12 Cara Beradaptasi di Sekolah baru bagi Siswa SD SMP dan SMA

12 Cara Beradaptasi di Sekolah baru bagi Siswa SD SMP dan SMA_ Sekolah merupakan tempat dimana menimba ilmu atau menempuh pendidikan, namun berbicara tentang sekolah tentu saja berkaitan dengan lingkungan dan orang-orang yang ada di dalamnya.


Untuk itu sebagai siswa-siswi baru tentu harus mampu beradaptasi agar mempermudah proses belajar mengajar yang ada di sekolah tersebut. Namun lagi-lagi tidak semua murid mampu beradaptasi dengan lingkungan baru, apalagi lingkungan sekolah entah itu karena faktor kepribadian maupun lainnya, ketika memasuki lingkungan baru mau tidak mau suka ataupun tidak, anda harus mencari teman, suasana, lingkungan dan orang-orang baru.

Untuk mempermudah beradaptasi dengan lingkungan. Berikut 12 Cara Beradaptasi di Sekolah baru bagi Siswa SD,SMP dan SMA.

12 Cara Beradaptasi di Sekolah baru bagi Siswa SD SMP dan SMA

1. Pelajari Situasi sekolah
Hal yang utama dan perlu di perhatikan ketika memasuki sekolah baru adalah situasi. Bagi anak SD mungkin akan sedikit sulit untuk menyesuaikan diri dengan memahami situasi, ada kalanya siswa SD mengalami hambatan dalam proses penyesuaian namun seiring berjalannya waktu akan mulai terbiasa .

Berbeda halnya dengan siswa SMP dan SMA mereka akan lebih mudah memahami situasi walaupun terkadang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri,biasanya penyesuaian terhadap situasi bisa di pengaruhi oleh faktor kepribadian misalnya si A salah satu orang yang anti sosial maka akan sulit untuk menyesuaikan.

2. Menjadi Diri Sendiri
Seperti biasa siswa SD yang khususnya masih berada di kelas rendah cenderung lebih nampak dalam memilih teman atau bahkan sangat nampak jika tidak menyukai salah satu dari mereka. Sedangkan siswa SMP dan SMA tidak akan menampakan hal itu dan biasanya akan memilih teman dengan baik.

Yang namanya awal pertemuan dengan orang-orang baru tentu saja kadang membuat kita sedikit tidak nyaman. Untuk itu berusahalah menjaga sikap agar orang lain juga merasa nyaman dan senang berkenalan dengan anda dan jadilah diri sendiri untuk di sukai orang tanpa harus dibuat-buat.

3. Menghargai sesama
Di setiap pertemuan apalagi pertama sudah pasti akan ada rasa malu, apalagi siswa SD yang masih anak-anak, berbeda halnya dengan siswa SMP dan SMA mereka sudah mampu berkomunikasi dengan baik.

Walaupun baru pertama kali bertemu, hal yang perlu di perhatikan salah satunya adalah etika kepada sesama teman. Cobalah untuk saling menghargai agar kesan pertama yang di dapatkan orang lain kepada anda lebih menyenangkan dan bisa di ingat.

4. Kenali dan Hormati Guru
Bagi siswa yang kenal dan akrab dengan guru merupakan hal yang sangat menyenangkan. Untuk itu cobalah mengenal dan akrab dengan guru, jangan hanya dengan teman sesama. Bergaul dengan guru tidak ada salahnya selama masih bisa menjaga etika sebagai murid. Tidak ada ruginya orang yang mengenal baik gurunya, ingat guru adalah orang tua anda disekolah. Hormati dan dengarkan apa yang disampaikan oleh guru.

5. Taat Aturan.
Yang namanya sekolah sudah pasti memiliki aturan yang wajib ditaati oleh setiap murid. Dan bagi anda yang memasuki sekolah baru wajib mengetahui setiap aturan yang sudah di tetapkan oleh sekolah dan sekiranya untuk tidak di langgar. Menaati aturan juga ada bermacam-macam seperti memakai seragam sesuai hari,melengkapi atribut,datang tepat waktu,dan masih banyak lagi.

Jadilah murid yang taat akan aturan. Menaati aturan juga pastinya akan berdampak positif seperti hidup menjadi lebih disiplin,terhindar dari hukuman,mempunyai sikap tanggung jawab,disenangi teman maupun guru dan yang paling penting terwujud lingkungan aman,damai,dan sejahterah.

6. Sesuaikan Keadaan 
Sekolah Sebelum memasuki sekolah baru alangkah baiknya anda mencari informasi atau menanyakan perihal sekolah kepada senior atau alumni, entah itu berkaitan dengan aturan maupun cara guru mengajar, yang munngkin tadinya anda malas mengerjakan tugas tetapi di sekolah baru kalian sangat ketat jadi cobalah berusaha untuk menghilangkan kebiasaan itu agar kedepannya kalian mampu menyesuaikan dengan keadaan sekolah.

7. Memanfaatkan MOS
Masa MOS (MASA ORIENTASI SISWA) merupakan salah satu masa yang bisa anda manfaatkan dengan baik, bagi siswa baru agar mudah beradaptasi, dalam kesempatan kali ini tidak hanya di kenalkan lingkungan sekolah tetapi orang-orang yang ada di dalamnya pun akan di kenalkan seperti, kepala sekolah, guru,dan senior-senior anda selaku pengurus osis.

Dengan begitu anda akan sangat mudah mengenali hingga kedepannya tinggal bagiamana cara anda agar bisa menjaga hubungan baik dengan meraka sehingga ketika bertemu tidak ada lagi rasa canggung. Jadi manfaatkan momen MOS anda sebaik mungkin.

8. Menjaga Penampilan 
Banyak orang mengatakan bahwa jangan menilai seseorang dari penampilannya , namun ternyata kalimat itu sama sekali tidak berlaku di era milenial seperti sekarang ini. Untuk itu cobalah menjaga penampilan anda usahakan untuk berpenampilan rapi misalnya melengkapi atribut seperti topi, memakai sepatu hitam dan berpakaian layaknya seseorang yang berpendidikan.

9. Menguasai Kawasan Sekolah.
Mungkin bagi sebagian orang terdengar konyol, tetapi ini sangatlah penting bagi anda sebagai mahasiwa baru. Menguasai wilayah sekolah tidak akan membuat anda menjadi seorang yang bodoh atau apa, tetapi dengan menguasai wilayah sekolah anda akan menjadi tahu letak ruang kantor, kelas,perpustakaan dan kantin. Dan ketika anda sudah menjadi senior atau anggota osis, kedepannya dengan mudah anda akan mengenalkan lingkungan sekolah kepada junior atau murid baru.

10. Mengikuti Organisasi
Bagi anda salah satu orang yang pemalu cobalah buat perubahan dalam diri anda dengan mengikuti organisasi dalam sekolah seperti osis misalnya, dengan begitu anda bisa mendapatkan lebih banyak teman, pengalaman dan yang tidak kalah penting adalah ilmu yang bermanfaat,dengan begitu anda dengan muda menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah.

Mengikuti organisasi juga tidak hanya itu yang bisa anda dapatkan tetapi dengan beroganisasi akan banyak guru yang mengenali anda. Bukankah sangat menyenangkan jika di kenal banyak guru.

11. Kenali Karakteristik Setiap Orang. 
Tidak semua siswa yang ada dalam sekolah harus anda pahami karakternya minimal orang-orang yang satu kelas dengan anda. Karena setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda untuk itu sangat perlu bagi anda siswa yang baru menyesuaikan untuk mengetahui itu, agar kedepannya anda tidak salah memilih teman.

Ada banyak cara untuk mengetahui karakter seseorang salah satunya adalah dengan melihat cara berkomunikasinya, jika seseorang lebih sering menceritakan diri sendiri berarti ia tipe orang yang keras kepala, hanya memikirkan diri sendiri dan egois.

12. Jangan Sombong 
Orang sombong tentu saja akan banyak yang merasa tidak nyaman dengannya. Orang yang sombong biasanya merasa lebih hebat dari yang lain sikap ini kerap kali di wujudkan dengan memalingkan muka ketika melihat orang yang baru di lihat atau di kenalnya.Untuk kalian yang ingin cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, cobalah untuk menjadi orang yang ramah dan murah semyum.

Itulah 12 Cara Beradaptasi di Sekolah baru bagi Siswa SD SMP dan SMA, jadilah murid teladan yang bisa bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Sukses selalu.

0 Response to "12 Cara Beradaptasi di Sekolah baru bagi Siswa SD SMP dan SMA"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel