15 Tips Mengisi Liburan Kuliah

15 Tips Mengisi Liburan Kuliah_ Liburan adalah suatu masa dimana orang-orang meluangkan waktu yang bebas dari pekerjaan maupun perkuliahan. Umumnya liburan terjadi pada saat pertengahan tahun atau akhir tahun dan juga pada hari raya atau pada hari-hari tertentu. Liburan juga merupakan salah satu cara paling jitu untuk melepaskan stress akibat rutinitas yang kadang menjemukan.


Berlibur juga tidak perlu keluar negeri, di Indonesia banyak tempat-tempat berlibur. Dengan keindahan alamnya yang mampu memanjakan mata. Setelah mengikuti proses perkuliahan yang dimana sebagai mahasiswa menghadapi berbagai macam tugas tentu menginginkan liburan yang menyenangkan, namun banyak pula mahasiswa yang bingung akan melakukan kegiatan apa saja pada saat liburan. Berikut Tips Mengisi Liburan Kuliah.

15 Tips Mengisi Liburan Kuliah

1. Mengisi Libur Kuliah dengan Pulang Kampung 
Pada saat liburan hal yang paling dinanti-nanti dari kebanyakan i mahasiswa adalah pulang kampung. Selain merindukan suasana kampung hal yang paling utama adalah keluarga khususnya kedua orang tua. Banyak dari mahasiswa berjauhan dengan orang tua demi mencapai cita-cita.

Selain melepas rindu dengan keluarga, tentunya kita juga rindu dengan makanan khas daerah masing-masing dan menjadi salah satu pelengkap saat anda pulang liburan. Sehingga sudah pasti hal ini akan membuat siapapun akan merasa rindu dengan keluarga dan kampong halaman.

2. Perbanyak Ibadah 
Ibadah adalah segala perbuatan atau pernyataan atas bakti terhadap Allah SWT yang di dasari oleh peraturan agama. Namun banyak orang ketika sibuk dengan urusan dunia akan lupa dengan kewajiban seperti ibadah.

Melakukan ibadah tidak mesti pada saat liburan namun harus setiap saat. Khususnya ibadah yang bersifat wajib seperti shalat lima waktu. Tapi pada kesempatan kali ini anda bisa meningkatkan kualitas ibadah yang sebelumnya masih bolong-bolong.

3. Liburan ke Tempat Wisata 
Bagi anda yang suka atau hobi berfoto bisa pergi ke tempat-tempat wisata. Mengisi waktu liburan anda dengan menikmati pemandangan dan bisa membuat hari anda jadi lebih menyenangkan.

Namun sebelum itu ada beberapa hal yang harus anda persiapkan sebelum ke tempat wisata yaitu kumpulkan informasi, anda bisa bertanya kepada teman,keluarga atau bisa mencari informasi melalui google agar tidak salah memilih tempat tujuan.

4. Membaca Buku 
Bagi anda yang bosan saat liburan di rumah, mungkin anda bisa mengisi waktu dengan membaca misalnya novel,komik atau yang lainnya. Jika masih merasa bosan anda bisa mencari perpustakan terdekat sekalian jalan jalan dan mencari pengalaman baru.

Membaca buku sangat banyak manfaatnya diantaranya seperti stimulasi mental, studi meunjukan bahwa membaca setiap hari dapat mencegah Alzheimer dan demensia karena dengan membaca otak terjaga tetap aktif dan membuatnya tidak mudah kehilangan ingatan. Tidak hanya itu membaca juga dapat mengurangi stress,memperbanyak kosakata,memperbaiki memori, dan yang paling penting ilmu pengetahuan yang bertambah.

5. Mengadakan Reuni dengan Teman Lama
Reuni adalah pertemuan mantan teman sekelas atau sekolah.biasanya di adakan pada saat liburan. Karena liburan adalah momen yang tepat untuk berkumpul dengan teman-teman tanpa harus sibuk memikirkan tugas kampus. Pasalnya pada saat liburan akan banyak yang pulang ke kampung halaman khusunya mahasiwa. Jadi manfaatkan waktu liburan anda dengan baik.

6. Bersih-Bersih 
Mungkin selama kuliah anda lebih banyak menghabiskan waktu di kampus atau keluar mengerjakan tugas dengan teman-teman sehingga waktu untuk bersih-bersih sedikit berkurang. Ketika waktu liburan tiba anda bisa untuk mengisi waktu membersihkan rumah/kost beserta halaman sekitarnya.

7. Kerja Sampingan 
Bagi anda yang ingin manambah penghasilan atau uang jajan bisa mengisi waktu dengan kerja sampingan. Hari libur bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Dengan begitu liburan anda menjadi lebih bermanfaat dan bisa meringkan beban kedua orang tua.

Selain itu kerja sampingan bisa membuat anda menjadi pribadi yang mandiri dan pastinya menambah pengalaman anda. Dengan bekerja anda akan tahu bagaimana susahnya mencari uang, lebih menghargai cara menggunakan uang agar tidak boros dan yang paling penting jangan pernah merasa malu atau gengsi karena bekerja, yang seharusnya malu adalah mereka yang mampu bekerja namun masih bergantung kepada kedua orang tua.

8. Mencoba Hal-hal Baru
Mengisi liburan tidak hanya melakukan kegiatan itu-itu saja yang hanya membuat anda menjadi bosan. Hal-hal yang baru memang terkadang membuat kita merasa tidak nyaman atau sedikit terganggu, namun di balik itu ada hal positif yang dapat kita rasakan seperti membuat anda menjadi lebih fresh dan pastinya pengetahuan dan pengalaman baru akan bertambah dan liburan tidak terasa membosankan.

9. Silaturahmi ke Rumah Keluarga atau Sahabat
Biasanya kita pasti memiliki keluarga/saudara yang jauh atau beda tempat. Berlibur juga tidak mesti di tempat-tempat wisata atau dirumah saja,, berkunjung ke rumah keluarga yang jauh juga bisa membuat hubungan keluarga menjadi harmonis dan pastinya jadi lebih dekat dengan keluarga.

10. Menonton Serial Drama/ Maraton Film
Bagi yang hobi nonton tidak melulu harus nonton ke bioskop. Dirumahpun bisa nonton drama favorit apalagi bagi anda yang malas keluar rumah, selain bisa menghemat pengeluaran anda juga bisa menentukan flim atau drama sesuai keiinginan. Lain halnya dengan menonton di bioskop. Apalagi nonton sambil ngemil pasti jadi lebih menyenangkan.

11. Tiduran 
Selama masa perkuliahan sudah pasti banyak menyita waktu istrahat, bahkan ada kalanya waktu untuk tidur siang tidak cukup. Selama liburan anda bisa memanfaatkannya dengan tidur siang. Asal tidurnya jangan berlebihan. Ingat sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

12. Menjadi Relawan 
Saat ini banyak terjadi bencana alam seperti gempa dan tsunami khususnya di Indonesia. Jika biasanya ketika liburan hanya dengan mencari kesenangan sendiri saat ini bisa menjadi relawan sosial. Menjadi relawan merupakan hal yang mulia dan yang paling penting pahalanya juga kita bisa dapatkan.

13. Jalan-Jalan
Mengisi waktu liburan bisa dengan jalan-jalan. Misalnya dengan menikmati suasana sore di perkampungan atau di kota. Jalan-jalan juga punya manfaat seperti membuat suasana hati semakin membaik setelah menghadapi berbagai macam tugas dari dosen.

14. Membuat Rencana Masa Depan
Aktivitas yang padat tentu membuat kita seakan di buruh oleh waktu. Saat liburan anda bisa membuat rencana untuk memikirkan masa depan, seperti saat melakukan refleksi diri, bisa dengan membuat rencana untuk masa depan. Misalnya tentang kuliah kedepannya atau pekerjaan.

15. Melakoni Hobi
Setiap orang pasti memiliki hobi atau kegemaran yang memang di butuhkan untuk kesenangan dan hal-hal yang menyengkan. Hobi ada bermacam-macam seperti menulis,membaca,memancing,menari dan masih banyak lagi.

Rutinitas seperti kuliah terkadang membuat kita sedikit meluangkan waktu untuk hobi karena tuntutan yang harus di penuhi. Dengan adanya liburan anda bisa menggunakannya dengan melakoni hobi anda. Misalnya hobi fotografher anda bisa melakukan perjalanan sembari memotret pemandangan-pemadangan yang anda lihat.

Itulah 15 Tips Mengisi Waktu Liburan Kuliah, semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan nikmati liburan anda.

0 Response to "15 Tips Mengisi Liburan Kuliah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel