8 Alasan Kenapa IPK Penting Saat Kuliah

8 Alasan Kenapa IPK Penting Saat Kuliah_ IPK atau Indeks Penilaian Kumulatif adalah angka yang terakumulasi dan hasil penjumlahan beberapa nilai dari mata kuliah yang telah diikuti. Namun Seberapa penting nilai IPK?


Nilai IPK sendiri tentu memiliki presepsi yang berbeda-beda dari mahasiswa, banyak mahasiswa mengatakan bahwa nilai IPK tinggi bukanlah jaminan kesuksesan seseorang dan menjadi tolak ukur kapasitas dari mahasiswa itu sendiri, namun tak sedikit pula mahasiswa yang mengatakan bahwa IPK adalah salah satu penentu masa depan.

Ketika kuliah banyak mahsiswa berlomba-lomba untuk mendapatkan IPK tinggi, atau minimal standar IPK S1, baik pada standar IPK Negeri maupun standar IPK swasta yang katanya akan sangat berpengaruh pada saat memasuki dunia kerja dan bisa menentukan masa depan mereka. Lantas apa saja keuntungan mendapat IPK tinggi? Apakah IPK menentukan pekerjaan ?. Berikut penjelasannya

8 Alasan Kenapa IPK Penting Saat Kuliah

1. Peluang Mendapat Beasiswa 
Nilai IPK tinggi bisa menjadi jembatan bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa baik dari pemerintah maupun dari pihak swasta, karena salah satu beasiswa yang di sediakan adalah bagi mereka yang memiki prestasi atau IPK minimal di atas rata-rata.

Dengan mendapatkan beasiswa maka mahasiswa tersebut bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Untuk itu jika anda ingin mendapatkan beasiswa maka harus berprestasi minimal memiliki nilai IPK standar karena biasanya beasiswa selalu mensyaratkan IPK yang cukup tinggi kisaran angka lebih dari 3 dan ketika anda mendapatkan besiswa disitu tidak hanya menunjang kuliahmu tetapi anda juga bisa meringankan beban kedua orang tua.

2. Berpeluang Menjadi Asisten Dosen
Banyak mahasiswa mendambakan ingin menjadi asisten dosen, apalagi dosen dengan mata kuliah yang ia senangi. Salah satu kelebihan mendapatkan nilai IPK tinggi pada saat kuliah adalah dengan menjadi asisten dosen.

Biasanya mahasiswa yang di angkat sebagai asisten dosen adalah mereka yang berprestasi dan sudah semester tinggi atau semester akhir. Dengan menjadi asisten dosen tidak hanya dekat atau akrab dengan dosen tersebut, tetapi bisa menambah pengalaman dalam dunia mengajar apalagi yang memang telah mengambil bagian FKIP dan tidak hanya itu biasanya mereka yang menjadi asisten dosen akan di beri tip atau bayaran oleh dosen terkait.

3. Dapat Mewakili Kampus
Mahasiswa yang memiliki IPK tinggi atau berprestasi akan menjadi duta atau perwakilan kampus, baik dalam kegiatan kemahasiswaan, kompetensi, maupun perlombaan lainnnya. Hal tersebut tidak hanya menjadi kebanggan tersendiri tetapi menjadi kebanggan keluarga khususnya oran tua, dan dengan menjadi duta atau perwakilan maka akan mendapatkan banyak jaringan dan kenalan yang tentunya akan sangat brmanfaat untuk kedepannya.

Dengan seringnya anda mengikuti lomba maka sudah pasti prestasi anda akan meningkat, mendapatkan banyak pengalaman, melatih kemampuan softskill karena kemampuan ini tidak akan cukup jika hanya belajar dikelas saja. Anda juga akan mendapatkan hadiah, biasanya setiap lomba akan menyiapkan hadiah bagi setiap pemenang entah itu uang maupun buku-buku dan lannya. Mengikuti perlombaan sama sekali tidak ada ruginya, dan akan banyak yang anda dapatkan.

4. Bebas Tes dalam Melanjutkan Studi
Melanjutkan studi ke jenjang pasca sarjana merupakan idaman bagi anda yang ingin memperdalam ilmu, namun bisa anda lakukan jika memiliki IPK yang tinggi dari dari syarat minimum program pasca sarjana.

Keuntungan lain yang di dapatkan ketika memiliki IPK tinggi adalah ketika akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi misalkan magister atau doktor dan tentu bisa mendapatkan keistimewaan dengan ikut seleksi tanpa tes dalam melanjutkan studi dan biasanya akan mendapat keringanan pembayaran dalam menlanjutkan kuliah.

5. Diperhitungkan dalam dunia kerja 
IPK memang banyak manfaatnya, ketika anda lulus nanti tentunya demi membanggaakan kedua orang tua tidak mungkin hanya duduk diam saja, anda harus mencari pekerjaan dan tentu saja kebanyakan lowongan pekerjaan memiliki syarat yaitu prestasi atau IPK baik lulusan Sarjana maupun Diploma. Apakah IPK penting dalam pencarian pekerjaan?.

Tentu saja, ketika menjadi mahasiswa dan memiliki IPK tinggi tentu akan sangat pengaruh saat anda mencari pekerjaan memiliki prestasi dan IPK yang tinggi tentu saja akan mejadi poin lebih bagi anda, IPK yang dibutukan perusahaan akan di perhitungkan dalam seleksi penerimaan karyawan atau pegawai.

Biasanya setiap perusahaan akan melakukan seleksi dan melihat setiap latar belakang pendidikan anda. yang melamar pekerjaan tersebut. Tak perlu jauh-jauh atau ketika anda akan memilih menjadi PNS, IPK di atas 3 merupakan suatu keharusan dan hampir semua instansi pemerintah mensyaratkan hal itu untuk bisa lolos dalam seleksi administrasi.

6. Menjadi Inspirasi Bagi Orang Lain. 
Ketika anda berhasil mencapai IPK yang diinginkan tentunya tidak hanya menjadi kebanggan tersendiri, namun akan menjadi isnpirasi dan motivasi bagi orang lain untuk melakukan pencapaian yang sama dengan anda. Karena IPK bukanlah angka tanpa makna tentu dengan usaha dan kerja keraslah sehingga anda bisa mendapatkannya, mahasiswa yang memiliki IPK tinggi tentu dinilai lebih bertanggung jawab dan mencerminkan sifat disiplin. Pasalnya IPK hanya bisa di dapatkan oleh mereka yang rajin ke kampus, tidak suka bolos dan pastinya mengerjakan tugas yang diberikan dosen pada tepat waktu.

Dan tentunya IPK juga mencerminkan dari kinerja akademik di perguruan tinggi maupun universitas, tetapi sangat berarti lebih dari sekedar performa akademis anda. Dan yang paling penting mencerminkan konsistensi dan ketekunan dalam penelitian anda, mencerminkan bagaimana anda berkomitmen sebagai mahasiswa yang bisa memanajemen waktu dalam mengatur tugas, jadwal kuliah bahkan masih banyak lagi kegiatan yang anda lakukan.

7. Menunjukan Kapabilitas Intelektual 
Banyak mahasiswa yang salah kaprah dengan menyatakan bahwa penguasaan teori tidaklah penting tetapi hal yang paling penting adalah bagaimana mempraktekannya. Namun bagaimana bisa anda mempraktekannya sementara teorinya saja anda tidak tahu.

Keduanya sangatlah penting dan ketika anda sudah bisa melakukan keduanya tentunya sudah pasti IPK akan di atas rata-rata tidak hanya itu IPK tidak selamanya juga menunjukan kecerdasan namun bagaimana anda bertata karma, hubungan komunikasi antara teman dan dosen. Tentu yang memiliki IPK memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan dosen, kemampuan kerja sama dalam kelompok diskusi yang merupakan penunjang dari IPK yang bagus.

8. Kebanggan Orang Tua 
Mendapatkan IPK yang tinggi tidak semata-mata untuk mendapatkan ketenaran, namun menjadi suatu kebanggan bagi keluarga juga khususnya kedua orang tua.

Mendapatkan nilai bagus bukan hanya untuk mengejar IPK tapi bagaimana agar kerja keras orang tua dan usaha anda membuahkan hasil dan bisa membuat orang tua bahagia.

Itulah pentingnya IPK pada saat kuliah, untuk itu jika anda belum mendapatkan IPK yang bagus teruslah belajar dan berusaha tak lupa berdoa, dan bagi anda yang sudah memiliki IPK yang tinggi pertahankan dan terus berkarya dan yang paling penting hilangkan sifat sombong pada diri.

0 Response to "8 Alasan Kenapa IPK Penting Saat Kuliah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel