar anak membaca buku suber belajar di awal dan akhir pelajaran. Misalnya sekita 5 atau 10 menit sebelum memulai pelajaran, dan begitupun ketika mengakhiri proses belajar mengajar. Oleh sebab itu guru ata pelajaran mewajibkan siswanya meiliki dan membawa buku mata pelajaran pokok maupun penunjang.

4. Memberikan Tugas Rumah 
Agar Siswa Membaca Siswa lebih banyak memiliki waktu untuk belajar di rumah secara mandiri. Membaca buku catatan, buku pokok dan buku penunjang lainnya. Memberikan tugas rumah bisa dilakukan bukan hanya dengan memberikan pertanyaan – pertanyaan atau soal yang harus siswa kerjakan, namun bisa juga memberikan tugas rumah membaca. Tugas membaca buku pun sudah sangat begitu bagus untuk mendorong siswa gemar membaca. Berikan tugas rumah atau PR pada siswa untuk membaca suatu materi pelajaran atau sumber pelajaran yang lain, kemudian suatu hari mengujinya. Cara seperti itu biasa dilakukan oleh para guru, selain memperlancar cara siswa membaca, akan juga meningkatkan minat baca siswa.

5. Mencari Buku yang Tepat Buat Siswa 
Kadang seorang guru sering menyuguhkan siswa buku – buku yang harus siswa baca. Cara tersebut jangan anda terapkan pada siswa, karena cara itu sudah tidak lagi efektif bagi siswa, malahan dengan cara tersebut akan menumbuhkan kejenuhan terhadap siswa dalam mebaca buku.

Rendahnya minat mebaca buku bisa dikarenakan siswa belum menenuka buku yang tepat. Jika sudah ada jenis buku yang menarik bagi siswa, perlahan – lahan akan timbul minat membaca. Sebagai seorang guru sudah tugasnya untuk membantu siswa dalam menemukan topik yang siswa sukai.

Mulai dari guru, mencari tau hobi siswa, atau mencari tau sesuatu yang digemarinya seperti serial TV. Kemudian mencari buku yang sesuai tema dan karakter yang serupa. Cara ini memang bukan hal yang mudah dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, namu cara itu lebih efektif.

6. Mengevaluasi Kegiatan Belajar Siswa 
Setiap belajar siswa perlu dievaluasi baik secara verbal maupun secara non verbal. Tanyakan pada siswa berapa jam dan berapa buku yang dibaca dala satu hari. Jika waktu dan jumlah buku yang dibaca sangat sedikit, maka anda sebagai guru harus memotivasi siswa untuk meningkatkan waktu mebacanya.
Bisa juga anda memberikan berupa hadia atau penghargaan bagi siswa yang banyak jumlah jam dan buku yang telah dibacanya dalam satu hari. Hal itu bisa memotifasi juga siswa lain yang masi kurang dalam membaca buku, minat belajar siswa akan bertambah sampai mereka gemar dalam membaca buku dalam setiap harinya.

7. Mengadakan Lomba Menulis. 
Selanjutnya untuk membuat agar siswa gemar dalam mebaca yaitu dengan mengadakan lomba menulis. Kenapa lomba menulis? Seseorang dengan menulis secara baik maka dia juga harus menjadi pembaca yang baik.

Ide – ide dan pemikir dari apa yang dibaca itu nantinya akan menjadi bahan untuk diolah hingga nantinya akan menghasilkan tulisan yang bagus. Maka dengan cara ini sangat cocok untuk enumbuhkan minat baca seorang siswa sampi nantinya siswa tersebut akan gemar dalam membaca buku.

8. Memberikan Siswa Tugas Untuk Menceritakan Isi Buku Yang Ia Telah Baca di Depan Kelas 
Tips selanjutnya agar membuat siswa gemar membaca adalah dengan bercerita didepan kelas atas buku yang telah dibaca sebelunya. Guru akan memberikan tugas pada siswa dengan menceritakan buku yang telah mereka baca, dengan memberikan kebebasan untuk mencari topik yang disukainya maka dari situ akan menumbuhkan minat baca siswa.

Cara ini tentu juga merupakan cara yang efektif selain meningkatkan minat baca siswa, akan juga meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk tampil didepan kelas.

Demikianlah 8 tips yang bisa anda lakukan agar siswa dapat gemar dalam membaca dan jangan lupa untuk terus memberikan motivasi pada siswa mengenai pentingnya membaca. Semoga artikel ini dapa bermanfaat untuk kita semua. terima kasih

0 Response to "8 Tips Agar Siswa Gemar Membaca. "

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel