Saturday, 4 February 2017

7 Cara Mendidik Anak Agar Lebih Disiplin

Tags
Cara Mendidik Anak Agar Lebih Disiplin_ Perilaku seseorang dikala masih kanak-kanak adalah cerminan bagaimana pribadi orang tersebut setelah tumbuh dewasa. Hal ini memang benar adanya karena masa kanak-kanak adalah fase pembentukan karakter, dengan didikan yang tepat diusia belia akan menjadikan anak tersebut lebih berkarakter dan tidak mudah terpengaruh oleh berbagai hal negatif dari lingkungan sekitarnya. Salah satu perilaku yang sangat penting diajarkan kepada sejak dini adalah bagaimana menjadi pribadi yang disiplin. sikap displin yang telah dimiliki anak sejak dini akan menjadi modal besar untuk kesuksesan anak di masa depan dan terbukti bahwa tak sedikit orang-orang yang menjadi sukses karena menerapkan pola hidup disiplin dalam hidupnya.


Baca juga :
6 Cara Mengetahui Bakat Dan Minat Anak Sejak Dini 
7 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran

Namun tak jarang kita menemukan anak yang kurang displin, hal ini disebabkan oleh cara guru dan orang tua yang kurang tepat dalam mendidik anak serta pengaruh dari lingkungan tempat anak menghabiskan banyak waktu untuk bersosialisasi. Jika perilaku indispliner dibiarkan saja pada anak bukan tidak mungkin akan menjadi kendala dan penghabat dari kesuksesannya dimasa yang akan datang. Oleh karena itu dalam artikel ini penulis akan berbagi tips bagaimana cara mendidik anak agar bisa lebih disiplin, Apa-apa saja yang mesti dilakukan baik orang tua maupun guru dalam mendisplinkan anak? berikut ulasannya:

"7 Cara Mendidik Anak Agar Lebih Disiplin"

1. Mendidik anak untuk tidak selalu menunda-nunda pekerjaan
Sering menunda pekerjaan adalah cikal bakal munculnya sikap kurang displin dalam diri anak, oleh karena itu sebaiknya orang tua menasehati untuk segera menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang diberikan sesegara mungkin, dengan terbiasa menyelesaikan tugas tepat waktu membuat perilaku disiplin muncul perlahan dalam diri anak.

2. Mengatur/ Membuat jadwal kegiatan sehari-hari.
Hal yang juga bisa dilakukan orang tua untuk mendidik anaknya menjadi displin adalah meminta anak membuat jadwal kegiatan yang akan dilakukan sehari-hari. Dengan memiliki jadwal kegiatan yang sudah jelas membuat pola hidup anak lebih teratur dan dapat menyelesaikan setiap tugas/pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

3. Mengajarkan anak pentingnya menghargai waktu
Ada ungkapan yang mengatakan "waktu adalah emas" ungkapan tersebut menyiratkan bahwa setiap detik menit dan jam sangat berharga. Hal tersebut juga sebaiknya diajarkan kepada untuk lebih menghargai waktu dan mengurangi kegiatan yang kurang bermanfaat. Dengan memahami betapa pentingnya dan berharganya waktu anak akan lebih mengatur jadwal kegiatannya agar setiap waktunya bisa digunakan untuk melakukan hal yang bermanfaat.

4. Menasehati anak untuk belajar dari kesalahan dan kegagalan
Mendidik anak menjadi displin juga bisa dengan cara menasehati anak tentang kesalahan dan kegagalan yang dialami akibat kurang disiplin. dengan menyadari kesalahan dan kegagalan yang dialami akibat tidak disiplin, anak akan berusaha menjadi lebih displin agar bisa terhindar dari kesalahan dan kegagalan.

5. Memotivasi anak untuk memiliki mimpi besar.
Mimpi atau cita-cita bisa menjadi motivasi bagi anak untuk bersungguh-sungguh dalam setiap usahanya agar mimpi atau cita-cita tersebut bisa terwujud. Dengan memiliki mimpi anak-anak akan lebih memanajemen setiap waktu dan kegiatannya, selain itu sikap displin akan muncul dengan sendirinya karena adanya tujuan besar yang ingin dicapai yakni cita-cita yang ingin diwujudkan.

6. Membuat aturan dalam keluarga.
Agar sikap disiplin bisa terus dipraktikan dalam diri anak juga bisa dilakukan dengan cara membuat aturan dalam keluarga yang disepakati oleh setiap anggota keluarga. misalkan anak harus membersihkan tempat tidurnya sendiri, harus bangun sebelum jam 6 dll. aturan yang dibuat untuk mendidik anak menjadi displin bisa disesuaikan dengan kondisi keluarga masing-masing.

7. Memberi contoh konkret pada anak
Langkah terakhir yang bisa dicoba adalah dengan menjadi contoh bagi anak bagaimana menjadi orang yang disiplin. karena adalah tidak lumrah jika kita berharap anak menjadi disiplin padahal kita sebagai orang tua sendiri yang kadang kurang disiplin.

Demikianlah 7 Cara Mendidik Anak Agar Lebih Disiplin yang bisa menjadi refrensi bagi anda dalam mendidik anak sehingga bisa menjadi lebih displin. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

1 comments so far

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon