5 Cara Mengarang/ Menulis Cerita Tentang Libur Sekolah Beserta Contohnya

Cara Mengarang/ Menulis Cerita Tentang Libur Sekolah Beserta Contohnya_ Mengarang adalah kegiatan dimana seseorang menuangkan gagasan atau ide dalam bentuk karya tulis dengan suatu tujuan tertentu. Adapun proses mengarang ini diawali dengan mencari ide terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan membuat kerangka karangan atau karya tulis.


Sedangkan cerita merupakan suatu rangkaian peristiwa yang dapat disampaikan pada orang lain baik secar fiksi maupun non fiksi. Berbicara tentang cerita, tentu kita semua punya cerita tentang liburan sekolah, baik liburan dirumah, museum, pantai, permandian, puncak dan masih banyak lagi tempat yang bisa di kunjungi ketika libur tiba.

Melalui cerita ini kita bisa berbagi pengalaman selama liburan kepada yang lain, pada pembahasan kali ini adalah mengenai cerita fiksi atau cerita nyata yang dimana akan menjelaskan bagaimana cara mengarang/ menulis cerita tentang libur sekolah dan contoh cerita tentang liburan sekolah. Berikut beberapa cara untuk mengarang atau menulis cerita tentang libur sekolah;

Cara Mengarang/ Menulis Cerita Tentang Libur Sekolah Beserta Contohnya 

1. Mencari Inspirasi 
Pada saat liburan sekolah tentu ada banyak kegiatan atau aktivitas yang biasa dilakukan, saking banyaknya terkadang kita menjadi bingung cerita apa yang akan ditulis. Untuk itu carilah inspirasi agar bisa memulai, anda bisa melihat suasana atau tempat-tempat yang ada disekeliling anda untuk menemukan inspirasi, baik di tempat ramai maupun ditempat-tempat yang sunyi tergantung dari kenyamanan anda, karena setiap orang punya cara tersendiri dalam mendapatkan suatu inspirasi.

2. Tentukan Judul 
Setelah mendapatkan beberapa inspirasi, anda bisa menentukan judul mengenai karangan atau tulisan anda. Dalam penentuan judul ini tentunya harus sesuai dengan apa yang anda alami dan tidak dibuat-buat agar lebih natural. Selain itu pada proses pembuatannya juga tidak ada kendala karena anda yang mengalaminya lansung sehingga mempermudah anda dalam menulis cerita.

Judul disini sangat menentukan, untuk itu buatlah judul sebagus mungkin agar bisa menarik perhatian dan minat para pembaca nantinya. Judul juga tidak mesti Panjang lebar, yang penting nyambung dengan isi dan tentunya bisa dipahami dengan mudah oleh pembaca.

3. Mulai menulis 
Inti Setelah menentukan judul, anda bisa langsung pada bagian inti. Mulailah menulis cerita atau karangan anda selama berlibur, selama liburan kegiatana apa saja yang anda lakukan, bersama siapa anda pergi berlibur, kapan anda berlibur dan bagaimana perasaan anda selama berlibur. Dalam bagian inti ini anda bisa menuliskan semua sesuai dengan apa yang anda alami selama liburan.

Inti dalam cerita tentu sangat menentukan apakah pembaca tertarik atau tidak. Untuk itu sebagai penulis harus membuat ceritanya menjadi semenarik mungkin agar pembaca lebih tertarik dan puas setelah membacanya dan dari isi inilah anda bisa melupkan semua perasaan anda selama liburan.

4. Baca Kembali 
Setelah selesai menulis, alangkah lebih bagusnya untuk membaca kembali tulisan atau karangan yang anda bikin agar tidak ada kesalahan dalam penulisan, baik dari kata, kalimat maupun perparagrafnya.

5. Mengatur kembali
Mengatur kembali mulai dai susunan, tata bahaasa dan lain sebagainya agar tulisan adna menjadi lebih terstruktur sehingga pembaca lebih mudah memahami tulisan atau karangan anda dan jangan lupa dibagian akhir cerita sampaika beberapa pesan sepata dua kata yang berhubungan dengan kegiatan anda selama liburan, dengan begitu kandungan atau isi tulisan anda bukan hanya semata-mata berbagi cerita perihal liburan tetapi juga menyipan pesan-pesan yang bisa di implementasikan nantinya Itulah beberapa cara menulis atau mengarang cerita tentang liburan.
berikut salah satu contoh karangan atau tulisan tentang liburan sekolah:

Liburan ke Permandian 

Menjadi seorang pelajar dengan banyaknya tugas tentu kadang membuat siswa merasa jenuh dan stress dalam menghadapi berbagai macam tugas dan soal-soal latihan, dalam hal ini liburan menjadi sesuatu yang paling ditunggu-tunggu oleh kaum pelajar. Liburan akhir semester kini telah tiba, momen yang sangat di nanti-nanti, dimana kita bisa melepaskan segala kepenatan, rasa bosan dan segala macam tekanan selama mengikuti proses belajar mengajar.

Sebelum liburan saya sudah mengagendakan untuk pergi kepermandian bersama teman-teman. Menjelang liburan kami melakukan berbagai macam persiapan, sebelum pergi kami mencari banyak referensi tentang lokasi permandian yang akan kami datangi, menentukan waktu pemberangkatan kami dan menyiapkan berbagai macam persiapan lainnya dan yang paling menyiapkan fisik dan mental, karena menurut referensi yang kami dapat, lokasi permandian dengan pemukiman warga terbilang cukup jauh dan kendaraan tidak bisa masuk, jadi kami harus berjalan kaki untuk bisa sampai ke lokasi permandian tersebut.

Liburan kali ini cukup menyenangkan, biasanya ketika liburan kami lebih banyak menghabiskan waktu dirumah, seperti membantu ibu, dan melakukan kegatan lainnya. Tapi pada kesempatan kali ini saya dan teman-teman menyisihkan waktu liburan ke permandian. Ketika waktunya tiba, saya dan teman-teman berangkat dari rumah menuju permandian, pada hari itu cuaca cukup panas, namun hal itu tidak menurunkan semangat kami untuk ke permandian, jarak antara rumah dan lokasi permandian sekitar 1 km.

Setibanya disana, kami tidak langsung mendapati permandiannya, disana mobil yang kami tumpangi hanya mampu mengantarkan kami di pinggiran hutan karena jalannya lokasinya yang masih sangat alami sehingga kami harus menempuh jarak sekitar 2 km dari perkampungan menuju permandian, meskipun lelah kami sangat berharap setibanya disana akan ada suguhan pemandangan yang sangat menyejukan mata dan perasaan.

Dan benar saja, rasa lelah kami selama di perjalan terbayarkan dengan indahnya pemandangan dan segarnya udara yang kami hirup, jauh dari perkotaan dan polusi-polusi kendaraan dan kebisingan kota, kami langsung menyimpan barang-barang bawaan kami dan langsung membasahi tubuh dengan segarnya air nan jernih, tak lupa pula seperti anak muda pada umumnya dimana selalu mengabadikan setiap momen disetiap kesempatan.

Hampir seharian kami berada dilokasi permandian, kini waktunya kami untuk kembali kerumah, diperjalanan pulang kami sangat senang rasa lelah kami seakan tidak terasa. Setiba dirumah saya dan teman-teman berbagi foto melalui group Whatsapp dan langsung menjadikannya story.

Momen liburan kali ini sangat menyenangkan dan tentunya tidak akan terlupakan, masa dimana berkumpul bersama teman-teman menghabiskan waktu, tertawa bersama dan saling berbagi cerita. Pesan saya melalui cerita ini, sebelum teman- teman berlibur atau mengagendakan untuk pergi ke suatu tempat baik hutan, pantai atau lainya perbanyak mencari referensi mengenai lokasi yang akan dipilih, persiapkan fisik dan mental dan yang paling penting meminta izin kepada orang tua.

Dan teman-teman harus ingat, tetap jaga sikap dan bertutur kata, jangan buang sampah sembarangan, apalagi buang air sembarang. Selamat berlibur, semoga liburan kali ini bisa menghilangkan segala macam kepenatan yang anda rasakan.

Itulah beberapa cara menulis atau mengarang cerita mengenai liburan dan contohnya. Selamat mencoba semoga berhasil. Demikianlah artikel tentang Cara Mengarang/ Menulis Cerita Tentang Libur Sekolah Beserta Contohnya, semoga beramanfaat

0 Response to "5 Cara Mengarang/ Menulis Cerita Tentang Libur Sekolah Beserta Contohnya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel