5 Alasan Pentingnya Menjaga Keutuhan NKRI

5 Alasan Pentingnya Menjaga Keutuhan NKRI_ Menjaga berasal dari kata jaga atau kata kerja sehingga dapat diartikan suatu tindakan, pengalaman, keberadaan, atau pengertian dinamis lainya. Lalu dalam hal ini apa yang harus dijaga? Yang harus dijaga disini adalah keutuhan NKRI, hari ini kita tidak perlu lagi menopang senjata dan bertaruh nyawa untuk melawan para penjajah. Tugas kita hari ini adalah menjaga keutuhan NKRI dan memahami betapa pentingnya menjaga yang namanya “keutuhan”.


Keutuhan dalam KBBI sendiri memiliki 2 arti yaitu; berasal dari kata utuh, keutuhan adalah senuah homonim yang memiliki pelafalan dan ejaan yang sama namun memiliki makna yang berbeda dan jika dalam kelas nomina menyatakan nama semua benda, nama, tempat, dan segala yang dibendakan. Namun jika berbicara tentang keutuhan tentu tidak lepas dari yang namanya kasatuan, jadi yang dimaksud disni adalah kesatuan Republik Indonesia yaitu Negara yang mempunyai satu kesatuan baik dalam wilayah, bangsa, ideologi, sistem ekonomi kekayaan alam, sistem politik, sosial budaya dan sistem hankamnas.

Negara Indonesia telah menjalani proses yang cukup panjang untuk mencapai puncak kemerdekaan yang tak lepas dari perjuangan para pahlawan, dalam perjuangan yang mengorbankan banyak jiwa dan waktu. Berkat rasa cinta dan kobaran semangat para pahlawan sehingga hari ini kita bisa menikmati kemerdekaan. Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, hal ini juga selalu diperingati setiap tahunnya sebagai bentuk rasa syukur serta mengingat kembali jasa-jasa para pahlawan dulu.

Memperjuangkan suatu negara bukanlah hal yang muda, dimana para pahlawan harus banyak berkorban demi kemerdekaan yang bahkan nyawapun dipertaruhkan untuk negeri tercinta. Indonesia di jajah oleh beberapa negara yaitu Belanda, Jepang, Inggris, portugis, spanyol, dan perancis dengan kurun waktu yang cukup lama. Iitulah yang seharusnya menjadi salah satu motivasi kita untuk tetap menjaga keutuhan NKRI agar tidak terpecah-bela dan penjajahan tidak terulang kembali, dalam UUD 1945 juga sudah termaktub dengan jelas bahwa NKRI harga mati.

Selain itu Indonesia juga berbeda dengan negara-negara lain yang dimana memiliki beribu-ribu pulau dengan perbedaan agama, suku, ras, bahasa budaya, adat dan istiadat hingga jika tidak adanya toleransi maka akan terpecah-bela. Untuk itu penting bagi kita untuk berpegang tegguh pada Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu demi menjaga keutuhan NKRI. Dalam hal ini ada beberapa dampak yang bisa kita rasa atau dapatkan ketika bisa menjaga dan paham akan pentingnya menjaga keutuhan NKRI seperti ;

5 Alasan Pentingnya Menjaga Keutuhan NKRI

1. Menghormati Jasa Para Pahlawan 
Hari ini negara Indonesia sudah merdeka dan bebas dari penjajahan, kita sudah bisa hidup dengan tenang. Semua kenikmatan yang dirasakan hari ini tidak lain adalah hasil dari jerih payah para pahlawan, lalu masih enggankah kita untuk menghormati mereka?

Menghormatipun tidak harus berdiri didepan makam dengan mengangkat tangan untuk hormat, tetapi cukup mejadi warga negara yang baik dimana ketika memperingati hari kemerdekaan Indonesia ikut berpartisipasi, kaum pelajar rajin mengikuti upacara bendera setiap hari senin, mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari- hari.

Semua itu sudah merupakan bagian dari bentuk rasa menghormati jasa para pahlawan yang kemudian untuk menjaga keutuhan NKRI. Ketika kita menghormati jasa para pahlawan maka kecintaan kepada tanah air akan terus bertambah sehingga munculah rasa untuk mejaga keutuhan NKRI dalam diri.

2. Agar Tidak Terpecah-belah 
Negara Indonesia sejak dahulu selalu hidup berdampingan meskipun berbeda-beda baik dari segi Bahasa, suku, agama, ras, budaya dan adat istiadanya. Hal ini bisa saja terpecah-bela jika tidak adanya sikap toleransi untuk menerima setiap perbedaan.

Untuk itu agar kita bisa menjaga keutuhan NKRI yaitu melalui sikap toleransi ini dan jika dilihat kembali sejarah perjuangan dalam memerdekakan Indonesia, pahlawan-pahlawan bukan hanya dari agama islam, bukan hanya dari agama Kristen, hindu, budha, dan lain sebagainya.

Namun pahlawan-pahlawan kita lahir dari berbagai macam agama, suku,budaya, ras, Bahasa dan adat istiadat, tetapi hal ini tidak menjadi penghalang untuk menyatukan mereka, justru dari perbedaan inilah mereka bisa Bersatu untuk Indonesia, negara tercinta.

3. Untuk Menunjukkan Jati Diri Bangsa Indonesia 
Pentingnya menjaga keutuhan NKRI adalah bentuk cinta akan tanah air, selain itu untuk menunjukan jati diri bangsa ini. Semua warga negara Indonesia turut andil menunjukan jati diri bangsa kepada negara lain atau kepada dunia bahwasanya negara kita juga memiliki harga diri yang kemudian agar tidak diperlakukan semenah-menah oleh negara lain. Persatuan warga negara Indonesia akan menjadi banteng paling kuat ketika negara sedang terancam dan hal inilah yang bisa menjaga keutuhan NKRI.

Hal yang paling melandasi adalah dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa sekaligus jati diri bagi Indonesia yang terdapat 5 sila yaitu keTuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyarawatan perwakilan serta dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dengan mengamalkan nilai- nilai Pancasila kita bisa menjaga keutuhan NKRI.

4. Menumbuhkan Sikap Nasionalisme dan Solidaritas 
Pentingnya menjaga keutuhan NKRI selain untuk menghindari perpecahan adalah untuk menumbuhkan sikap nasionalisme dan solidaritas warga negara Indonesia khususnya bagi para kaum muda mudi sebagai generasi penerus bangsa.\

Ada banyak cara untuk menumbuhkan sikap nasionalisme dalam diri seperti mengikuti atau berpartisipasi dalam HUT-RI , menjadi warga negara yang baik dengan mematuhi aturan yang sudah ditetapkan, melestarikan budaya, mencintai dan menggunakan produk local, bersedia mempertahankan dan memajukan suatu daerah demi kemajuan negara dan menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, itulah yang dikatakan dari bentuk sikap nasionalisme agar bisa menjaga keutuhan NKRI.

Dengan adanya sikap nasionalisme ini bisa menumbuhkan rasa rela berkorban, rasa solidaritas, rasa patriotisme, meningkatkan rasa cinta akan tanah air, mengharagai adanya perbedaan, dan meningkatkan kesadaran dalam berbangsa dan bernegara.

5. Agar Indonesia Tetap pada Eksistensinya 
Pentingnya untuk menjaga keutuhan NKRI adalah agar Indonesia tetap pada eksistensinya yang dimana telah dinyatakan dalam pembukaan dan batang tubuh pada UUD 1945 yang berisi tentang kesepakatan bersama bangsa Indonesia yang telah ditempuh melalui perjuangan dari generasi ke generasi.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan atau bagian dari tujuan pentingnya menjaga keutuhan NKRI, semoga dengan kewajiban ini bisa meningkatkan lagi rasa syukur kita kepada Tuhan karena hari ini kita bisa merasakan kemerdekaan tanpa harus berperang dan mempertaruhkan nyawa seperti yang dilakukan para pahlawan dahulu, tugas kita saat ini adalah agar bagaiman terus menjaga keutuhan NKRI.

Maka dari itu marilah kita untuk tetap saling bergandengan tangan, jangan biarkan warisan leluhur terusik hanya karena adu domba, kita junjung tinggi keBhinekaan demi keutuhan bangsa karena NKRI harga mati.

0 Response to "5 Alasan Pentingnya Menjaga Keutuhan NKRI"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel