8 Contoh Makanan dan Minuman sebagai Bekal Sekolah Anak yang Baik dan Sehat

8 Contoh Makanan dan Minuman sebagai Bekal Sekolah Anak yang Baik dan Sehat_ Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya cerdas dan tentunya bisa membanggakan, namun banyak orang tua lupa bahkan tidak tahu bahwa kecerdasan seorang anak bukan hanya karena belajar tetapi ditunjang juga dari asupan anak sehari-hari agar perkembangannya menjadi lebih baik, untuk itu seorang ibu harus bisa menyiapkan bekal yang sehat untuk anak ketika ia berada di sekolah.

source: google.com
Memberi bekal juga tidak sembarang, penting bagi ibu untuk memperhatikan setiap apa yang di makannya. Saat ini banyak pedagang yang menjual makanan atau jajan di kantin sekolah yang belum tentu higenis, misalnya pentol, cilok, bakwan dan masih banyak lagi.

Parahnya sekarang banyak di temukan penjual nakal yang menggunakan atau mencampur bahan makan dengan formalin, bukan hanya itu makanan ringan yang dijual biasanya mengandung pewarna makanan, pemanis buatan, dan masih banyak lagi zat kimia yang berbahaya bagi kesetahan jika di konsumsi setiap hari.

Untuk itu orang tua harus pandai membuatkan bekal untuk si kecil dan tak lupa bahan-bahan yang di gunakan juga harus berkualitas. Dan jika masih bingung dengan bekal si kecil, berikut contoh makanan dan minuman yang baik dan sehat.

8 Contoh Makanan dan Minuman sebagai Bekal Sekolah Anak yang Baik dan Sehat

1. Nasi dan Lauk Pauk
Nasi sudah menjadi makanan pokok mayoritas masyarakat di Indonesia. Anda bisa mengolahnya menjadi nasi goreng spesial untuk si kecil, biasanya anak lebih tertarik untuk jajan di kantin sekolah dibanding dengan makan bekal yang sudah disiapkan.

Untuk menarik perhatian si kecil anda bisa mencapur nasi dengan sayuran, sosis, telur yang bisa membuat nasi goreng jadi lebih berwarna dan pastinya enak. Anda juga bisa menambahkan lauk seperti tahu, tempe atau ikan agar lebih menggugah selera.

Sayuran yang biasanya digunakan adalah brokoli, karena brokoli memiliki Vitamin C, vitamin A, vitamin D, vitamin K, kalsium, kalium, potassium, magnesium, folat, serta kandungan sulforaphane dan glucosinolates yang dapat membantu mencegah kanker, dotifikasi tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan gigi, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan pencernaan, kesehatan otak, anti inflamasi, meningkatkan libido, dan meningkatkan metabolisme.

Tidak hanya itu telur, tahu, tempe yang kaya akan protein yang diperlukan dalam pembentukan tulang, tulang rawan, otot, kulit, darah, membangun dan memperbaiki atau mengganti jaringan tubuh serta membuat hormon yang berfungsi membantu sel mengirim pesan dan mengkoordinasikan fungsi sel dan organ dalam tubuh.

2. Roti 
Jika anak tidak ingin makan nasi anda bisa menggunakan roti sebagai penggantinya untuk sarapan pagi atau bekal kemana saja, selain mengenyangkan roti juga mengandung banyak manfaat dan tentunya menyehatkan karena roti mengandung karbohidrat, vitamin B1, vitamin B2. Roti juga sangat mudah di dapatkan jadi makanan ini sangat cocok untuk bekal si kecil di sekolah. Ada banyak jenis roti untuk di jadikan bekal misalnya roti tawar, roti manis dan roti gandum.

Jika si kecil lebih menyukai roti tawar maka anda bisa mengoleskan sedikit selai pada rotinya, selai juga banyak macamnya ada selai kacang, coklat, strawberry, coklat kacang dan masih banyak lagi semua tergantung dari selera masing-masig anak. Namun penggunaan selai tidak boleh berlebihan, karena selai tinggi kandungan gula dan tinggi akan kalori, 1-2 sendok makan sudah cukup untuk memenuhi kebutan harian.

3. Buah-buahan 
Selain nasi dan roti, ibu juga bisa memberi buah kepada si kecil untuk bekalnya di sekolah. Buah yang kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, B1, B2, B6 dan masih banyak lagi kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Anda bisa memberikan buah kesukaan anak, tetapi di usahakan setiap harinya harus memberikan jenis buah yang berbeda karena setiap buah memiliki kandungan yang berbeda-beda agar kebutuhan nutrisi se kecil seimbang.

Namun buah yang dikonsumsi harus di perhatikan, alangkah lebih bagusnya memberikan buah yang dibeli di pasar tradisional dibandingkan dengan membeli di supermarket yang kebanyakan sudah diberi bahan pengawet.

Meskipun sudah tertera kadar yang mendominasi buah tersebut namun masih banyak yang tidak peduli akan hal itu, mulai dari sekarang pandai-pandailah memilih makanan yang sehat demi perkembangan si kecil.

Perlu di ketahui bahwa makanan yang mengandung bahan pengawet jika di konsumsi secara terus-menerus akan berdampak buruk bagi kesehatan karena bahan pengawet mengandung benzoate yang dimana bisa berpengaruh pada hiperakatif yang mengonsumsinya, bisa dibayangkan bagaimana jika anak terus mengonsumsinya, tidak hanya itu ketika benzoate bercampur dengan vitamin C maka sodium dari benzoate tersebut akan menghasilkan suatu zat yang dapat menyebabkan kanker.

4. Air Putih 
Banyak jenis minuman yang sudah ada, namun minuman yang paling menyehatkan adalah air putih. Menurut departemen kesehatan syarat air minun yang layak dikonsumsi adalah yang tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung logam berat dan pastinya tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya.

Biasakan anak untuk mengonsumsi air putih agar untuk mengantisipasi agar tidak terbiasa mengonsumsi minuman kemasan yang kebanyakan mengandung pemanis buatan dan pewarna yang berbahaya bagi organ tubuh. Air putih dapat menjaga metabolisme dan mencegah gangguan pencernaan, membantu menghilangkan racun dalam tubuh, menyeharkan kulit dan rambut, mencegah bantu ginjal dan infeksi kandung kemih, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Susu
Susu juga merupakan salah satu minuman yang sehat, selain mengandung protein susu juga mengandung kalsium, kalium, fosfor, yodium, vitamin B2, vitamin B12 yang bermanfaat dalam pemeliharaan tulang, pengembangan otot, memperkuat gigi, meningkatkan metabolisme, meningkatkan sistem syaraf, meningkatkan sel darah merah, mengurangi kelelahan, membantu proses pembelahan sel, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan yang paling penting menghasilkan energi. Saat ini sudah banyak susu dengan farian rasa sesuai selera anak, ada susu coklat, susu strawberry dan masih banyak lagi farin rasa yang bisa dijadikan bekal untuk si kecil.

6. Jus Buah 
Meskipun susu memiliki banyak manfaat, tidak semua anak bisa mengonsumsi susu ada beberapa dari mereka yang alergi protein susu sapi. Sebagai orang tua tentu harus mengenali gejala alergi, biasanya ketika anak mengalami alergi maka akan merasakan sakit perut, mual, muntah, sesak nafas, mengigil, ruam, bengkak, gatal pada kulit, penurunan berat badan, pertumbuhan menghammbat, dan bahkan diare.

Jika tidak bisa mengonsumsi susu maka si kecil bisa mengosumsi air putih saja atau bisa dengan jus buah , anda bisa membuatkan jus buah kesukaan si kecil sebagai pelengkap bekalnya. Manfaat jus buah juga sudah tidak diragukan lagi, anda bisa membeli jus kemasan atau bisa membuatnya sendiri dirumah.

Selain menghemat pengeluaran jus buatan rumah juga sangat higenis dan sangat banyak manfaatnya yang dimana mampu menjadi bahan detoks alami, meningkatkan penyerapan nutrisi, meningkatkan sistem pencernaan, memiliki kandungan serat yang tinggi, ada banyak jenis jus seperti jus tomat, jus mentimun, jus semangka, dan masih banyak lagi.

Anda bisa membuat jus jeruk untuk bekal selain rasanya yang enak dan segar jus ini juga sangat baik di konsumsi pada pagi hari karena dapat meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh selama 24 jam. Jus ini juga baik bagi mereka yang terkena sariawan, kulit kering dan pilek karena kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk.

7. Sayuran 
selain buah-buahan, makanan yang baik dan sehat untuk anak adalah sayuran. Namun banyak anak yang tidak menyukai sayuran, untuk itu anda harus lebih kreatif dalam mengelola agar menjadi lebih menarik. Anda bisa membuat beberapa karakter dengan menggunakan sayuran berwarna seperti bayam, kentang, wortel, sehingga bisa menarik perhatian anak. sayuran juga memiliki kandungan vitamin, antitoksidan dan karbohidrat dan dipercaya dapat mempertajam ingatan.

8. Ikan Salmon dan Daging Segar 
Ikan yang satu ini sangat di anjurkan untuk menjadi konsumsi anak-anak, selain rasanya yang enak ikan salmon juga memiliki kandungan vitamin D, vitamin E, vitamin A, dan vitamin K yang dapat meningkatkan daya piker anak.

Meskipun ikan salmon memiliki banyak lemak namun jangan khawatir, karena lemak yang terdapat dalam ikan salmon dapat denganmudah dicernah oleh tubuh. Selain ikan salmon daging segar juga bisa anda jadikan sebagai bekal anak di sekolah karena daging sangat berperan dalam dalam pertumbuhan tulang dan otak si kecil.

Demikianlah artikel tentang, "Contoh Makanan dan Minuman sebagai Bekal Sekolah Anak yang Baik dan Sehat" semoga bisa memberi manfaat.

0 Response to "8 Contoh Makanan dan Minuman sebagai Bekal Sekolah Anak yang Baik dan Sehat"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel