Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke-5 di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat

Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke-5 di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat_ Dasar negara republik indonesia adalah pancasila, pancasila memiliki lima sila yang menjadi pandangan hidup bangsa indonesia. Pancasila menjadi pedoman hidup dalam berbangsa dan bernegara, dalam kehidupan sehari-hari warga negara indonesia diharapkan mampu mengamalkan nilai-nilai dari tiap sila dari pancasila.

Salah satu bunyi sila yang yang terdapat di dalam butir-butir pancasila adalah "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia" tepatnya sila ke lima pancasila. Adil secara hakikatnya adalah tidak membeda-bedakan atau memberikan sesuai dengan proporsinya.

Lantas apa saja "Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke-5 di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat"? Berikut beberapa Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke-5 di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat yang patut kalian ketahui:

Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke-5 di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat

Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke-5 di Keluarga

1. Memberikan Uang Jajan Kepada Anak Secara Adil

Setiap orangtua biasanya akan memberikan uang jajan kepada anaknya sebelum berangkat sekolah, dalam memberikan uang jajan kepada anak sebaiknya secara adil. Adil bukan berarti harus sama, akan tetapi adil adalah memberikan sesuatu sesuai dengan porsinya.

Misalnya saja dalam suatu keluarga ada anak yang sudah kuliah, ada juga anak yang masih sekolah di SMP dan ada anak yang baru masuk TK! Apakah harus memberikan uang kepada setiap anak dengan nominal yang sama? 

Misalnya jika memberikan anak yang sudah kuliah 50 ribu haruskah memberikan anak yang baru SMP dan TK dengan jumlah yang sama yakni 50 ribu? Seperti yang kita ketahui kebutuhan anak yang kuliah beda dengan masih SMP atau yang masih TK.

Jadi adil adalah memberikan sesuai dengan kebutuhan atau porsinya! jika memberikan uang kepada anak yang kuliah 50 ribu bukan berarti harus memberikan jumlah yang sama kepada anak yang SMP dan TK. Bisa jadi kebutuhan anak yang masih SMP adalah 10 ribu dan anak yang TK 5 ribu.

Walaupun beda jumlah/nominal yang diberikan namun setiap anak tidak merasa ada yang dirugikan karena kebutuhan setiap anak memang cukup dengan nominal tersebut. Nagh itulah konsep dari keadilan.

2. Menyayangi Anak Tanpa Membeda-Bedakan

Di dalam suatu keluarga pastinya setiap anak yang memiliki karakter masing-masing atau memiliki karakter yang berbeda. Ada anak yang penyabar, ada anak yang aktif, ada anak yang dalam tanda kutif "n@kal". 

Anak yang "n@kal" perlu digaris bawahi, bahwa bisa jadi anak yang kita anggap n@kal sebenarnya tidak n@kal hanya saja anak tersebut memang sangat aktif, sehingga suka melakukan banyak hal, namun terkadang orangtua mengira anak tersebut n@kal padahal tidak.

Menyikapi karakter anak yang berbeda-beda maka sebagai orangtua tidak boleh membeda-bedakan setiap anak. Orangtua harus tetap adil kepada setiap anaknya dan menyayangi anaknya dengan penuh kasih sayang


3. Membagi tugas dalam keluarga secara merata 
Dalam keluarga biasanya banyak pekerjaan yang harus dilakukan, jadi salah satu bentuk sikap adil dalam rumah adalah dengan membagi pekerjaan rumah secara merata, jangan ada yang diberikan pekerjaan yang banyak sedangkan yang lain tidak mendapatkan tugas untuk dikerjakan.

4. Menyimpakan makanan kepada anggota keluarga yang belum makan 
Karena alasan kesibukan biasanya anggota keluarga jarang kumpul bersama di rumah termasuk saat waktu makan, maka dari itu sebaiknya anggota keluarga yang belum hadir disimpakan makanan agar nanti saat mereka dating tetap mendapatkan jatah makan

5. Membagi uang yang adil kepada saudara jika diberikan uang oleh orangtua 
Terkadang ayah atau ibu memberikan uang kepada anaknya yang nantinya disuruh untuk diberikan sebagian kepada saudara-saudaranya, jika hal demikian anda alami maka sebaiknya anda Membagi uang yang adil kepada saudara jika diberikan uang oleh orangtua

Contoh perilaku adil di sekolah

1. Guru tidak pilih kasih terhadap siswanya 
Salah satu contoh perilaku adil yang bisa dilakukan oleh selorang guru di sekolah adalah dengan memperlakukan siswanya sama dan tidak pilih kasih, baik itu siswa yang bodoh maupun pintar, baik itu siswa dari anak orang terpandang atau anak petani semua harus mendapatkan keadilan dari gurunya

2. Membagi tugas membersihkan kelas secara merata 
Aplikasi perilaku adil di lingkungan sekolah juga tercermin dalam pelaksanaan tugas membersihkan kelas yakni dengan membagi tugas membersihkan kelas secara merata tanpa ada siswa yang diberikan tugas lebih berat dari siswa lainnya

3. Gantian melaksanakan tugas piket harian 
Di sekolah biasanya dilakukan piket setiap hari, agar keadilan didapatkan oleh siswa maka petugas piket harus dilakukan secara bergilir, bukan siswa-siswa tertentu saja yang ditunjuk terus untuk melaksanakan piket harian

4. Setiap siswa diberikan kesempatan untuk menjadi ketua kelas 
Sebagian siswa pastinya berharap menjadi ketua kelas, jadi supaya dalam pemilihan ketua kelas adil maka semua siswa harus diberikan kesempatan untuk menjadi ketua kelas dengan memperbolehkan setiap siswa untuk mengajukan diri untuk menjadi ketua kelas dan pemilihan ketua kelas dilakukan secara demokratis atau pemilihan ketua kelas berdasarkan suara terbanyak.

5. Memberikan beasiswa kepada siswa yang membutuhkan 
Sekolah biasanya menyediakan beasiswa atau bantuan untuk siswa yang kurang mampu atau bagi siswa yang berprestasi, jadi agar adil maka sebaiknya bantuan atau beasiswa diberikan kepada siswa yang memang membutuhkan.

6. Memberikan nilai ulangan kepada siswa sesuai dengan kemampuan 
Bentuk perilaku adil lainnya di sekolah tercermin dalam pemberian nilai oleh guru kepada siswa, jadi nilai yang diberikan oleh guru kepada siswa harus objektif bukan subjektif, jangan karena siswa tersebut anak bupati lantas diberikan nilai yang tidak sesuai dengan kemampuannya

Contoh sikap adil di lingkungan masyarakat 

1. Tidak berpihak kepada salah satu team yang sedang bertanding 
Dalam lingkungan masyaraat terkadang dilakukan kegiatan perlombaan, salah satu aplikasi perilaku adil yakni dengan tidak berpihak kepada salah satu team yang sedang bertanding sehingga lain dirugikan

2. Memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk mengeluarkan pendapat 
Terkadang di lingkungan masyarakat dilakukan kegiatan musyawarah untuk mufakat dalam mengambil suatu keputusan, perilaku adil tecermin dalam mengambil keputusan adalah dengan Memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk mengeluarkan pendapat

3. Memberikan kesempatan kepada pejalan kaki untuk menyebrang melalui zebra cross jika sedang lampu merah 
Selanjutnya sikap adil di masyarakat adalah dengan memberikan kesempatan kepada pejalan kaki untuk menyebrang melalui zebra cross jika sedang lampu merah, jangan pernah menerobos lampu merah karena itu adalah perilaku tidak adil terhadap pejalan kaki.

4. Memperlakukan setiap orang sama dihadapan hukum 
Jangan karena orang tersebut orang yang memiliki jabatan sehingga saat melanggar atau melakukan tindakan hokum lantas tidak dihukum sesuai dengan atuarn yang seharusnya sebaliknya jangan karena rang tersebut rakyat miskin sehingga secara semena-mena ditindak.

5. Memberikan bantuan kepada rakyat miskin yang memang membutuhkan bantuan 
Salah satu bentuk sikpa adil di masyarakat adalah dengan memberikan bantuan kepada rakyat yang memang membutuhkan, karena saat ini sebagian bantuan-bantuan dari pemerintah justru tidak tepat sasaran.

6. Membagi jadwal ronda secara adil 
Contoh sikap adil selanjutnya adalah dengan membagi jadwal ronda dengan adil kepada setiap warga kompleks

7. Memberikan kepada setiap orang untuk ikut pemilu 
Terakhir contoh sikap adil di lingkungan masyarakat adalah dengan memberikan kesempatan kepada setiap orang yang telah memenuhi syarat untuk ikut pemilu

Demikianlah artikel tentang 18 Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke-5 di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke-5 di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close