7 Alasan Universitas Gunadarma Menjadi PTS Terbaik

7 Alasan Universitas Gunadarma Menjadi PTS Terbaik_Berkuliah di kampus terbaik yang bergengsi adalah impian seluruh siswa di Indonesia. Tidak hanya siswa, baik PTN maupun PTS juga memimpikan hal yang serupa, yaitu menjadi PTN atau PTS terbaik yang selalu diidam-idamkan para calon mahasiswa. Karena itulah, PTN dan PTS selalu berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas institusinya agar dapat mewujudkan impian tersebut. 

Salah satu PTS yang selalu meningkatkan kualitas institusinya adalah Universitas Gunadarma. Universitas yang pusat kampusnya terletak di kawasan Depok ini, berhasil mencetak berbagai prestasi yang dapat menjadi bukti bahwa Universitas Gunadarma adalah salah satu PTS terbaik di tanah air. Apa saja bukti yang mendukung bahwa Universitas Gunadarma adalah PTS Terbaik? Mari kita bahas satu per satu.

7 Alasan Universitas Gunadarma Menjadi PTS Terbaik

1. Peringkat 10 Besar PTS Terbaik di Indonesia 

Pada tahun 2020, Universitas Gunadarma berhasil memperoleh peringkat 10 besar sebagai PTS terbaik di seluruh Indonesia versi Webometrics edisi Juli 2020, tepatnya yaitu pada peringkat ke-6. Penilaian ini dilakukan oleh lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia, Webometrics. Dalam sistem pemeringkatan tersebut, Webometrics menggunakan 4 indikator penilaian yaitu Presence, Visibility, Transparency (Openness) dan Excellence (Scholar).

2. Akreditasi A 

Universitas Gunadarma juga telah mengantongi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan peringkat A. Selain itu, sebagian besar program studi di Universitas Gunadarma pun juga telah memperoleh akreditasi A. Baik akreditasi institusi maupun akreditasi program studi tersebut, diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). 

3. PTS Ternama dengan Basis TIK 

Universitas Gunadarma telah lama dikenal sebagai PTS terkemuka tanah air dengan basis TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi. Fasilitas pembelajaran di Universitas Gunadarma telah memanfaatkan TIK untuk menunjang prosesnya. Dengan adanya TIK, proses belajar mengajar di Universitas Gunadarma tidak terbatas hanya di ruang kelas atau laboratorium saja, tetapi juga bisa berlangsung secara online. 

Universitas Gunadarma menggunakan virtual class, video conference, atau TV digital dalam penerapan pembelajaran online kepada mahasiswanya. Pada tahun 2020, pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Gunadarma pun juga sudah berlangsung secara online. Pada saat itu, mahasiswa baru juga menerima materi Pengenalan Program Studi dan Pengenalan Pendidikan Tinggi (PPSPPT) secara online melalui TV Digital.

4. Berhasil Menciptakan Alat Pernapasan Ventilator untuk Pasien COVID-19 

Menghadapi situasi pandemi, Universitas Gunadarma berhasil menciptakan alat pernapasan ventilator yang ditujukan bagi pasien COVID-19. Penciptaan alat ini melibatkan tiga fakultas yaitu Fakultas Teknik Industri, Fakultas Kedokteran, serta Fakultas Ilmu Komputer. 

Alat pernapasan ventilator yang diciptakan siap diproduksi secara masal. Alat ini diharapkan mampu membantu banyak pasien dalam upaya penyembuhan dari penyakit COVID-19. Universitas Gunadarma menggunakan material yang hampir semuanya berasal dari dalam negeri. Tujuannya, agar ventilator ini bisa diproduksi dengan cepat dan efisien.

5. Mengembangkan Perangkat PAPR 

Masih dari tim pembuat ventilator tadi, ternyata tim ini juga mengembangkan perangkat lain yaitu perangkat PAPR (Powered Air Purifying Respirator). PAPR sendiri berguna sebagai pelengkap APD. Perangkat ini memodifikasi masker, dengan menambahkan saluran inspirasi dan ekspirasi yang dilengkapi sensor pendeteksi tekanan inspirasi dan ekspirasi. 

Modifikasi ini dilakukan dengan tujuan agar perangkat tersebut dapat memberikan pernafasan yang dapat disesuaikan dengan ritme pernafasan pemakainya. Selain itu, perangkat ini juga aman dari virus dan bakteri. 

6. Gunadarma TechnoPark 

Gunadarma TechnoPark merupakan komplek atau kawasan pengembangan teknologi, manajemen, pendidikan, dan bisnis secara terpadu. Gunadarma TechnoPark berlokasi di Desa Jamali-Mulyasari, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lokasi ini bersifat holistic integrative yaitu dapat menunjang kegiatan pendidikan, pertanian terpadu, pariwisata, serta pengembangan teknologi terpadu. Gunadarma TechnoPark nantinya akan menjadi icon sekaligus wujud dari multidisiplin ilmu yang ada di Universitas Gunadarma. 

Gunadarma TechnoPark juga merupakan wujud dari kebijakan baru dari Kemendikbud, yaitu Kampus Merdeka. Dengan adanya Gunadarma TechnoPark, diharapkan mahasiswa dapat menerapkan pembelajaran di luar kelas, misalnya menggunakan metode project-based learning atau pengembangan kewirausahaan mahasiswa melalui bisnis start-up berbasis teknologi. 

7. Mendukung e-Government 

Tidak hanya Gunadarma TechnoPark, Universitas Gunadarma juga berhasil meluncurkan teknologi yang dapat diterapkan di pemerintahan, atau yang biasa dikenal dengan sebutan e-Government. Salah satunya yaitu pelayanan publik di bidang manajemen aset pada pemerintah daerah. 

Sejauh ini, proyek yang sudah dijalankan berlokasi di Aceh dan Pekalongan. Di sana, mahasiswa dilibatkan untuk memberi pelatihan IT bagi para PNS. Tujuannya untuk menciptakan pemerintahan yang berjalan efektif, cepat, dan bersih. Selain itu, ada juga di Depok, yaitu proyek untuk menciptakan kota cyber dan kota pintar (smart city). 

Masih banyak bukti lain yang menunjukkan bahwa Universitas Gunadarma merupakan PTS terbaik. Bagi para calon mahasiswa, jangan ragu untuk memilih Universitas Gunadarma sebagai PTS idaman, karena Universitas Gunadarma terbukti sebagai PTS terbaik di tanah air.

Referensi: 

Febrinastri, F. ‘Inovatif, Universitas Gunadarma Berhasil Ciptakan Ventilator Low Budget’, Suara, [Daring]. Tautan: https://www.kompasiana.com/bukantedy1364/5edf9df2097f367672397672/6-alasan- kuliah-di-pts-terbaik-universitas-gunadarma (Diakses: 6 Februari 2021) Sindonews. ‘Universitas Gunadarma, Kampus IT yang Membanggakan’, 

Sindonews, [Daring]. Tautan: https://nasional.sindonews.com/read/147262/94/universitas- gunadarma-kampus-it-yang-membanggakan-1598609336?showpage=all (Diakses: 6 Februari 2021) 

Widara, K. A. ‘Keunggulan Universitas Gunadarma Sebagai Universitas Swasta Terbaik di Indonesia’, Okezone, [Daring]. Tautan: https://news.okezone.com/read/2020/06/27/1/2237530/keunggulan-universitas- gunadarma-sebagai-universitas-swasta-terbaik-di-indonesia (Diakses: 6 Februari 2021) 

Sumber Foto: Foto ‘Universitas Gunadarma’ [Daring]. Tautan: https://www.nafiun.com/2014/03/program-studi-jurusan-fakultas-favorit-di-universitas- gunadarma.html (Diakses: 6 Februari 2021)

0 Response to "7 Alasan Universitas Gunadarma Menjadi PTS Terbaik"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close