Tuesday, 14 February 2017

6 Cara Menumbuhkan Rasa Kasih Sayang Dalam Diri Anak

Tags
6 Cara Menumbuhkan Rasa Kasih Sayang Dalam Diri Anak - Perasaan kasih sayang adalah sebuah ungkapan hati manusia untuk mencintai dan menyayangi segala sesuatu yang ada di sekitarnya, setiap manusia memiliki perasaan kasih sayang dalam hatinya hanya saja terkadang pada beberapa orang sifat kasih sayang tersebut kurang nampak karena ada sifat lain yang lebih dominan dalam dirinya misalkan perasaan egois, pemarah, sombong dan lain-lain.

6 Cara Menumbuhkan Rasa Kasih Sayang Dalam Diri Anak

Maka dari itu agar perasaan kasih sayang dalam setiap orang bisa muncul serta dominan nampak pada karakter dan perilakunya maka sejak dini atau sejak dalam usia anak-anak orang tersebut harus diajarkan menjadi pribadi penyayang terhadap sesama. Karena bisa jadi orang yang kelihatannya memiliki pribadi yang kasar, egois, pemarah disebabkan oleh kurangnya afeksi (kasih sayang) dari orang tua sejak masih kecil sehingga anak tersebut tumbuh menjadi pribadi yang terbilang arogan dan kasar.

Baca juga:

Usia anak-anak adalah fase yang sangat tepat dalam membekali anak berbagai perilaku positif, salah satunya rasa kasih sayang terhadap sesama. Jadi apa yang mesti dilakukan oleh orang tua dan guru agar bisa menumbuhkan rasa kasih sayang dalam diri anak? berikut beberapa Cara Menumbuhkan Rasa Kasih Sayang Dalam Diri Anak.

6 Cara Menumbuhkan Rasa Kasih Sayang Dalam Diri Anak

1. Mengajarkan anak untuk peduli terhadap sesama

Salah satu wujud perasaan kasih sayang adalah munculnya perasaan untuk lebih peduli terhadap orang lain baik yang sedang kesusahan atau orang yang membutuhkan pertolongan, misalkan dalam suatu ada siswa yang tidak punya pulpen maka sebagai guru kita mengarahkan atau menasehati siswa kita untuk meminjamkan pulpen kepada temannya tersebut, atau ketika ada pengemis atau orang yang kurang mampu meminta sedekah kita ajarkan kepada anak tersebut untuk berbagi baik dalam bentuk uang, pakaian bahkan walau hanya sekedar mendoakannya. hal-hal kecil yang terus diajarkan kepada anak yang memuat nilai kasih sayang terhadap sesama lama kelamaan akan melembutkan hati anak tersebut sehingga menjadi pribadi yang penyayang.

2. Berperilaku yang santun dan lembut kepada anak

Sifat anak-anak ibaratkan cermin yang berusaha menyamai apa yang ada dihadapannya, jika kita sering bersikap kasar, marah-marah dihadapan anak hanya karena hal sepele atau karena anak tersebut melakukan kesalahan maka hal tersebut bisa membuat hati anak menjadi keras dan membuatnya menjadi pribadi kasar maka dari itu perilaku yang tunjukan dihadapan anak sebaiknya menggambarkan perasaan kasih sayang, misalkan dengan berbicara dengan lembut dan santun kepada anak

3. Mengajarkan anak untuk mencintal alam

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rasa kasih sayang dalam diri anak adalah mengajarkan anak untuk mencintai alam sekitar, misalkan merawat tanaman, mencintai binatang, mengajarkan anak untuk tidak buang sampah sembarangan karena hal tersebut bisa merusak lingkungan. Kalau perlu anda membeli kucing untuk dipelihara atau tanaman hias di sekita rumah dan menugaskan anak untuk merawat binatang dan tumbuhan tersebut sepenuh hati. Dengan melakukan hal tersebut perasaan anak akan menjadi lebih pekah dan penyayang.

4. Memberikan anak bekal ilmu agama.

Agama adalah sumber kasih sayang dengan mempelajari dan memahami dengan benar sudah dapat dipastikan anak akan memiliki hati yang lembut dan penuh dengan kasih sayang, mengajarkan ilmu agama kepada anak bisa dilakukan melalui pemberian nasihat, belajar agama di pesantren, mengajak anak mendengar ceramah dimajelis atau di mesjid. Dengan pemahaman agama yang benar maka ilmu tersebut akan menjadi pedoman dan penuntun anak dalam berperilaku.

5. Memberikan perhatian kecil pada anak.

Terkadang sebagian orang tua mengabaikan perhatian kecil pada anak padahal cukup memiliki pengaruh dalam menumbuhkan rasa kasih sayang dalam diri anak, perhatian tersebut seperti, mengusap kepala anak, mencium anak sebelum tidur, menyempatkan untuk mendengar cerita anak baik cerita menyenangkan maupun cerita sedih dari anak dan beberapa hal kecil lain yang kadang dianggap sepele. Dengan memberikan perhatian yang konsisten kepada anak, maka anak akan merasa disayangi dan muncul lah perasaan yang sama dalam diri anak untuk mencintai dan menyayangi orang lain.

6. Mengajak anak jalan-jalan di tempat yang tidak biasa

Tempat yang tidak biasa adalah tempat yang jarang dikunjungi oleh anak namun memiliki nilai pelajaran dan hikmah yang besar seperti mengajak anak jalan-jalan di panti asuhan, dengan melihat kondisi anak-anak yang lain yang kurang beruntung maka akan muncul rasa iba, empati dan simpati dalam diri anak. anda juga bisa mengajak anak anda jalan-jalan di pemukiman kumuh. Dengan melihat kenyataan tersebut anak akan belajar untuk mencintai dirinnya dan mensyukuri apa yang telah dimilikinya dan memunculkan perasaan dalam diri anak untuk menyayangi orang yang tidak seberuntung dirinya.

Demikianlah 6 Cara Menumbuhkan Rasa Kasih Sayang Dalam Diri Anak yang bisa anda coba aplikasikan kepada anak atau murid anda. semoga artikel bisa menginspirasi dan membantu anda dalam menyelesaikan masalah anda, semoga bermanfaat.

1 comments so far

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon