7 Tips agar menjadi orang yang produktif

Tips agar menjadi orang yang produktif_ jika kita mencoba mencermati makna dari produktif, untuk menggambarkan aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang, maka bisa dikatakan bahwa produktif adalah mampu menghasilkan ide, karya, serta melakukan aktivitas yang memiliki manfaat baik untuk dirinya maupun untuk lingkungan.


Pastinya sebagai orang yang memiliki perspektif yang visioner kita berharap bisa menjadi orang-orang yang produktif, sehingga keberadaan kita dan aktivitas kita menghasilkan value atau karya.

Menjadi orang produktif butuh pembiasaan, seperti sebuah ungkapan ala bisa karena biasa. Jadi ada beberapa tips yang bisa kalian implementasikan, untuk memaksimalkan sehingga menjadi orang yang produktif, berikut tipsnya:

1. Memiliki mindset yang benar
Bisa dikatakan bahwa mindset atau cara pandang seseorang sangat mempengaruhi aktivitas atau perilakunya. Seperti kata orang bijak "hati-hati dengan pikiranmu karena itu akan menjadi perkataan, hati-hati dengan perkataanmu karena bisa jadi menjadi sebuah perilaku dan hati-hati dengan perilakumu karena bisa jadi akan menjadi karakter dirimu.

Jadi untuk menjadi orang produktif, mulailah dengan membangun mindset yang benar, misalnya saja memiliki pemikiran yang ingin bisa berkarya, melakukan aktivitas yang positifdengan begitu pikiran-pikiran tersebut akan menjadi sugesti bagi diri kalian untuk benar-benar berbuat atau bertindak sesuai dengan mindset yang terus kalian tanamkan dalam pikiran.

2. Punya target jangka pendek dan jangka panjang
Tips agar menjadi produktif selanjutnya adalah sebaiknya Anda punya target yang mau kalian selesaikan dalam jangka dekat yang punya target yang ingin kalian selesaikan atau capai dalam jangka panjang, dengan begitu kalian akan berusaha melakukan hal-hal yang bisa membuat target-target tersebut bisa terwujud.

Implikasi dari target-target yang anda buat pada aktivitas dan tindakan anda, membuat pribadi anda menjadi lebih atraktif sehingga tidak stagnan. Target yang kalian buat bagusnya dibuat dalam bentuk list dan ditempel di dinding kamar kalian agar kalian senantiasa bisa melihat target-target tersebut, dan juga list-list target tersebut bisa menjadi pemantik bagi kalian untuk terus semangat dan optimis.

3. Bergaul dengan orang-orang yang produktif
Teman memiliki pengaruh yang sangat besar dalam membentuk karakter anda, jadi jika anda ingin menjadi orang yang produktif maka carilah teman yang juga dari karakternya dan perilakunya mencerminkan bahwa dia orang-orang yang produktif, namun bukan berarti kalian menolak untuk berteman dengan orang-orang yang pemalas atau orang-orang yang memiliki visi berbeda dengan anda.

Seperti sebuah ungkapan bertemanlah dengan siapa saja, namun bergaul lah dengan orang-orang yang memiliki integritas. Artinya kebanyakan waktu yang sebaiknya Anda habiskan untuk bergaul dilakukan dengan bersama orang-orang yang produktif.

4. Memulai dari hal yang paling sederhana
Tidak ada sesuatu hal yang besar bisa dicapai dengan instan, bahkan mie instan pun perlu proses untuk bisa dimakan, mulai dari memanaskan air, memasak mie, menyajikan di loyang atau mangkok waru kemudian bisa dimakan

Apa makna dari ungkapan yang berusaha penulis sampaikan di atas, bahwasanya ketika kamu ingin menjadi orang yang produktif itu butuh proses, maka dari itu bijaknya merubah diri menjadi produktif sebaiknya dimulai dari hal yang paling sederhana, misalnya mulai dari diri sendiri seperti jika biasanya jarang berolahraga maka mulailah berolahraga, karena olahraga merupakan aktivitas yang produktif, setelah kalian mampu melakukan hal-hal produktif yang sederhana maka lanjutkan kepada hal-hal produktif yang lebih rumit.

5. Banyak belajar
Orang kaya bisa mendapatkan kekayaannya pasti dari proses belajar, pejabat bisa menduduki jabatan yang tinggi pasti dimulai dari proses belajar. Maka dari itu hal tersebut sudah bisa menjadi gambaran bagi kita bahwasanya, untuk mencapai hal-hal besar kita harus belajar, belajar dan terus belajar.

Saat ini untuk belajar bisa dilakukan dari mana saja kapan saja, dengan modal kuota internet kalian bisa belajar di YouTube tentang konten-konten yang berhubungan dengan hal produktif, langsung belajar kepada praktisi yang sudah tidak diragukan lagi produktivitas yang dilakukan.

Sebuah ungkapan jadikan siapa saja sebagai gurumu dan jadikan setiap tempat sebagai sekolah bagi dirimu. Jika engkau bertemu dengan orang baik belajarlah darinya tentang kebaikan-kebaikan dan bagaimana pandangan orang terhadap orang baik, jika engkau bertemu dengan orang yang kurang baik tetaplah belajar darinya bahwasanya jika menjadi orang tidak baik maka kemungkinan kita tidak disenangi oleh orang lain.

6. Ikut seminar pengembangan diri
Saat ini sedang marak diadakan seminar-seminar untuk pembentukan di karakter atau pengembangan diri, termasuk juga untuk menjadi pribadi yang produktif walaupun terkadang seminar tersebut berbayar, namun tidak ada salahnya kamu menginvestasikan sebagian uang yang kamu miliki dengan value yang kalian dapatkan adalah karakter dan perspektif, tentang bagaimana membangun mindset untuk menjadi orang yang produktif.

Dan di era digital seperti saat ini seminar-seminar pengembangan diri biasanya ada yang dilaksanakan secara online namun kadang juga ada yang dilaksanakan langsung secara tatap muka. Tinggal kalian pilih saja mana yang menurut kalian sesuai dengan kebutuhan belajar dan gaya belajar kalian jika ingin praktis dan fleksibel belajar di mana saja dan kemana saja maka kalian bisa ikut seminar online tapi ketika kalian lebih suka dengan belajar lebih intensif untuk pengembangan diri maka kalian bisa ikut seminar tatap muka.

7. Manajemen waktu yang baik
Kemampuan anda dalam manajemen waktu baik dalam satu hari satu minggu bahkan 1 bulan juga akan berpengaruh terhadap produktivitas kalian. Alangkah baiknya kalian membuat schedule atau agenda apa yang akan kalian kerjakan esok hari supaya dengan adanya schedule tersebut kalian bisa menentukan skala prioritas melakukan sesuatu sesuai dengan target harian yang ingin kalian capai.

Namun untuk manajemen waktu dengan baik itu butuh pembiasaan diri, jadi Jika kalian ingin berubah maka mulailah dari diri sendiri kalian harus mampu membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan, sehingga kalian bisa menentukan skala prioritas.

0 Response to "7 Tips agar menjadi orang yang produktif"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close