7 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Baik dan Efektif

7 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Efektif_  Belajar adalah suatu kegiatan yang di lakukan oleh siapa saja dengan tujuan untuk memahami suatu materi, kegiatan belajar merupakan kegiatan yang harus di lakukan secara rutin bagi pelajar maupun mahasiswa dengan kata lain belajar merupakan kewajiban baik belajar mandiri maupun berkelompok.

source: google.com
Setiap orang memiliki waktu berbagai macam aktivitas dan harus di selesaikan sesuai dengan waktu yang telah di tentukan. Beragam aktivitas dan deadline yang dimiliki biasa akan membuat bingung jika tidak terorganisir dengan baik. Agar semua aktivitas dan kegiatan dapat terjadwalkan dengan baik maka anda harus pandai dalam hal mengatur waktu.

Namun banyak orang yang masih kesulitan dalam mengatur waktu belajar, padahal ini merupakan hal yang sangat penting untuk di perhatikan, karena ketika waktu belajar di perhatikan maka belajarpun lebih efisien dan tentu akan menjadi lebih efektif. Berikut beberapa cara mengatur waktu belajar.

7 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Baik dan Efektif

1. Membuat Daftar Rencana Belajar 
Cara mengatur waktu belajar dengan efektif adalah salah satunya bisa dengan membuat daftar rencana belajar, dimana akan sangat membantu anda dalam melakukan berbagai macam aktivitas, membuat daftar bisa membantu untuk mengingat apa saja yang akan anda kerjakan dalam sehari selain bisa mengingatkan, daftar juga bisa membuat kerjaan anda menjadi lebih teratur sehingga anda dengan mudah mengerjakannya. Misalnya dalam waktu sehari anda akan berolahraga, berjalan-jalan dan tak lupa belajar.

Anda bisa melakukannya sesuai dengan daftar yang sebelumnya sudah dibuat dan dengan waktu yang sudah diporsikan pada masing-masing kegiatan. Dengan begitu anda akan dengan mudah untuk melakukannya. Selain itu dengan membuat daftar akan melatih kedisplinan anda, melatih tanggung jawab, rutinitas menjadi lebih teratur, dan tentunya bisa menciptakan target dalam hidup,

2. Jangan Membuang Waktu 
Memeriksa setiap pekerjaan secara detail memang sangat penting, namun waktu anda akan habis jika melakukannya setiap saat apalagi yang anda lakukan hanya hal-hal yang sama sekali tidak penting seperti bermain game misalnya.

Pandai-pandailah dalam urusan memanajemen waktu belajar hentikan menunda-nunda apalagi dalam hal belajar, jangan biarkan kegiatan lain anda berlarut-larut. Lakukan pekerjaan anda secara teratur sesuai dengan poin-poinnya, mulailah dengan yang penting-penting dahulu dan selanjutnya anda bisa meluangkan sisa waktu anda untuk memeriksanya kembali setelah semua telah selesai dikerjakan.

Jangan sampai waktu anda habis terbuang dengan sia-sia, bagilah waktu untuk kegiatan yang penting dan untuk mengisi hobi anda agar memberi memanfaat yang maksimal di dalam kehidupan anda untuk sekarang dan nantinya.

3. Terapkan Waktu Belajar di Kampus/ Sekolah
Belajar dalam kelas sudah menjadi sebuah kewajiban baik menjadi mahasiswa maupun pelajar, belajar bukan hanya menjadi sebuah formalitas semata. Pada saat di kampus atau sekolah merupakan waktu yang baik dalam aktivitas anda belajar.

Hal ini bisa anda manfaatkan ketika berada dalam kelas, namun jika anda ingin konsentrasi belajar maka usahakan untuk tidak menduduki bangku tengah atau bagian belakang yang notabenenya selalu diisi oleh orang-orang yang hanya asyik cerita.

Agar anda tidak terpengaruh dengan teman maka usahakan untuk duduk bagian depan dan memilih teman yang tidak hobi bercerita pada saat jam belajar atau penerimaan materi berlangsung, dengan begitu waktu belajar anda akan sangat efektif. Kemudian bagaimanca cara mengatur waktu belajar bagi mahasiswa dan pelajar ?

Bagi anda yang mahasiswa tentunya bisa memanfaatkan waktu istrahat dengan berdiskusi dengan teman atau membahas materi yang telah di sampaikan dosen sebelumnya dan bagi anda yang masih pelajar anda bisa mengatur waktu belajar dengan ke perpustakaan manfaatkan beberapa menit waktu istrahat anda agar lebih bermanfaat di banding hanya bermain dengan teman yang tidak bermanfaat sama sekali.

4. Belajar Kelompok
Jika anda merasa bosan atau tidak memungkinkan untuk belajar mandiri dan ditambah lagi anda salah satu tipe ekstrovet yang lebih suka mendapatkan ide dari berbagai orang, lalu bagaimana cara mengatur waktu belajar?

Anda bisa membuat kelompok belajar sebagai solusinya. Ini merupakan waktu yang baik dalam aktivitas anda belajar Dengan begitu anda akan paham dan lebih intens mengenai lingkungan serta teman sekitar, hal ini cocok untuk anda terapkan karena lebih efisiensi dalam penggunaan waktu dan tidak membuat anda merasa bosan ketika belajar sambil bercerita dengan teman dibandingkan dengan hanya belajar sendiri.

Dengan belajar kelompok anda juga bisa meningkatkan motivasi dalam belajar dan bekerja sama, lebih cepat menyelesaikan permasalahan, mengembangkan kemampuan berkomunikasi, menghilangkan rasa bosan, meningkatkan komitmen dan yang lebih bangusnya lagi anda akan leluasa bertanya kepada teman.

5. Selesaikan yang Penting Dahulu
Jika anda salah satu orang yang memiliki banyak kegiatan pada setiap harinya, misalnya anda akan berolahraga, ke pantai, jalan-jalan, belajar dan masih banyak lagi. Maka hal yang paling penting untuk anda lakukan adalah belajar dahulu kemudian melanjutkan kegiatan lain.

Ini akan menjadi pola pikir yang memudahkan anda untuk mengelola semua pekerjaan anda. Dan bisa memanajemen waktu belajar sehari-hari sesuai dengan pekerjaan anda.

6. Tidur/ Istrahat yang Cukup
Tidur merupakan kebutuhan biologis setiap makhluk hidup, manusia memerlukan istrahat untuk menghilangkan rasa lelah akibat aktivitas sehari-hari. Hal yang tidak kalah penting adalah jangan menyepelakan waktu tidur anda dengan melakukan berbagai hal yang sama sekali tidak bermanfaat, misalnya pada malam hari anda begadang hanya karena menonton atau aktif di dunia maya hingga pagi hari.

Karena hal tersebut akan mengganggu jam tidur anda ketika pagi atau siang hari, bukan hanya itu aktivitas anda juga akan terganggu sehingga anda akan sulit untuk fokus saat beraktivitas. Tidurlah minimal 7-8 jam perhari dengan begitu waktu istrahat anda tidak akan bercampur aduk dengan waktu belajar anda.

7. Memiliki Waktu Tenang
Dengan berbagai macam aktivitas tentunya anda juga harus memiliki waktu sepi dan hening yang akan membawa anda pada susasan yang tenang dan dimana anda bisa menghilangkan pikiran-pikiran negatif. Terkadang mucul pikiran negatif di dalam diri, ini akan sangat mengganggu dan membuat berbagai hal akan menjadi tidak baik. Cobalah untuk menikmati kesendirian jangan terlalu menekankan diri agar apa yang anda lakukan terarah sehingga tujuan anda bisa tercapai.

Pada saat- saat tertentu anda harus menyendiri agar mendapatkan rasa tenang dan bisa banyak waktu untuk melakukan meditasi yang bisa membuat anda lebih rileks, menstabilkan diri dimana anda fokus mengatur waktu belajar anda dan sisa waktunya anda bisa gunakan untuk melakukan hal apa saja yang anda mau, dan ketika sendiri akan banyak ide-ide yang bisa muncul dadakan di saat anda menyendiri, otak dapat lebih fokus dan bisa berkelana bebas sehingga memungkinkan lebih mudah menemukan jalan keluar dari berbagai macam persoalan yang ingin anda selesaikan.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengatur Waktu Belajar yang Baik dan Efektif, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

0 Response to "7 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Baik dan Efektif"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel