Sunday, 12 February 2017

7 Cara Belajar Siswa Yang Berprestasi

Tags
7 Cara Belajar Siswa Yang Berprestasi_ Banyak siswa yang berharap memiliki prestasi gemilang karena dengan prestasi yang berhasil digapai menjadi bukti pada orang yang ada disekitarnya tentang kemampuan yang dimilikinya. Prestasi yang dicapai juga menjadi bukti pada diri sendiri bahwa jika terus berusaha dengan sungguh-sungguh semua yang diimpikan bisa terwujud. 

Menjadi siswa berprestasi memiliki kharisma tersendiri, seperti akan lebih dihargai orang lain, diakui, menjadi kebanggaan orang tua dan akan mendapat banyak teman karena beberapa alasan tersebut banyak siswa yang memiliki obsesi besar untuk berprestasi. Ada beberapa alasan atau inspirasi tersendiri sehingga seseorang bisa meraih suatu prestasi seperti ingin membanggakan orang tua, memiliki mimpi besar yang ingin dicapai dan lain-lain.



Namun tak jarang beberapa siswa yang sudah bersungguh-sungguh untuk belajar akan tetapi belum mampu meraih prestasi yang membanggakan. Oleh karena itu untuk menjadi siswa yang berprestasi tidak ada salahnya belajar bagaimana cara orang lain sehingga bisa meraih suatu prestasi, hal tersebut bisa dimulai dari mengamati cara belajar siswa tersebut, tingkah lakunya, dan keterampilan yang dimiliki.

Baca juga:

Bagaimana sih cara belajar yang diterapkan oleh siswa yang berprestasi? Dalam artikel ini akan diulas teknik, strategi, cara yang biasanya diterapkan oleh siswa berprestasi, berikut ulasannya.

7 Cara Belajar Siswa Yang Berprestasi

1. Rajin Membaca
Buku adalah jendela dunia, dengan rajin membaca akan banyak ilmu pengetahuan yang bisa didapatkan dan akan memperkaya khazanah wawasan yang dimiliki seorang siswa. rajin membaca adalah syarat mutlak yang harus dilakukan untuk bisa menjadi siswa yang berprestasi. 

Rata-rata siswa yang berprestasi di sekolah memiliki minat membaca yang cukup besar, kebiasaan membaca tidak hanya ketika berada di sekolah tetapi juga ketika berada di rumah atau di lingkungan sekitar. Mendapatkan ilmu melalui membaca saat ini bukan hanya melalui buku tetapi juga bisa melalui media laptop, smartphone dan lain-lain.

2. Memiliki keingintahuan yang tinggi
Coba anda amati siswa yang juara kelas atau siswa yang berprestasi di sekolah anda, bagaimana motivasinya untuk mengetahui sesuatu yang baru atau seberapa besar rasa keingintahuannya terhadap hal-hal baru atau yang baru, besar bukan rasa keingintahuannya. 

Salah satu kebiasaan yang dimiliki beberapa siswa yang berprestasi adalah mereka memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, misalkan ketika diberikan tugas yang sulit atau masalah yang sulit dipecahkan justru mereka akan semakin bersemangat untuk menyelesaikan tugas tersebut.

3. Fokus dalam belajar
Siswa yang berprestasi selalu fokus ketika belajar, fokus bukan berarti mereka menjadi kutu buku atau jarang bergaul akan tetapi fokus disini adalah dia mampu belajar dalam kondisi apapun, misalkan ketika kondisi kelas yang ribut dimana teman-teman yang lain sedang bermain dia tetap bisa mencerna pembelajaran dengan baik selain itu mereka tidak mudah terganggu ketika belajar.

4. Memiliki inisiatif
Selanjutnya siswa yang berprestasi juga biasanya memiliki inisiatif yang tinggi, misalkan ketika guru meminta seorang siswa untuk maju kedepan menyelesaikan sebuah soal maka dengan inisiatifnya dia akan terlebih dahulu maju untuk menyelesaikan soal-soal tersebut sebelum teman-teman yang lain, juga memiliki inisiatif untuk bertanya jika ada pelajaran yang tidak diketahui dan tidak merasa malu akan ketidaktahuaannya tersebut.

5. Disiplin dalam belajar
Gaya belajar siswa berprestasi adalah memiliki displin tinggi, siswa yang berprestasi biasanya sudah membuat jadwal belajar dan jadwal bermain setiap harinya, ketika jadwal belajarnya telah tiba maka dia akan segera untuk mulai belajar dan meninggalkan aktivitas yang sedang dia lakukan selain itu siswa yang berprestasi tidak suka menunda-nunda pekerjaan, jika ada tugas atau pekerjaan rumah maka dia akan berusaha segera menyelesaikannya.

6. Berusaha memahami dan menguasai konsep pembelajaran
Cara belajar selanjutnya yang dimiliki orang yang berprestasi adalah selalu berusaha memahami konsep suatu materi pembelajaran, jika dia telah menguasai dan memahami konsep pembelajaran tersebut barulah ia akan melangkah ke pelajaran selanjutnya. misalnya ketika belajar matematika dengan materi pembagian maka ia akan fokus mempelajari cara pembagian tersebut baik secara konsep maupun praktik dan ketika ia telah benar-benar paham tentang pembagian barulah ia melangkah ke materi pelajaran selanjutnya. 

7. Menggunakan metode swot
Swot adalah singkatan dari Strenght (kekuatan), Weaknes (kelemahan), Oportunitis (kesempatan) dan Threats (ancaman). Siswa yang berprestasi biasanya akan menganalisa apa kekuatan yang dimiliki, kelemahan yang dimiliki, kesempatan dan ancaman pada dirinya setelah memahami keempat hal tersebut kemudian diakan memperbaiki apa yang kurang darinya dan memaksimalkan apa yang menjadi kelebihannya.

Dan sebagai tambahan, penulis menyarankan kalian untuk belajar menggunakan Quipper video. Quipper video adalah bimbingan belajar online yang memiliki 7000 lebih video pembelajaran, terdapat puluhan ribu soal-soal dan masih banyak lagi kelebihannya.

Quipper video adalah bimbingan belajar online, jadi kalian bisa belajar dimana saja kapan saja. juga terdapat fitur tanya tutor dan tanya pembimbing yang bertujuan untuk membantu anda jika menemukan kendala dalam pembelajaran.

Bagaimana cara mendaftar Quipper video? silahkan baca artikel berikut: Cara Mudah Mendaftar dan Berlangganan Quipper Video Terbaru 2018. Biaya berlangganan Quipper video juga terjangkau dan bisa menggunakan kode promosi Quipper Video agar mendapatkan diskon saat mendaftar Quipper Video

Demikianlah 7 Cara Belajar Siswa Yang Berprestasi yang bisa anda coba tiru dan terapkan pada diri anda agar mampu dan bisa menjadi siswa yang berprestasi dan menjadi kebanggan orang tua. Dan ingat prestasi yang dicapai seseorang adalah hasil perkalian antara usaha, kesabaran dan doa maka lakukan ketiga hal tersebut agar anda bisa menjadi siswa yang berprestasi.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon