Cara Mudah Cek dan Mencari NISN Siswa SD, SMP dan SMA Secara Online

Cara Mudah Cek dan Mencari NISN Siswa SD, SMP dan SMA Secara Online_ Hai saudara sekalian, bagaimana kabanrnya? saya harap anda dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah. Okey dalam artikel kali ini saya akan berbagi tips cara cek dan mencari NISN dengan dengan pencarian berdasarkan sekolah maupun pencarian berdasarkan NISN- siswa yang bersangkutan. Namun sebelum kita melanjutkan pada tata cara prosedur pencarian NISN, alangkah baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu apa NISN itu, berserta tujuan dan manfaatnya. berikut ulasannya

Cara Cek dan Mencari NISN Siswa SD, SMP dan SMA Secara Online

A. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) 

1. Pengertian
Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Baca juga: Cara mencari NSS Sekolah SD, SMP dan SMA Terbaru

Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).

2. Tujuan dan Manfaat
a. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
b. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
c. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Cara Cek dan Mencari NISN Siswa SD, SMP dan SMA Secara Online
Baiklah setelah mengetahu apa sih NISN dan apa saja tujuan serta manfaatnya, yuk kita mulai belajar tutorial tentang cara cek dan mencar NISN siswa SD, SMP dan SMA.

A. Bagaimana caranya mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)?
Untuk mengetahui NISN, silakan cek di menu DATA SISWA atau klik pada link ini (http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data) pada situs NISN, setalah anda mengklik link tersebut maka akan muncul tampilan/gambar seperti dibawah ini:


Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mencari data siswa, yakni bisa menggunakan metode pencarian data dengan memasukkan NISN siswa kemudian klik menu "Cari" dan bisa juga mencari NISN siswa berdasarkan Nama siswa yang bersangkutan, seperti ilustrasi gambar di bawah ini;

Berdasarkan kedua kriteria diatas, maka akan muncul siswa aktif dengan NISN-nya. Jika tidak ada sama sekali berarti sekolah belum mendaftarkan siswanya.

B. Pertanyaan seputar NISN;

1. Saya belum memiliki NISN, bagaimana cara memperolehnya?
Dianjurkan terlebih dahulu untuk melaksanakan solusi seperti pada permasalahan sebelumnya (diatas)
Jika siswa tidak ditemukan, silakan download (unduh) Formulir Peserta Didik (F-PD) dan formulir A.1 pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) baru pada situs NISN a.http://nisn.data.kemdiknas.go.id melalui menu FORMULIR PENGAJUAN;
b. Mencetak formulir-formulir tersebut;
c. Mengisi formulir-formulir tersebut secara manual;
d. Menyerahkan kepada operator NISN/NPSN sekolah dimana siswa berasal;
Bagi pihak sekolah dapat mengirim formulir A.1. tersebut ke PDSP melalui email : pdsp@kemdiknas.go.id untuk diberikan NISN.

2. Bagaimana caranya memperbaiki biodata NISN? Karena yang tertera tidak sesuai dengan akta kelahiran?
a. Silakan download (unduh) formulir A.3. Pengajuan Perbaikan Biodata Siswa di situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id  pada menu FORMULIR PENGAJUAN;
b. Mencetak formulir tersebut;
c. Mengisi formulir tersebut secara manual;
d. Menyerahkan kepada operator tingkat sekolah dimana NISN tersebut di terbitkan;
Bagi sekolah, dapat mengirimkan formulir yang sudah diperbaiki tersebut ke  PDSP melalui email : pdsp@kemdiknas.go.id.

3. Di sekolah saya yang sekarang ditanyakan NISN. Padahal pada saat lulus dari sekolah sebelumnya tidak dibekali NISN?
Dianjurkan terlebih dahulu untuk melaksanakan solusi seperti pada permasalahan No.1 diatas;
a. Jika tidak ditemukan, silakan download (unduh) formulir peserta didik (F-PD) dan formulir A.1. pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) baru pada situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id  melalui menu FORMULIR PENGAJUAN;
b. Mencetak formulir-formulir tersebut;
c. Mengisi formulir-formulir tersebut secara manual;
d. Menyerahkan kepada operator NISN/NPSN sekolah asal.
Bagi pihak sekolah dapat mengirim formulir A.1. tersebut ke PDSP melalui email : pdsp@kemdiknas.go.id untuk diberikan NISN.

4. Kartu NISN saya hilang, datanya juga ada yang keliru, bagaimana ini?
Jika terjadi kesalahan, kerusakan atau kehilangan kartu NISN, silakan dilaporkan ke operator NISN/NPSN sekolah dimana NISN tersebut diterbitkan.

5. Bagaimana jika ada 1 orang siswa memiliki 2 (dua) NISN? NISN yang mana yang di digunakan.
NISN yang digunakan adalah NISN yang sudah digunakan sebagai alat administrasi dan validasi oleh siswa di sekolahnya. Jika tidak, NISN yang digunakan adalah NISN yang paling kecil kodenya. Untuk NISN yang tidak digunakan mohon segera melapor ke operator NISN/NPSN sekolah asal untuk segera dihapus.

cara mencari nisn sd, cara mencari nisn siswa yang sudah lulus, cara mencari nisn siswa berdasarkan asal sekolah, cara mencari nisn dengan npsn sekolah, cek nisn melalui nama, cek nisn berdasarkan sekolah, nisn ku, cara mencari nisn seluruh siswa sd

0 Response to "Cara Mudah Cek dan Mencari NISN Siswa SD, SMP dan SMA Secara Online"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close