Contoh Sikap Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Sikap Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari_ Dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI) Disiplin berarti Ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan (tata tertib dan sebagainya), sedangkan dilangsir dari Wikipedia disiplin berarti perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya.

Disiplin merupakan sikap terpuji dan patut dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, berdasarkan hasil riset atau penelitian, kedisplinan merupakan salah satu kunci untuk meraih kesuksesan. Dalam kehidupan sehari-hari ada begitu banyak perilaku yang mencerminkan sikap disiplin baik itu di lingkungan sekolah, masyarakat maupun keluarga.

Lantas apa saja contoh cerminan sikap disiplin yang bisa dilakukan di sekolah keluarga dan masyarakat, berikut beberapa contoh Contoh Sikap Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari yang bisa anda lakukan.

Contoh Sikap Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Datang tepat waktu ke sekolah
Salah satu contoh perilaku displin di sekolah adalah dengan datang tepat waktu ke sekolah. Biasanya beberapa siswa terkadang datang terlambat ke sekolah dan hal tersebut bukan merupakan sikap yang displin.

2. Tidak melanggar tata tertib sekolah
Seperti yang kita ketahui bahwasanya di sekolah juga terdapat aturan atau tata tetib yang harus dipatuhi siswa, dengan tidak melanggar tata tertib sekolah hal tersebut juga bisa dikatakan sebagai sikap disiplin.

3. Mengerjakan tugas sekolah tepat waktu
Di sekolah biasanya guru akan memberikan tugas kepada siswanya untuk dikerjakan, dengan mengerjakan tugas tepat waktu maka hal tersebut merupakan contoh sikap displin. Dengan mengerjakan tugas juga akan menghindarkan diri anda dari hukuman guru dan bisa membuat nilai rapor anda bagus

4. Merapikan kembali mainan setelah dipakai bermain
Setiap anak pastinya suka bermain dan memiliki banyak mainan, alangkah baiknya jika setelah bermain, mainan kemudian juga dirapikan agar tidak merepotkan orangtua, dengan selalu merapikan kembali mainan setelah dipakai bermain maka kalian juga termasuk orang yang dipilin.

5. Makan dengan teratur
Makan yang teratur adalah hal yang baik untuk menjaga kondisi tubuh atau kesehatan, sehingga sangat disarankan agar senantiasa makan secara teratur. Dan yang perlu kalian ketahui adalah, makan secara teratur juga merupakan contoh sikap disiplin.

6. Beribadah tepat waktu
Dalam islam terdapat jadwal shalat sebanyak 5X sehari dan masing-masing memiliki waktu yang berbeda. Melaksanakan shalat pada waktunya dan tepat waktu merupakan cerminan sikap disiplin.

7. Datang ke tempat kerja tepat waktu
Dalam dunia kerja biasanya memiliki jadwal atau waktu untuk bekerja setiap harinya, maka dari itu setiap orang yang bekerja harus datang ke kantor sesuai dengan jadwal jam kerja yang telah di tetapkan

Demikianlah artikel tentang Contoh Sikap Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari, semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk anda semua.

0 Response to "Contoh Sikap Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close