Monday, 5 December 2016

6 Dampak Positif Dan Negatif Internet Bagi Anak

Tags
6 Dampak Positif Dan Negatif Internet Bagi Anak_ Dampak positif dan negatif internet dewasa ini semakin dirasakan, jika tak bijak dalam menggunakan internet bisa jadi akan berdampak negatif terhadap penggunanya. kehadiran internet, memang internet juga memiliki banyak dampak positif bagi aktivitas seseorang. Dahulu beberapa aktivitas membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk menyelesaikannya namun dengan kehadiran internet semakin memudahkan berbagai aktivitas dan pekerjaan seseorang. Keberadaan internet semakin memiliki peran yang signifikan dalam keseharian seseorang bahkan bagi sebagian orang tak lengkap rasanya jika dalam sehari tidak pernah mengakses internet baik itu untuk membuka jejaaring sosial (facebook, twitter, instagram, g+ dan lain-lain) atau mencari refrensi dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan melalui internet.


 6 Dampak Positif Dan Negatif Internet Bagi Anak

Pengguna internet pun tidak hanya sebatas orang dewasa saja melainkan anak-anak juga sudah mahir dalam mengakses internet. Yang menjadi kerisauan adalah dampak negatif yang akan ditimbulkan internet terhadap anak karena anak belum memiliki filter yang kuat untuk memilih dan memilah hal yang positif dan negatif ketika mengakses internet. buktinya selain memberi dampak positif bagi anak internet juga tak sedikit internet telah memberi banyak dampak negatif bagi anak. Keberadaan internet sedikit banyak telah mempengaruhi karakter seorang anak terbukti banyaknya hal negatif yang muncul pada anak yang bersumber dari internet.

Baca juga: 
6 Dampak Positif dan Negatif Gagdet Bagi anak
Internet ibaratkan pisau bermata dua bagi seorang anak, selain memiliki dampak positif internet juga memiliki dampak negatif. apa saja dampak positif internet bagi anak dan apa saja dampak negatif internet bagi anak? berikut ulasannya

6 Dampak Positif Internet Bagi Anak

1. Sumber Belajar Bagi Anak
Salah satu dampak positif bagi anak adalah sebagai sumber belajar, kemudahan mendapatkan informasi dan pelajaran melalui internet membuat anak lebih mudah dalam belajar. selain itu untuk mengakses internet tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, jadi seorang kapan saja bisa mengakses internet jika mau mencari informasi dan refrensi dalam mengerjakan tugas.

2. Sebagai Sarana Hiburan Bagi Anak
Dampak positif lain internet bagi anak adalah sebagai sarana hiburan, karena seperti yang kita ketahui ada banyak fitur atau item dalam internet yang bisa diakses oleh anak seperti main games, tebak-tebakan dll

3. Media Bersosialisasi Anak
selain orang dewasa tak jarang juga telah memiliki jejaring sosial seperti fb, twitter, instagram, dan lain-lain melalui keaktifan dimedia sosial anak-anak akan belajar bagaimana bersosialisasi yang baik melalui dunia maya.

4. Anak Lebih Pekah terhadap Kemajuan Teknlogi
Internet adalah salah satu hasil dari kemajuan teknologi, anak yang sudah bisa mengakses internet secara tidak langsung merasakan kecanggihan teknologi dampak positifnya anak akan memiliki pola pikir yang terbuka tentang manfaat-manfaat teknologi bagi manusia khusunya internet.

5. Menumbuhkan Daya Kreativitas Anak
Ketika anak mengakses internet, anak tersebut akan melihat banyak hal yang menabjukan dan luar biasa. kondisi tersebut akan memunculkan kemampuan berpikir kritis sehingga muncul daya kreativitas dalam dari anak. juga dengan banyak duduk untuk mengakses internet, maka anak akan memiliki koordinasi yang baik antara mata, otak, dan tangan.

6. Mengasah Kemampuan Non Verbal Anak 
Dampak positif internet bagi anak juga akan membantu dalam mengasah kemampuan non verbal anak karena dalam mengakses internet kebanyakan menggunakan simbol-simbol dalam pengopersiaanya. jadi anak akan banyak belajar bahasa-bahasa non verbal ketika sedang mengakses internet.

Demikianlah 6 dampak positif internet bagi anak selanjutnya kita akan mengulas beberapa dampak negatif internet bagi anak.

6 Dampak Negatif Internet Bagi Anak


1. Bahaya konten P*n*ggrafi
seperti yang kita ketahui hal apapun bisa dicari melalui internet, anak yang belum memiliki filter yang kuat dalam membedakan baik dan buruk suatu hal akan mudah terpengaruh dengan tayangan-tayangan negatif dari internet salah satunya konten p*rn*grafi. akibatnya sebagian anak melakukan pelecehan S*ksual terhadap temannya hal ini tak lepas dari kebiasaan menonton konten P*rn*grafi di internet.

2. Kecanduan Internet
Dampak negatif lain internet bagi anak adalah efek kecanduan dalam mengakses internet, misalkan ketagihan main game online, ketagihan mengakses jejaring sosial sehingga membuat anak menjadi budak internet.

3. Informasi yang tak terfilter
Tidak seperti halnya televisi yang memiliki batasan umur tertentu yang bisa menonton suatu tayangan. internet tidak memiliki prosedur yang ketat dalam menyeleksi konten yang sesuai dengan latar belakang umur penggunanya akibatnya berbagai informasi bebas didapatkan meskipun kriteria umur belum mencukupi.

4. Anak sulit membedakan yang mana real dan yang mana abstrak
Pola pikir anak yang masih terbuka membuat mereka konten yang ada di internet seolah nyata dan ada dalam dunia nyata. sehingga terbentuk suatu pola pikir yang sulit membedakan hal yang nyata dan abstrak

5. Membuat anak menjadi pribadi plagiat
Dalam mengerjakan tugas sekolah seorang anak atau sebagian anak tidak lagi berusaha mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh karena dengan adanya internet, anak-anak tinggal mencari tugas melalui internet kemudian langsung mencopinya, sehingga anak-anak menjadi pribadi yang selalu ingin melakukan sesuatu dengan instant dan menjadikan anak pribadi yang plagiarisme.

6. Anak bisa menjadi pribadi yang anti sosial
anak yang kebanyakan mengakses internet juga akan berpengaruh pada perilaku sosialnya, dimana anak mulai kurang melakukan interaksi dengan temannya, lebih banyak menyendiri, dan kurang peduli dengan lingkungan sekitar. akibatnya anak menjadi anti sosial dan kurang mau berteman karena telah memiliki banyak teman melalui jejaring sosial walau pada hakikatnya bersifat maya. 
demikianlah ulasan tentang dampak negatif bisa ditimbulkan internet bagi anak. oleh karena itu sebagai orang tua dan guru haru memberi pemahaman kepada anak tentang dampak kurang baik jika tidak bijak dalam mengakses internet. berikut beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua maupun guru dalam meminimalisir dampak internet bagi anak.

"Cara menganggulangi dampak negatif internet bagi anak"
1. Memberi pemahaman anak tentang dampak negatif internet
2. Mendampingi anak atau selalu mengawai anak ketika mengakses internet
3. Memberi batasan waktu dalam mengakses intenet dalam sehari bagi anak
4. Menanamkan nilai-nilai sosial pada diri anak yang akan memfilter dampak negatif internet
5. Melakukan banyak aktivitas bersama anak seperti berjalan-jalan, bermain, bercerita dan lain-lain untuk mengurangi aktivitas anak dalam mengakses internet. 

Demikianlah 6 dampak positif dan negatif intenet bagi anak serta cara meminimalisir dampak negatif internet bagi anak. namun sebenarnya masih banyak dampak positif dan negatif dari internet terhadap anak namun admin hanya memaparkan secara singkat melalui ulasan 6 Dampak Positif Dan Negatif Internet Bagi Anak. 

1 komentar so far

thanks infonya, memang kita sekarang ini harus menghindari sisi negatif dari internet

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon