13 Cara Menjadi Ketua Kelas yang Baik

13 Cara Menjadi Ketua Kelas yang Baik_  Ketua kelas merupakan sosok yang dimana dipercayakan untuk menjadi pemimpin dalam kelas, mulai dari menertibkan, mengayomi dan memberikan contoh yang baik bagi teman- temannya.

source: Google.com
Terkadang menjadi ketua kelas tidak semudah yang dipikirkan, ada banyak hal yang harus dilakukan sebagai bentuk dari tanggung jawab yang sudah diberikan. Meskipun terlihat gampang, namun ada beberapa cara yang harus dilakukan agar menjadi ketua kelas yang baik dan pastinya disukai guru dan teman-teman. Berikut beberapa caranya ;

13 Cara Menjadi Ketua Kelas yang Baik

1. Memiliki Kemampuan Komunikasi 
Setiap ketua kelas tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab dimana setiap kegiatan yang ada dilingkungan sekolah atau setiap mandat dari teman-teman kelas sebagian besar harus dikomunikasikan dengan guru atau wali kelas, itulah mengapa salah satu syarat utama menjadi ketua kelas adalah dengan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.

Selain itu ketua kelas juga harus mampu menyampaikan pendapat atau keinginan teman-teman kepada guru atau wali kelas, dengan adanya komunikasi yang baik inilah sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman antara siswa dan guru, selain itu komunikasi yang baik akan membangun hubungan baik antara guru dan siswa.

2. Bersikap Tegas
Sikap tegas sudah harus menjadi bagian dari dalam diri setiap orang khususnya ketua kelas, ketika ada teman yang melanggar aturan atau membuat kegaduhan dalam kelas maka sebagai ketua kelas harus melaporkan kepada guru agar diberi hukuman. Namun jika ketua kelas diberi izin atau wewenang oleh guru untuk menghukum teman maka harus sesuai dan tidak menghukum dengan berlebihan.

Menjadi ketua kelas juga jangan berbuat semena-mena, bersikap bijaklah dan jangan menggunakan jabatan untuk berbuat sesuka hati kepada teman-teman, dengan begitu anda akan disukai sehingga bisa menjadi ketua kelas favorit teman-teman anda.

3. Bersikap Ramah
Menjadi ketua kelas tentu akan diberi tanggung jawab lebih dibanding dengan yang lain, dan pastinya harus ada dukungan dari teman-teman agar setiap apa yang dilakukan bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk itu jika ingin disukai maka jadilah ketua kelas yang ramah dan murah senyum baik kepada guru maupun sesama siswa, meskipun tegas anda juga harus membumbui dengan sikap ramah dan sering menyapa agar tidak terkesan galak dan sombong. Bersikap dingin kepada teman-teman hanya akan membuat mereka menjauh karena merasa tidak nyaman, sikap nyamanlah yang membuat mereka menjadi lebih mengandalkanmu sebagai ketua kelas.

4. Adil
Menjadi ketua kelas harus adil berbuat dalam memperlakukan teman-teman sekelas. Misalnya ketika ada kerja bakti dalam pembersihan kelas maka semua harus bekerja, tidak peduli baik yang memiliki jabatan maupun tidak, semua tetap harus mendapatkan bagiannya masing-masing dan jangan menggunakan jabatan sebagai alat untuk memperlakukan teman dengan tidak adil.

5. Bijaksana
Sikap bijaksana tidak hanya disukai oleh guru tetapi teman-teman kelas akan menyukai anda jika memilikinya. Misalnya ketika ada teman yang datang terlambat dan bertepatan dengan piketnya maka sebagai ketua kelas jangan langsung memarahi dan menghukumnya.

Tanyakan terlebih dahulu apa yang menjadi alasannya sehingga datang terlambat, jika memang diharuskan untuk diberi sanksi maka hukumlah sesuai dengan atauran atau kesepakatan bersama sehingga tidak merugikan pihak manapun. Kebijkasaan inilah yang membuat teman-teman akan merasa senang sehingga kata-kata ketua kelas akan didengarkan dengan baik.

6. Mengendalikan Emosi 
Menjadi ketua kelas memang gampang-gampang susah dan menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yangsudah terpilih, yang dimana harus menjalankan tugasnya dengan baik seperti mengawasi teman-teman ketika sedang tidak ada guru didalam kelas dengan tujuan agar tidak terjadi keributan yang bisa mengganggu kelas atau ruangan lain atau mengawasi teman-teman pada saat upacara agar berjalan dengan lancar.

Namun saat-saat seperti inilah kesempatan bagi siswa nakal untuk bermain bahkan membuat keributan dan selalu memancing emosi ketua kelas yang sedang mengawas, disinilah ketua kelas harus mampu dalam mengendalikan emosi agar tidak berbuat kasar atau mengeluarkan kata- kata yang tidak baik kepada teman-teman.

Hal yang harus anda lakukan pada situasi seperti ini adalah dengan bersabar dan memberikan teguran kepada mereka yang membuat keributan, jika sudah ditegur sebanyak 3 kali namun belum ada tanggapan maka harus dilaporkan kepada guru atau wali kelas agar memberikan efek jera, sudah menjadi resiko jadi ketua kelas harus menertibkan teman-teman yang lain.

7. Bertanggung Jawab 
Berani berbuat maka harus berani bertanggung jawab, itulah kalimat yang sering digunakan baik untuk menasehati diri sendiri maupun orang lain. Jika ketua kelas tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik maka dia akan dianggap gagal.

Misalnya menertibkan teman-teman pada saat apel pagi sebelum mengikuti proses belajar mengajar merupakan bagian dari tanggung jawab dari ketua kelas dan biasanya meskipun ketua kelas tidak melakukan pelanggaran tetap akan disalahkan akibat dari perbuatan teman- temannya, disinilah ketua kelas harus mampu bertanggung jawab atas apa yang telah terjadi.

Karena kesepakatan awal sudah menjadi ketua dan kepercayaan teman-taman maka apapun yang terjadi kedepannya ketua kelaslah yang akan bertanggung jwab.

8. Mampu Bekerjasama
Meskipun memiliki banyak tugas, ketua kelas juga harus bisa bekerjasama dengan anggota yang lain misalnya wakil ketua kelas. Jika sudah merasa tidak mampu untuk bekerja maka harus melibatkan wakil ketua agar bisa dikerjakan dengan mudah.

Selain itu sikap wakil ketua kelas juga harus mendukung, jangan hanya karena menjabat sebagai wakil dengan santainya bergantung kepada ketua, kerja sendiri memang akan melatih diri agar terbiasa menjadi lebih mandiri namun bekerjasama jauh lebih baik.

Selain menghemat tenaga hal ini juga bisa melatih kekompakan antara ketua kelas dan wakil ketua kelas. Karena tidak semua harus selalu dilakukan oleh ketua kelas, misalnya ketika ketua kelas tidak sempat hadir atau sedang sakit maka wakil ketua kelas harus mengambil alih dan menggantikannya untuk sementara waktu.

9. Jujur
Kejujuran adalah poin penting yang harus dimiliki oleh setiap ketua kelas selaku pemimpin, ketika ketidakjujuran menjadi bagian dari kebiasaan maka selamanya akan seperti itu sehingga teman-teman yang lain akan kurang menghargai ketua kelas dan kurang percaya meskipun ia berperan penting dalam kelas. Misalnya pada saat ulangan atau sedang ujian sebagai ketua kelas harus memberikan contoh yang baik kepada yang lain dengan mengerjakan soal dengan jujur dan tidak menyontek, dengan begitu anda akan menjadi ketua yang bisa diandalkan baik teman-teman maupun guru.

10. Suka menolong
Ketua kelas merupakan sosok yang sangat diandalkan dan dapat dipercaya oleh teman- temannya, itulah mengapa ketua kelas sangat dibutuhkan untuk beberapa hal. Sebagai ketua kelas yang baik maka harus siap ketika dimintai bantuan atau pertolongan orang lain, menjadi ketua kelas haruslah peka dalam keadaan apapun.

Tidak perlu menunggu dimintai, jika sudah melihat teman kesusahan maka jangan sungkan untuk membantu. Misalnya ketika ada tugas bebarapa teman kelas tidak mengerti anda bisa membantu mengerjakan soal tersebut atau ketika guru hendak keluar kelas dan membawa banyak buku anda bisa membantu mereka.

Ketika hal ini sudah anda jadikan sebagai kebiasaan maka bersiaplah untuk menjadi ketua kelas favorit, tidak hanya disukai teman tentunya guru atau wali kelas akan memberikan apresiasi atas tindakan yang telah anda lakukan.

11. Memberikan Contoh yang Baik
Ketua kelas juga harus memberikan contoh yang baik kepada yang lain misalnya datang tepat waktu, melaksanakan piket harian, mengerjakan tugas tepat waktu, tidak membuang sampah sembarangan, melengkapi atribut, berpakaian rapi, mengikuti upacara bendera setiap hari senin, membayar uang kas, tidak makan pada saat jam belajar, izin kepada guru jika ingin keluar, tidak melanggar aturan sekolah maupun kelas dengan sengaja dan masih banyak lagi.

Karena sebelum menjadi pemimpin dalam kelas tentu diadakan seleksi yang dimana setiap siswa atau calon akan membacakan visi misi ketua kelas, adapun isi visi misi tersebut merupakan poin penting dan sangat berpengaruh atas terpilih atau tidaknya seseorang. Maka setelah resmi terpilih harus memenuhi apa yang sudah dibacakan sebelumnya tentang aturan-aturan yang akan diberlakukan atau hak dan tanggung jawab yang harus di penuhi.

12. Rajin
Menjadi siswa haruslah rajin, apalagi jika sudah diberi kepercayaan untuk menjadi ketua kelas yang dimana memiliki tanggung jawab besar. Ketua kelas harus rajin mengerjakan tugas dan harus selesai tepat waktu, rajin mengikuti upacara, karena dengan menjadi ketua kelas yang rajin anda akan disukai guru dan teman-teman dibandingkan dengan ketua kelas yang suka bermalas-malasan dan tidak mengerjakan kewajibannya dengan benar maka bersiap-siaplah untuk dikudeta.

13. Pandai Begaul 
Menjadi ketua kelas tidak hanya pandai dalam pelajaran tetapi juga harus pandai dalam urusan bergaul, yang dimaksud disini adalah bergaul dalam hal yang positif dan bisa memberikan manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Dengan bergaul anda akan memiliki banyak teman, selain itu anda sebagai ketua kelas akan disenangi teman-teman sekelas dibanding dengan bersikap dingin dan cuek kepada orang lain.

Demikianlah artikel tentang 13 Cara Menjadi Ketua Kelas yang Baik, semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk anda semua.

0 Response to "13 Cara Menjadi Ketua Kelas yang Baik"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel