11 Cara Membuat Siswa Menjadi Kreatif

11 Cara Membuat Siswa Menjadi Kreatif_ Kreatif adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada. Sezcara umum kreatif adalah suatu kemampuan yang ada pada individu atau kelompok yang memungkinkan mereka untuk melakukan terobosan atau pendekatan – pendekatan dengan cara yang berbeda.


Keaktifan seorang siswa dalam proses pembelajaran sangat penting, kegiatan aktif tidak hannya melibatkan siswa secara fisik belaka, tapi hal yang paling utama adalah keterlibatan, intelektual emosional. Guru sangat berperan penting dalam mengembangkan pemikiran – pemikiran kreatif sesorang siswa. Unutk dapat mengembangkan kreativitas siswa dapat guru lakukan atau dapat di mulai dari hal – hal yang kecil atau sederhanan. Berikut cara membuat siswa agar lebih kreatif dan aktif di sekolah.

11 Cara Membuat Siswa Menjadi Kreatif

1. Melatih Siswa Untuk Bisa Percaya Diri Dalam Berbicara
Keterampilan dalam berbicara tidak terjadi begitu sajah, tetapi butuh latihan berkali kali agar bisa lebih percaya diri untuk bisa berbicara, apa lagi berbicara di depan Seorang guru berperang penting untuk mengembangkan kemampuan berbicara siswa. Melatih siswa untuk bisa berbicara di depan memang tidak muda.

Siswa harus di biasakan untuk berani berbicara. Untuk melatih siswa berani berbicara ialah dengan cara memberikan siswa kesempatan untuk bertaya atau menjawab secara lisan. Pada setiap gegiatan pembelajran berlangsung, guru hendaknya memberikan masalah atau lebih banyak bertanya terhadap siswa, agar merekan bisa menguatarakan apa yang mereka ketahui sebagai jawaban untuk masalah atau pertanyaan yang di ajukan. Selain memberikan siswa keseptanan untuk bertanya dan menjawab suatu pertanyaan.

Bisa juga seorang guru melakukan suatu kegiatan untuk siswa, dengan cara menceritakan pengalaman atau menceritakan buku – buku yang telah siswa baca. Dengan cara ini siswa di latih untuk bisa berbicara di depan dengan orang banyak. Dengan hal – hal kecil seperti ini, sedkiti demi sedkiti bisa mengembangkan atau bisa membuat siswa lebih percaya diri untuk berbicara.

2. Membentuk Belajar Kelompok
Belajar kelompok adalah sebuah model pembelajaran dimana peserta didik belajar bekerja sama bersma teman – temannya dalam sebuah kelompok untuk menyelesaikan masalah atau tugas yang di berikan oleh guru. belajar kelompok merupakan suatu proses mentransfer ilmu yang melibatkan lebih dari satu orang, dimana orang yang satu dengan yang lain saling melengkapi. Manfaat dari belajar kelompok ini sala satunya yaitu membanatu seseorang untuk mengembangkan keterampilan, kreativitas dan komunikasi yang baik. Contohnya memberikan tugas untuk membuat media tiga dimensi. Disitu bisa menciptakan atau memunculkan kreativitas seorang iswa.

3. Mencoba Memanfaatkan Media Visual
Media visual artinya semuah alat peraga yang digunakan dalam proses belajar, yang bisa dirasakan melalui panca indra mata. Media visual sangat penting dalam proses belajar. Karena dengan adanya media visual dapat memperlancar pemahaman siswa dan memperkuat ingatan siswa.

Media visual ini dapat menumbuhkan minat belajara siswa, karena dapat memberikan hubungn isi dari materi pelajaran dengan dunia nyata siswa. Dengan menggunakan media visual ini, siswa selain dapat melihat, siswa juga akan memunculkan rasa ingi tahu untuk mencoba melakukan apa yang telah di lihat, di situ akan tercipta kreativitas – kreativitas siwa di mana saat siswa membuat sesutu yang di inginkannya.

4. Memberikan Pekerjaan Rumah Kepada Siswa Dalam Bentuk Wawancara 
Pada umumnya pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru kepada siswa yakni mengerjakan soal – soal yang dapat membuat siswa itu pusing, cara ini sesungguhnya tidak banyak berpengarih dengan kreatif siswa itu sendiri, sebab siswa hanya akan memilih untuk mencontek pekerjaan temannya ketimbang mengerjakannya sendiri ataupun mengerjakannya secara berkelompok.

Maka jika tujuan kita sebagai guru untuk menumbuhkan kreatifitas siswa kita, cobalah memberikan pekerjaan rumah dalam hal menggali informasi tentang sesuatu hal dilingkungannya. Cara ini akan sangat efektif dalam membentuk kreatifitas siswa, apa lagi jika pekerjaan ini diberikan secara berkelompok.

5. Memperbanyak Diskusi Kelompok 
Diskusi adalah cara siswa agar siswa dapat berinteraksi dengan siswa lainnya, cara ini dapat memicu keinginan siswa yang pendiam untuk berbicara dan mengutarakan pendapatnya. Selain dapat memicu siswa untuk berpendapat, cara ini juga dapat menumbuhkan kreatifitas siswa dalam mencari pokok masalah di dalam kelompok lainnya, kemudia mencoba merangkai kata untuk menyampaikan masalah yang ditemukan kelompoknya.

6. Membiasakan Siswa Untuk Menjelaskan Didepan Kelas diakhir Pelajaran 
Cara membuat siswa kreatif berikutnya adalah, dengan membiasakan siswa menjelaskan didepan kelas, sebab siswa akan secara otodidak akan menyiapkan seluruh kemampuannya dalam menjelaskan, baik materi maupun mentalnya, selain itu cara ini dapat memberikan gambaran kepada guru tentang tingkap pemahaman siswa terhadap pelajaran yang sudah diberikan.

Cara ini dapat diterapkan disemua mata pelajaran yang diajarkan, namun akan ada beberapa kendala yang akan ditemui disana, hal ini dikarenakan tidak semua siswa memiliki kemampuan dalam mengelola mentalnya untuk menjelaskan didepan kelas. Tapi guru tidak perlu khawatir, sebab jika cara ini dilakukan secara rutin diakhir pelajaran maka semua kendala itu akan terselesaikan seiring berjalannya proses belajar mengajar.

7. Memberikan Kesempatan Kepada Siswa Untuk Menyampaikan Pendapatnya 
Pada umumnya hal seperti poin di atas biasa dilakukan diawal pertemuan atau pada proses pengenalan, dimana guru seyogyanya memberikan kesempatan kepada para siswanya untuk menyampaikan pendapatnya tentang metode pembelajaran yang di inginkan oleh kebanyakan siswa di kelas. Dengan demikian siswa akan terbawa kedalam suasana yang mereka inginkan namun tetap dibawah pengawasan guru tersebut. Dengan metode atau cara ini siswa akan merasa memiliki tanggung jawab dan komitmen yang sama didalam proses pembelajaran,

8. Memberikan Tugas Yang Membangun Kreatifitas Siswa
Tugas yang diberikan guru juga dapat membuat siswa menjadi kreatif, ketimbang memberikan tugas untuk mengerjakan soal pilihan ganda atau tugas merangkum materi pelajaran, lebih baik memberikan tugas yang dapat merangsang kreatifitas siswa, misalnya; cobalah memberikan tugas membuat kerajinan tangan, membuat naskah drama, seni tari, menggambar struk tumbuhan dan lain sebagainya. Sebab tugas seperti inilah yang akan merangsang kreatifitas siswa dalam mengerjakan tugas - tugas yang diberikan oleh guru.

9. Berikan Tugas Kepada Siswa Yang Dibarengi Dengan Keharusan Untuk Menjelaskan Tugasnya
Siswa yang sering dan rutin berbicara didepan kelas akan sedikit lebih kreatif dan berani dalam menyampaikan pendapatnya, maka salah satu cara untuk menumbuhkan hal tersebut yakni dengan memberikan tuas disertai keharusan untuk menjelaskan didepan teman – temannya. Cara ini diyakini dapat merangsang kemampuan siswa dalam mengelola masalah secara mandiri.

10. Menumbuhkan Partisipasi Siswa Dalam Kelompok
Ketika guru memberikan tugas dalam bentuk kelompok, biasanya tidak sedikit siswa yang acuh dan apatis terhadap jalannya diskusi, maslah ini kita dapat selesaikan dengan memberikan penekanan kepada siswa yang diam ataupun siswa yang acuh untuk aktif dan berbicara, hal seperti ini akan membuat siswa tersebut bisa berpartisipasi dalam kelompok.

11. Memberikan Tambahan Nilai Kepada Siswa Yang Kreatif 
Biasanya siswa akan merasa termotifasi untuk berbuat lebih jika diberika reward dari guru, reward yang dapat diberikan tidak mesti berupa uang ataupun benda, namun dapat berupa tambahan nilai. Ke semua poin diatas dapat digunakan untuk menumbuhkan kreatifitas siswa, sebab siswa yang kreatif dapat memnciptakan suasana kelas yang demokratis dan aktif. Siswa yang kreatif memiliki keingin tahuan yang tinggi serta kemandirian dalam menyelesaikan masalahnya.

Jadi bagi kalian yang sementara berkeinginan untuk menjadi guru, ataupun sudah menjadi guru, yang saat ini belum memiliki kiat dalam menumbuhkan kreatifitas siswanya, cara diatas dapat kalian gunakan.

0 Response to "11 Cara Membuat Siswa Menjadi Kreatif"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel