21 Cara Menjadi Juara Kelas dengan Mudah.

21 Cara Menjadi Juara Kelas dengan Mudah_ Menjadi juara kelas tentu tidak hanya menjadi dambaan setiap siswa tetapi menjadi dambaan dan harapan setiap orang tua siswa. Namun terlepas dari hal itu, kembali lagi pada setiap individunya bagaimana mereka berusaha dan termotivasi untuk menjadi juara.


Mendapat peringkat dan nilai bagus tentunya harus dengan usaha yang maksimal,mulai dari belajar dan perbanyak mengerjakan latihan soal. Berikut Cara Menjadi Juara Kelas dengan Mudah.

21 Cara Menjadi Juara Kelas dengan Mudah

1. Selalu Berusaha
Setiap sesuatu yang diinginkan haruslah iringi usaha, percuma jika hanya berangan-angan namun tidak ada usaha sama sekali, apalagi ingin menjadi juara kelas. Maka bagi anda yang ingin menjadi juara kelas jangan bosan-bosan untuk berusaha apalagi dalam hal mencari ilmu. Ingat, hasil tidak akan pernah menghianati proses.

2. Senantiasa Berdoa
Usaha tanpa doa tidak akan lengkap. Setiap umat beragama haruslah meminta pertolongan kepada Tuhan agar selalu di berikan kemudahan dalam setiap apa yang di usahakan misalnya dalam proses mempelajari materi.

3. Meminta Doa Kepada Orang Tua 
Jika sudah berusaha dan berdoa, tidak ada salahnya meminta agar di doakan oleh kedua orang tua. Karena ridho kedua orang tua, ridho Allah juga insha Allah.

4. Belajar Lebih Giat
Cobalah untuk meningkatkan kebiasaan belajar dengan lebih giat lagi, atau menjadikan ini sebagai kegiatan rutinitas dalam kehidupan sehari-hari. Dengan lebih banyak mengerjakan soal-soal latihan dengan begitu anda akan terbiasa.

5. Manfaatkan waktu untuk Belajar
Mulailah untuk memanfaatkan waktu dengan baik, yang tadinya anda sering nongkrong tidak jelas dengan teman-teman, sekarang bisa anda gunakan waktu dengan belajar atau pada saat jam istrahat di sekolah anda bisa mengambil separuh dari waktu istrahat untuk belajar.

6. Manfaatkan Sarana Perpustakaan
Setiap sekolah sudah pasti menyediakan perpustakaan sebagai fasilitas. Untuk itu manfaatkan fasilitas sekolah dengan sebaik- baiknya dengan rajin membaca buku sebagai tambahan referensi anda.

7. Perbanyak bertanya. 
Banyak orang malu untuk bertanya dengan berbagai macam jenis alasan. Hal ini harus anda hindari, perbanyaklah bertanya baik pada senior maupun pada guru sebagai salah satu penunjang anda dalam belajar. Banyak bertanya bukan berarti bodoh, tapi ini adalah salah satu langkah atau trik agar anda lebih banyak pengetahuan.

8. Manfaatkan Teknologi
Zaman semakin canggih, meskipun masih banyak yang masih gaptek (gagap teknologi) cobalah untuk tidak menjadi salah satu dari mereka. Manfaatkan dengan lebih sering mencari informasi atau pengetahuan melalui teknologi yang ada.

9. Lebih Aktif dalam Pembelajaran
Jadilah siswa yang aktif dalam kelas, banyak guru yang ketika selesai menjelaskan atau menyampaikan materi akan mengajukan beberapa pertanyaan kepada muridnya agar mengetahui sejauh mana pemahaman yang di tangkap oleh muridnya. Manfaatkan momen ini dengan lebih banyak menjawab pertanyaan guru atau mengajukan pertanyaan.

10. Fokus Mendengarkan Guru
Pada saat guru sedang menjelaskan di depan kelas mengenai materi, usahakan fokus dan konsentrasi. Ini adalah poin yang sangat penting agar anda benar-benar paham dengan apa yang telah di sampaikan oleh guru. Dan penjelasan tentang materi akan lebih mudah di serap di bandingkan dengan anda membaca langsung pada buku.

11. Rajin ke Sekolah 
Salah satu yang menjadi poin penilaian guru atau aturan yang sudah di tetapkan adalah kehadiran. Apabila seorang murid memiliki alpa banyak maka akan berdampak pada nilai dan menjadi salah satu faktor penyebab anda sulit untuk menjadi juara.

12. Sering Berdiskusi  Bersama Guru dan Teman
Belajar bersama teman akan sangat membantu di bandingan dengan hanya belajar sendiri. Dengan terbentuknya teman kelompok belajar anda dan teman dapat saling berbagi pendapat dan pengalaman, memecahkan soal-soal latihan yang sulit dan yang paling penting menjadi salah satu kegiatan yang menjalin hubungan baik dengan teman.

13. Istirahat yang Cukup 
Atur jadwal anda dengan baik,mulai dari waktu bermain,belajar,makan,dan kumpul bersama keluarga. Anda juga harus menjaga waktu istrahat agar tidak gampang sakit, karena otak yang lelah karena berfikir akan menjadi kurang fokus dan konsetrasi. Belajar juga harus dengan keadaan sehat.

14. Pilih Waktu yang Tepat untuk Belajar
Belajar juga tidak harus setiap saat, ada waktu-waktu tertentu untuk memilih waktu belajar. Dan waktu yang paling tepat untuk belajar adalah subuh atau ketika selesai melaksanakan shalat subuh, karena pada saat itu kinerja otak dalam keadaan maksimal, sehingga setiap apa yang anda pelajari dapat di pahami dan di serap otak dengan mudah.

15. Pandai Bergaul
Salah satu faktor yang merusak atau terhambatnya proses belajar adalah pergaulan, untuk itu pandai-pandailah dalam bergaul atau memilih teman. Usahakan untuk berteman dengan orang-orang cerdas dengan begitu anda akan tau bagaimana pola pikir mereka, anda juga bisa mengajak untuk belajar bersama, meminta saran dan masukan supaya menjadi siswa yang cerdas dan mendapat juara kelas.

16. Mengerjakan Tugas
Sama halnya dengan kehadiran, tugas juga merupakan bagian dari penilaian guru. Kerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu agar bisa menambah pundi-pundi nilai yang sudah anda kumpulkan. Usahakan mengerjakan tugas secara individu dan alangkah baiknya untuk tidak menyontek kepada teman dengan begitu anda bisa mengetahui sejauh mana kemampuan anda.

17. Duduk Paling Depan
Bagi anda yang susah untuk fokus dan konsentrasi cobalah duduk di bagian depan agar bisa menyimak dan mendengar dengan jelas apa yang sedang di sampaikan oleh guru.

18. Menjawab Soal dari yang Gampang
Banyak di dapatkan siswa terlambat atau kehabisan waktu pada saat sedang mengerjakan soal ulangan/ujian. Oleh sebab itu untuk menghemat waktu jangan terpaku pada soal, kerjakanlah soal-soal yang menurut anda lebih mudah untuk di kerjakan. Dengan begitu anda tidak akan kehabisan waktu.

19. Motivasi
Motivasi tidak melulu harus kita dapatkan dari orang lain, diri sendiripun bisa memotivasi. Karena pada dasarnya percuma orang lain memotivasi namun diri sendiri tidak tergerak untuk berbuat atau berusaha. Sugesti diri bahwa anda bisa dan mampu melakukannya dan selalu berpikir positif.

20. Menentukan Tujuan
Setiap apa yang kita lakukan sudah pasti memiliki tujuan, sama seperti halnya menjadi juara dalam kelas sudah pasti ada tujuannya, membanggakan kedua orang tua misalnya. Tujuan juga bisa anda tulis di kertas dan di tempel pada meja belajar anda, agar ketika merasa ingin menyerah cobalah untuk melihat dan mengingat kembali akan tujuan awal anda.

21. Konsisten
Kebayakan orang hanya bersamangat di awal-awalnya saja, konsisten memang tidak gampang dan semakin berjalannya waktu semangat seseorang akan menurun. Konsisten adalah kemampuan untuk terus menerus berusaha sampai suatu pencapaian atau tujuan berhasil diraih.

Itulah Cara Menjadi Juara Kelas dengan Mudah. Hal apapun jika di kerjakan dengan ikhlas dan sabar insha Allah akan membuahkan hasil. Jika belum sesuai dengan apa yang anda inginkan cobalah untuk berbenah mungkin ada beberapa proses yang tidak di kerjakan dengan baik dan tetap semangat.

0 Response to "21 Cara Menjadi Juara Kelas dengan Mudah. "

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel