13 Contoh Sikap Cinta Tanah Air dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Sikap Cinta Tanah Air dalam Kehidupan Sehari-hari_ Negara republik indonesia merdeka pada tahun 1945 tepatnya pada tanggal 17 bulan agustus, kemerdekaan bangsa indonesia tidaklah diperoleh dengan mudah berdasarkan catatan sejarah bangsa indonesia pernah dijajah selama 3 Abad lebih, rentang waktu tersebut bukanlah waktu yang singkat.

Perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan republik indonesia dilakukan oleh para pahlawan dan segenap bangsa indonesia dengan rela mengorbangkan harta, jiwa dan raganya demi terwujudnya indonesia yang berdaulat.

Kini indonesia telah merdeka dan rakyat indonesia telah menikmati kemerdekaan yang telah diupayakan oleh para pejuang, meskipun indonesia telah merdeka tapi perjuangan belumlah berakhir, ada banyak bentuk perjuangan yang bisa dilakukan oleh generasi muda sebagai bentuk rasa cinta tanah air.

Sebagai generasi muda yang notabene sebagai penerus generasi bangsa maka sangat penting untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air. Lantas apa saja contoh perilaku yang menjadi cerminan sikap tanah air dalam kehidupan sehari-hari? berikut Contoh Sikap Cinta Tanah Air dalam Kehidupan Sehari-hari

13 Contoh Sikap Cinta Tanah Air dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Belajar Bersungguh-sungguh
Salah satu bentuk sikap cinta tanah air bagi generasi muda adalah dengan menjadi pribadi yang rajin belajar agar kelak bisa menjadi pribadi yang bisa memberi manfaat untuk bangsa dan negara. Dengan rajin belajar nantinya kalian akan menjadi manusia yang cerdas secara kognitif, afektif dan psikomotor serta memiliki kompetensi yang memadai agar bisa membawa kemajuan bagi negera republik indonesia

2. Membeli dan menggunakan produk-produk dalam negeri
Selanjutnya cerminan sikap cinta tanah air adalah dengan menggunakan dan berbelanja produk-produk hasil karya anak bangsa, sebaiknya saat ini kalian mengurangi membeli produk luar negeri dan mulai membiasakan diri membeli produk dalam negeri agar prekonomian indonesia bisa maju.

3. Mendahulukan kepentingan negara daripada kepentingan pribadi
Jika dalam suatu kondisi kalian dihadapkan pada sebuah pilihan apakah memilih mengerjakan sesuatu untuk tujuan kepentingan anda pribadi atau melakukan sesuatu demi kemajuan bangsa maka sebaiknya anda lebih mendahulukan melakukan perkerjaan yang bisa memberi kontribusi bagi bangsa dan negaras sebagai salah satu bentuk kecintaan pada bangsa dan negara.

4. Taat membayar pajak
Membayar pajak adalah kewajiban setiap warga negara indonesia, membayar pajak dengan taat dan patuh merupakan sikap yang mencerminkan cinta tanah air. Pajak yang dibayar nantinya uangnya akan digunakan untuk pembangunan dan dinikmati bersama-sama.

5. Tidak Golput (Berpartisipasi ikut dalam pemilu)
Negara Republik Indonesia adalah negara demokrasi dimana dalam pemilihan kepala daerah, kepala negara dilakukan melalui pemilu, dalam pemilihan tersebut setiap ngara yang memenuhi syarat diberi kesempatan untuk ikut berpartisipasi memilih calon pemimpin yang terbaik menurutnya, dengan ikut memilih dalam pemilu maka hal tersebut merupakan cerminan dari sikap cinta tanah air.

6. Menjaga persatuan dan kesatuan
Persatuan indonesia merupakan cita-cita pendiri bangsa, maka sangatlah patut bagi generasi muda untuk ikut terlibat dalam menjaga persatuan dan kesatuan karena hal tersebut merupakan salah satu bentuk sikap cinta tanah air

7. Tidak Rasis
Seperti yang kita ketahui negara republik indonesia terdiri dari suku-suku yang berbeda, agama yang berbeda, kebudayaan yang berbeda, sehingga dengan perbedaan tersebut bukan malah menjadi sumber perpecahan atau menjadi alat untuk saling menghujat namun hendaklah keberagaman tersebut menjadi perekat dan pemerastu, seperti sebuah ungkapan "Bhineka Tunggal Ika" yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu jua.

8. Tidak Korupsi
Koprusi adalah sikap tidak terpuji karena mengambil sesuatu yang bukan menjadi haknya, perilaku korupsi bisa menjadi pemicu ketidakadilan dan tidak tercapainya pembangunan. Maka dari itu jika kalian nantinya menjadi pejabat maka jangan pernah korupsi.

9. Taat aturan
Apalagi contoh kecil sikap cinta tanah air dalam kehidupan sehari-hari? Salah satu contoh sikap cinta tanah air adalah dengan taat aturan, karena sebenarnya aturan dibuat untuk mengatur segala aktivitas warga agar tercipta rasa aman dan tentram.

10. Ikut upacara bendara pada hari senin
Upacara yang dilakukan setiap hari senin adalah sebagai bentuk penghargaan terhadap perjuangan pahlawan sehingga muncul sikap cinta tanah air pada diri setiap orang.

11. Bangga sebagai warga indonesia
Bentuk nyata dari sikap cinta tanah air adalah dengan merasa bangga bisa menjadi warga negara indonesia

12. Tidak berpindah kewarganegaraan
Tidak sedikit warga indonesia memilih untuk pindah status kewarganegaraan, sebaiknya sebagai warga negara atau generasi muda bangsa jangan pindah warga negara

13. Menjaga nama baik Negara Republik Indonesia
Sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnyalah kita menjaga nama baik negara kita tercinta karena hal tersebut merupakan refresentasi dari sikap cinta tanah air.

Demikianlah artikel tentang Contoh Sikap Cinta Tanah Air dalam Kehidupan Sehari-hari, semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk anda semua

0 Response to "13 Contoh Sikap Cinta Tanah Air dalam Kehidupan Sehari-hari"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close