Tuesday, 14 February 2017

6 Cara Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak

Tags
6 Cara Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak_ Pendidikan adalah hal yang urgen untuk diberikan kepada anak, sejak dini orang tua sebaiknya mempersiapkan pendidikan yang tepat bagi anak mulai dari pendidikan dalam lingkungan keluarga maupun dalam dalam jenjang formal. Pendidikan memiliki banyak manfaat bagi anak mulai dari wadah untuk pembentukan karakter, melalui pendidikan dilembaga formal anak akan belajar bagaimana cara bersosialisasi dengan teman sejawat, mendapat ilmu dan pengetahuan, belajar menjadi pribadi yang displin, mandiri, betanggung jawab dan masih banyak lagi manfaat pendidikan bagi anak.

6 Cara Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak

Oleh karena itu tugas orang tua adalah memilih sekolah yang tepat bagi anak agar segala kemampuan anak baik kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor bisa tereksplorasi secara maksimal. Memilih sekolah untuk anak harus memiliki acuan atau pedoman, jangan asal-asalan dalam memilih sekolah untuk anak, apalagi memiliki persepsi "asalkan anak bisa sekolah", pemikiran tersebut cukup keliru karena kualitas sekolah yang ditempati anak menuntut ilmu akan sangat berpengaruh pada masa depan anak.

Baca juga
 
Jadi bagaimana cara memilih sekolah yang tepat untuk anak? dalam artikel ini akan diulas dengan seksama bagaimana sebaiknya memilih sekolah yang baik untuk anak anda, agar anak anda bisa menjadi anak yang berprestasi dan menjadi kebanggaan keluarga. berikut ulasannya:

6 Cara Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak


1. Pilih sekolah yang terintegrasi atau terpadu

apa sih yang dimaksud sekolah terpadu? sekolah terpadu adalah sekolah yang menempatkan SD, SMP dan SMA dalam satu atap atau dalam satu ruang lingkup, apa keuntungan menyekolahkan anak di sekolah yang terpadu? Keuntungannya adalah anak anda bisa memiliki banyak kenalan atau teman baik dari tingkatan SD, SMP dan SMA. selain itu misalkan anak anda masih duduk di bangku sekolah dasar atau sekolah menengah pertama ketika lulus, dia sudah tidak canggung lagi ketika melanjutkan pendidikan di SMP atau SMA karena mereka sudah saling kenal satu sama lain jadi perilaku bully atau ospek yang biasa dilakukan oleh kelas yang lebih tinggi terhadap murid baru bisa diminimalisir. Selain itu jika anda menyekolahkan anak anda di sekolah terpadu akan membuat ilmu dan pengetahuan yang dipelajari anak akan lebih terstruktur karena kurikulum sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA dikelola oleh lembaga yang sama, jadi dalam penerapannya akan lebih terarah dan terstruktur dengan jelas.

2. Memilih sekolah yang menerapkan full day school.

Full day school adalah kegiatan belajar yang dimulai dari jam 07.30 sampai jam 16.00, kelebihan full day school bagi anak adalah anak akan memiliki waktu belajar yang lebih banyak, anak juga akan banyak menghabiskan waktu di sekolah sehingga banyak melakukan interaksi positif baik dengan temannya maupun dengan gurunya melalui kondisi tersebut karakter anak akan lebih cepat terbentuk dan kegiatan full day school juga membuat anak kurang bergaul dengan lingkungan masyarakat sehingga meminimalisir pengaruh negatif dari lingkungan masyarakat karena usia anak-anak atau remaja adalah usia dimana anak muda terpengaruh oleh keadaan sekitarnya. Dengan memaksimalkan pembentukan karakter anak akan membuat anak memiliki filter atau pondasi yang kuat untuk menolak pengaruh negatif ketika telah tamat dari sekolah.

3. Memilih sekolah yang transparan dan akuntabel

Salah satu aspek yang mesti diperhatikan ketika meilih sekolah untuk anak anda adalah apakah sekolah tersebut memiliki manajemen yang terbuka atau transparan, seperti ketika ada pungutan atau pembayaran yang dibebankan kepada siswa, sekolah menjelaskan secara rinci tujuan pungutan tersebut. Sekolah yang menjunjung tinggi aspek transpransi sangat kecil kemungkinan akan terjadi pungutan liar (pungli) yang meresahkan siswa dan orang tua. Dan ketika ada dana sekolah dari pemerintah akan lebih tepat sasaran misalkan dana bos yang digunakan sebagaimana mestinya, dana gratis, dana dari yayasan dan lain-lain.

4. Sekolah yang dilengkapi dengan sarana prasarana yang memadai

Tidak dapat dipungkiri bahwa kelengkapan sarana dan prasarana sekolah menjadi salah unsur dalam maksimalnya pendidikan dan pembelajaran di sekolah, jenis prasarana yang sebaiknya anda perhatikan disuatu sekolah seperti tempat beribadah, fasilitas olahraga, perpustakaan, taman bermain dan kelengkapan sumber dan media pembelajaran. hal yang cukup urgen yang mesti anda perhatikan disuatu sekolah apakah di sekolah tersebut terdapat tempat ibadah karena dengan adanya tempat ibadah mengindikasikan sekolah tersebut serius dalam penanaman akhlak kepada anak didiknya.

5. Memiliki tenaga pendidik yang profesional

Sekolah yang baik ditandai dengan guru atau tenaga pendidik yang mengajar di sekolah tersebut yang profesional, profesional maksudnya adalah guru yang mengajar di sekolah tersebut mengajarkan mata pelajaran sesuai latar belakang pendidikannya karena tak jarang kita menemukan guru dengan latar belakang pendidikan A justru mengajarkan mata pelajaran B, meskipun guru tersebut telah memahami bagaimana cara mengajar tapi bisa jadi kompetensi mengajarnya belum maksimal karena mengajar pada bidang yang tidak sesuai latar belakang pendidikannya.

6. Memilih sekolah sesuai bakat dan minat anak

Terakhir yang mesti anda perhatikan dalam memilih sekolah untuk anak anda adalah perhatikan terlebih dahulu apa bakat dan minat yang dimiliki anak anda, misalkan anak anda memiliki bakat dan minat pada bidang olahraga maka anda bisa mempertimbangkan untuk menyekolahkannya di sekolah keolahragaan, atau jika anak anda memiliki kecendrungan suka pada hal yang bernilai seni maka anda juga bisa mempertimbangkan untuk menyekolahkannya di sekolah keolahragaan.

Demikianlah ulasan singkat 6 Cara Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak agar potensi dan kemampuan anak bisa maksimal tereksplorasi. Peran orang tua sangat urgen dalam mengarahkan anak dalam menggapai kesuksesannya jadi selalu beri perhatian untuk anak anda, karena perhatian adalah salah satu bentuk kasih sayang orang tua kepada anaknya yang dengan perhatian tersebut perasaan hormat, iba, empati seorang anaknya menjadi lebih kuat. semoga artikel ini bermanfaat

4 komentar

Semoga semua sekolah di Nusantara minimal mampu memberikan standar layanan minimal bagi seluruh anak negeri.
Salam blogging mas

terima kasih infonya, sebab saat ini banyak orang tua yang kebingungan memilih sekolah untuk ananknya

wah, jadi tambah, informasi..
terimakasih gan..

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon