8 Dampak Negatif Malas Belajar Bagi Diri Sendiri

8 Dampak Negatif Malas Belajar Bagi Diri Sendiri_ Belajar sudah menjadi kebutuhan setiap orang yang dimana dari tidak tahu menjadi tahu, karena dengan belajar kita bisa mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dengan tujuan agar dapat meningkatkan kualitas tingkah laku manusia dalam bentuk keterampilan, sikap positif, pengetahuan, dan masih banyak kemampuan lain yang bisa ditingkatkan melalui belajar.


Namun secara umum ada tiga tujuan utama belajar yaitu ; untuk memperoleh dan meningkatkan pengetahuan, menanamkan konsep dan keterampilan, serta dapat membentuk sikap seseorang. Ada beberapa ciri-ciri yang dapat menggambarkan belajar yaitu ; memiliki tujuan yang terarah, perubahan dapat terjadi secara sadar, bersifat aktif dan positif, menetap, fungsional dan kontinu, dan dapat meliputi segala aspek tingkah laku seseorang.

Belajar juga memiliki 8 jenis yaitu ; belajar pengetahuan, belajar apresiasi, belajar dalam pemecahan masalah, belajar tentang kebiasaan, belajar akan sosial, belajar tentang keterampilan, belajar abstrak, dan belajar rasional.

Belajar tidak mesti selalu didampingi oleh guru, anda bisa belajar secara otodidak yang dimana bisa membuat anda menjadi murid yang mandiri, bisa mengajarkan untuk disiplin dalam mengatur waktu belajar, dapat mengajarkan agar berfikir dengan cara baru dan kreatif, akan meningkatkan rasa penasaran dan ingin tahu yang lebih banyak sehingga memicunda untuk terus dan terus belajar.

Meskipun manfaat belajar sudah terpampang jelas masih ada saja orang yang masih malas dan mengabaikan akibat malas belajar bagi diri sendiri. Lalu apakah akibat bagi orang yang malas belajar? Berikut beberapa dampak negatif jika malas belajar bagi diri sendiri maupun orang lain.

8 Dampak Negatif Malas Belajar Bagi Diri Sendiri

1. Nilai Rendah 
Belajar merupakan hal yang paling utama jika ingin mendapatkan nilai yang tinggi atau nilai diatas rata-rata, tanpa belajar anda tidak akan mendapatkan apa-apa. Malas belajar biasanya menyebabkan diri menjadi malas mengerjakan tugas dan malas ke sekolah sehingga menyebabkan anda mendapatkan nilai rendah. Perlu diketahui bahwa nilai rendah tidak hanya berpengaruh di sekolah namun akan membuat anda sulit untuk diterima di perguruan tinggi atau universitas dalam melanjutkan pendidikan, karena nilai salah satu poin penting dan salah satu syarat diterima dan tidaknya anda disuatu universitas.

2. Mengecewakan Banyak Orang 
Dampak malas belajar bagi orang lain tentu akan terlihat jelas ketika anda malas belajar, yaitu kedua orang tua yang sudah banting tulang menyekolahkan anda namun yang mereka dapatkan hanyalah kekecewaan. Selain orang tua, guru anda disekolah juga akan merasa kecewa dengan sifat pemalas anda dan akan merasa bahwa beliau belum berhasil dalam mendidik anda selama ini.

Orang yang malas tentu saja akan dijauhi dan tidak disukai orang lain, misalnya ketika ada tugas kelompok tetapi karena anda malas datang untu belajar tentu saja akan menimbulkan kesan negatif dari teman-teman sekelas nda.

Atau ketika ada pengajian atau kajian yang di adakan di sekolah tetapi lagi-lagi anda malas belajar dan memutuskan untuk tidak mengikuti tentunya akan mendapatkan hukuman dari pihak sekolah.

3. Kurangnya Ilmu 
Ketika dalam menempuh pendidikan ada banyak harus yang dipelajari sehingga mewajibkan anda untuk rajin membaca. Lalu apa saja kerugian jika kita malas membaca?. Orang yang malas membaca tentu akan cenderung memiliki wawasan yang rendah, mudah ketinggalan informasi, dan parahnya dapat memicu kebodohan.

Mulailah perbiasakan diri membaca sejak dini dan pahami akan pentingnya membaca. Dengan membaca dapat menstimulasi otak karena dengan membaca mampu merangsang mental bahkan bisa mencegah penyakit demensia dan Alzheimer, dapat mengurangi stress, menambah pengetahuan dan wawasan, menambah kosakata, meningkatkan kualitas memori, melatih keterampilan menganalisa dan berfikir, meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Dengan membaca melatih menulis dengan baik, meluaskan pemikiran, meningkatkan hubungan sosial, mencegah penurunan fungsi kognitif, untuk terhubung dengan dunia luar karena buku adalah jendela dunia.

4. Sulit Mengerjakan Soal 
Ketika anda malas belajar baik sedang menghadapi ujian maupun tidak, maka anda akan merasa kesulitan dalam mengerjakan sola-soal latihan maupun ujian karena tidak terbiasa dimana selalu diselubungi rasa malas dan enggan untuk berbuat terutma dalam hal belajar.

Dampak ini merupakan salah satu dari 5 kerugian akibat malas belajar, ketika anda sudah tidak mampu mengerjakan soal-soal latihan maupun ujian tentu saja akan berdampak pada nilai dan bisa beresiko tinggal kelas bahkan tidak lulus dalam ujian.

5. Menjadi Bodoh 
Ketika anda memutuskan untuk bermalas-malasan maka anda harus menerima konsekuesi kalau tidak belajar yaitu kebodohan dan sudah pasti penyebab utamanya adalah malas belajar. Selain itu seseorang yang bodoh suka menyalahkan orang lain atas kesalahan mereka sendiri, sering merasa paling benar dan ingin selalu benar, menjadi lebih agresif ketika menghadapi masalah ataupun konflik, cenderung mengabaikan orang lain dan egois, merasa paling baik dan benar dari orng lain, dan semua itu disebabkan dari sifat MALAS.

6. Sulit Menjadi Juara
Juara kelas ataupun juara umum tentu menjadi dambaan setiap siswa, terlebih orang tua. Ketika anda mendapat juara kelas tidak hanya menjadi kebanggaan tersendiri namun keluargapun ikut bangga terutama kedua orang tua. Namun untuk mendapatkan juara kelas tentu saja tidak lepas dari usaha dan kerja keras serta doa.

Tetapi jika anda masih bergelut dan nyaman dalam dunia kemalasan, bagaimana bisa anda menjadi juara kelas? Tentu saja kunci utama dari hasil akhir adalah dengan belajar, belajar dan terus belajar. Sifat malas yang terus anda pelihara akan membuat anda sulit untuk mendapatkan juara.

7. Menjadi Nakal 
Ketika anda malas belajar tentu akan menyebabkan minimnya akan pengetahuan serta pentingnya pendidikan dan cenderung menjadi siswa nakal. Ditambah pergaulan zaman sekarang yang sudah semakin menjadi-jadi baik dikota maupun pedesaan. Ada banyak kenakalan-kenakalan remaja yang bisa dilihat dan menjerumuskan kehal-hal yang tidak di inginkan.

Misalnya tawuran antar pelajar, mengonsimsi miras secara terang-terangan, merokok meskipun masih dibawah usia, mengonsumsi obat-obatan terlarang dan parahnya zina dimana-mana. Hal ini tentu saja bisa menjadi penyebab hancurnya masa depan yang seharusnya menjadi generasi penerus bangsa yang menjadi aset berharga. Selain bisa membanggakan kedua orang tua, bisa menjadi kebanggan nusa dan bangsa.

8. Malas Beribadah
Meskipun telah diketaui tentang pentingnya akan belajar agama dan bagaimana agar mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari Seseorang yang malas tentu akan merasa berat hati dalam melakukan apa saja termaksud dalam beribadah.

Ketika anda malas beribadah maka bersiaplah akan mendapat dampak negatif yaitu lemahnya akan iman, tidak mendapatkan anugerah dari ALLAH SWT, hati menjadi tidak tenang dan selalu dibayangi akan rasa takut, mudah marah, mudah menuruti nafsu akan ajakan setan dan cenderung susah dalam bertoleransi.

Demikianlah artikel tentang 8 Dampak negatif dari malas belajar baik untuk diri sendiri maupun orang lain, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda semua

0 Response to "8 Dampak Negatif Malas Belajar Bagi Diri Sendiri"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel