Apa Yang Membuat Siswa Malas Belajar? Berikut 8 Penyebabnya

Apa Yang Membuat Siswa Malas Belajar? Berikut 8 Penyebabnya_ Belajar adalah suatu proses atau upaya yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan pola tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap, daya pikir, pemahaman, dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajar. Siswa yang malas belajar bukan sesutu yang asing lagi disetiap sekolah.

Adanya sifat malas belajar pada siswa ditandai dengan banyak indikasi seperti siswa sering bolos, terlambat datang disekolah sering mengantuk, atau menguap pada saat belajar dan keseringan meninggalkan kelas disetiap proses belajar berlangsung, dan masih banyak lagi indikasi lain yang menunjukan siswa telah dihantui rasa malas untuk belajar.

Malas seperti ini perlu dihindari atau dicegah pada diri seorang siswa, sebab malas belajar akan berdapak buruk pada diri siswa, misalnya siswa yang malas belajar bisa tinggal kelas, tidak mendapatkan nilai yang bagus saat ujian atau prestasi belajar sangat rendah. Sudah jelas sifat malas pasti akan merugikan pada diri siswa sendiri.

Hal ini sebenarnya diketahui dan disadari disetiap siswa. Istilahnya siswa tak berdaya melawan sifat malas yang telah melekat pada dirinya. Hal ini ada beberapa penyebab yang mebuat siswa malas untuk belajar.

8 Penyebab Yang Membuat Siswa Malas Belajar 

1. Kecanduan Bermain Game / Beramin Gadget 
Saat ini gadget banyak digemari masyarakat khusunya bagi remaja maupun dikalangan anak – anak. Gadget selalu memunculkan dengan aplikasi – aplikasi terbaru yang mengikuti perkembangan zaman. Inilah yang membuat semakin banyaknya yang menggunakan gadget.

apa lagi pada kalangan pelajar yang hari ini adalah seorang siswa, ada banyak dampak yang ditimbulkan oleh gadget. tak sedikit siswa menyalahgunakan kecanggihan gadget yang seharusya dapat dimanfaatkan semaksial mungkin untuk mempermudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan yang berkaitan dengan pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Akan tetapi saat ini berbanding terbalik. Pada nyatanya siswa menggunakan gadget hanya untuk bermain, sehingga hal ini dapat mengakibatkan siswa menjadii malas untuk belajar.

2. Tidak Menyukai Pelajaran Yang Dibawakan 
Tidak semuah mata pelajaran yang ada disekolah disukai oleh siswa. Beberapa siswa mungkin memiliki mata pelajaran yang ia sukai dan sebagian mata pelajaran yang tidak ia sukai. Hal ini merupakan hal yang wajar bagi disetiap siswa.

Ada siswa yang suka belajar matematika, ada pula yang tidak, ada yang gemar bahasa indonesia, namun banyak juga yang tidak menyukainya. Setiap anak punya minatnya masing – masing. Siswa yang malas belajar bisa juga tidak menyukai pelajaranya, bisa sajah karena pelajaranya yang terlalu susah serta materinya yang membosankan.

3. Kurangya Motivasi belajar siswa 
Hal selanjutnya yang mebuat siswa malas belajar adalah kurangnya belajar motivasi belajar siswa. Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuanya. motivasi diri untuk terus belajar merupakan hal sangat penting untuk disetiap siswa.

Karena dengan motivasi tersebut akan menggunggah anak untuk tetap bersemangat untuk belajar. Sebaliknya, tanpa motivasi tersebut siswa akan merasa sangat sulit untuk memahami materi yang telah dijelaskan oleh guru.mengakibatkan siswa menjadii malas untuk belajar misalnya banyak siswa yang menghabiskan tidur selama pelajaran berlangsung, mengabaikan penjelasan guru, dan lain sebagainya.

4. Guru Mata Pelajaran 
Guru bertugas mengajarkan para siswa tentang budi pekerti, disiplin dan mengajarkan materi – materi pelajaran yang bertujuan dan bermanfaa untuk siswanya dimasa yang akan datang. Sala satu penyebab mengapa siswa malas belajar untuk belajar disekolah yaitu pada guru mata pelajarannya, karena tak semuah guru di sekolah mampu membuat siswanya merasa senang dalam proses belajar mengajar berlangsung.

Setiap siswa menilai bagaimana cara guru mebawakan materi pelajaran, seperti bagaimana sikapnya terhadap siswa, cara menjelaskan pelajaran, dan metode belajar yang digunakan. Seharusnya dalam hal ini ada keterbukaan antara guru dan siswa, agar dapat wengetahui apa dan bagaimana yang harus dilakukan agar terciptanya kegiatan belajar yang menyenagkan.

5. Penempatan Jam Mata Pelajaran 
Penempatan pada jam mata pelajaran yang kurang tepat dapat membuat siswa menjadi malas untuk belajar. ada jam – jam yang tidak tepat yang mebuat siswa rasa mengantuk dan kelelahan yatu jam terakhir menjelang pulang sekolah.

Ditambah lagi penempatan pada mata pelajaran yang kurang tepat dan merupakan mata pelajaran yang dianggap susah untuk ditangkap atau dicernah bagi siswa, seperti mata pelajaran bahasa indonesia kesenian, agama, sangat baik ditempatkan di jam – jam akhir sepulang sekolah.

Sedangkan mata pelajaran yang dianggap susah seperti matematika, bahasa inggris, ipa harus ditempatkan pada jam pagi supaya siswa dapat lebh fokus menerima atau mengikuti pelajaran. Hal bisa disimpulkan bahwa penepatan pada jam mata pelajaran yang kurang tepat dapat mempengaruh semangat siswa untuk belajar, serta siswa malas untuk belajar.

6. Pergaulan / Teman 
Salah satu yang menyebapkan siswa malas belajar adalah pergaulan atau teman main. Seperti kata orang kalau bergaul dengan pedagang bawang ikut bau bawang, kalau bergaul dengan pedagang minyak wangi ikut bau wangi.

Sikap siswa tergantung pada siapa ia berteman. Bergaul atau berteman dengan teman – teman yang malas belajar, siswa juga bisa terpengaruh sehingga dapat menyebabkan siswa balas belajar. Apa lagi pada saat mau belajar, ada teman – teman yang mengajak ia keluar untuk bermain maka ia akan ikut keluar berain. Oleh sebab itu, sangatlah penting dalam memilih teman agar tidak berdampak buruk untuk dirinya sendiri.

7. Situasi Dan Kondis Didalam Kelas 
Suasana kelas yang tidak mendukung dapat juga mebuat siswa menjadii malas untuk belajar, situasi dan kondisi di kelas meliputi dari suasan yang tidak tenang, kebersihan kelas, gangguan dari siswa lain dan suhu didalam ruang kelas. Ketenangan memang sangat diperlukan demi menjaga kosentrasi siswa. Suhu ruangan yang terlalu panas dan tertutup dapat berpengaruh bagi kenyamanan seorang siswa.

8. Siswa Belum Menemukan Cara Belajar Yang Tepat 
Disetiap belajar siswa tentung berbeda - beda. Ada yang muda paham dengan cara ia mendengar, melihat gambar, membaca, dan sebaginya. Rasa malas belajar bisa juga timbul karena siswa belajar dengan metode yang kurang sesuai dengan kemampuannya untuk menyerap suatu ilmu. Oleh sebab itu penting sekali untuk mengedukasi siswa perihal pentignya mengenal diri masing – masing. Kalau siswa suda mengetahui metode belajar yang muda mencernah suatu pelajaran, tentu akan menjadii lebih muda.

9. Terlalu Banyak Bermain 
Terlalu banyak bermain juga dapat menyebapkan siswa jadi malas belajar. misalnya seorang siswa selepas pulang dari sekolah barmain sampai sore. Tiba waktu malam mau belajar terasa lelah dan mengantuk. Akibatnya siswa tersebut lebih memilih kegiatan lain seperti menonton TV, main handphone atau hal lainnya.

Disekolah pun serasa malas untuk belajar. bermain tidak dilarang, tetapi siswa harus membagi waktu antara waktu bermain dan waktu belajar. Sebagai pihak yang meiliki tanggung jawab untuk mengajar disekolah tentunya seorang guru akan menemui rintangan ketika berhadapan dengan siswa yang malas belajar. sudah begitu siapkah anda menghadapi peramasalahan tersebut?

Sedikitnya 8 penyebab yang membuat siswa malas belajar, semoga bisa bermanfaat dan pelajaran untuk kita semua, agar terus melihat kodisi dan keadaan belajar pada siswa. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan pada artkel ini. Terimahkasi

0 Response to "Apa Yang Membuat Siswa Malas Belajar? Berikut 8 Penyebabnya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel