10 Contoh Sikap Toleransi dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Sikap Toleransi dalam Kehidupan Sehari-hari_ Dalam kamus besar bahasa indonesia Toleransi adalah sikap saling menghargai, sikap toleransi merupakan salah satu sikap terpuji dan patut diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Memiliki karakter yang bisa saling bertoleransi adalah hal yang penting karena bangsa indonesia sendiri terdiri dari beragam suku dan budaya sehingga perlu sikap saling menhormati satu sama lain untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

Ada banyak contoh sikap yang mencerminkan perilaku toleransi dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Lantas apa saja contoh cerminan sikap atau perilaku yang mencerminkan sikap toleransi? berikut ulasannya

10 Contoh Sikap Toleransi dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Mengecilkan suara Radio/Tape/HP saat oranglain sedang beribadah
Seperti yang kita ketahui bahwa dib indonesia terdapat beberapa agama, mulai dari agama islam, kristen, hindu, budha dan lain-lain.

Jika pemeluk agama tertentu sedang beribadah sebaiknya volume radio/tape.Hp dikecilkan agar tidak menganggu orang tersebut saat beribadah.

2. Tidak menghina dan mengejek ajaran agama oranglain
Salah satu sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan yang memiliki penganut agama yang berbeda adalah dengan tidak menghina dan mengejek ajaran agama oranglain.

3. Berteman dengan siapa saja meskipun berbeda agama
Dalam lingkungan sekolah dan masyarakat seringkali kita menjumpai seseorang yang berbeda agama dengan kita, dalam kondisi tersebut sebaiknya anda tetap berteman dengan orang tersebut meskipun anda berbeda agama

4. Menghormati perayaan keagamaan yang berbeda agama dengan kita
Setiap agama memiliki hari perayaan, saat hari perayaan agama tertentu yang berbeda dengan agama anda maka sebaiknya anda tetap menghormati dan menghargai perayaan agama lain tersebut.

5. Menolong oranglain meskipun berbeda agama
Sikap saling tolong menolong adalah perilaku terpuji, jangan memandang siapa yang akan anda tolong namun sebaiknya anda selalu berusaha menolong setiap orang meskipun berbeda agama dengan anda.

6. Menjaga keamanan penganut agama lain meskipun mereka minoritas
Di indonesia agama islam merupakan agama yang memiliki penganut terbanyak atau mayoritas, namun meskipun mayoritas kita harus tetap menjaga keamanan penganut agama lain.

7. Silahturahmi dengan tetangga meskipun berbeda agama
Sebagai seorang tetangga yang baik maka sangatlah penting untuk senantiasa menjaga silaturahmi, silahturahmi harus tetap dijaga meskipun kita berbeda agama

8. Tidak menghina Ras atau suku tertentu
Toleransi adalah saling menghargai, salah satu caranya adalah dengan tidak menghina Ras atau suku tertentu, karena seperti yang kita ketahui di indonesia ada banyak ras atau suku, jadi sebaiknya munculkan sikap saling menghormati terhadap sesama meskipun berbeda suku.

9. Tidak memaksa oranglain memeluk agama yang kita yakini
Agama adalah masalah keyakinan, jadi setiap orang memiliki keyakinan berbeda berdasarkan agama yang dipeluknya, jangan pernah memaksa oranglain memeluk agama yang kita yakini karena itu merupakan sikap tidak baik, namun jika anda ingin oranglain mengerti agama yang anda yakini maka sampaikan dengan baik dan bijak.

10. Tidak menghalang-halangi penganut agama lain dalam beribadah
Terakhir contoh sikap toleransi adalah dengan tidak menghalan-halangi oranglain dalam beribadah karena hal tersebut merupakan sikap yang tidak mencerminkan toleransi

Demikianlah artikel tentang 10 Contoh Sikap Toleransi dalam Kehidupan Sehari-hari, semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk anda semua

0 Response to "10 Contoh Sikap Toleransi dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel