11 Contoh Sikap Rela Berkorban dalam Kehidupan Sehari-hari

11 Contoh Sikap Rela Berkorban dalam Kehidupan Sehari-hari_ Menurut KBBI berkorban memiliki artian; pemberian yang dimana untuk menyatakan kebaktian seseorang. Sedangkan perwujudan dengan kata dasar wujud yang artinya rupa atau bentuk yang dapat dilihat atau sesuatu yang nyata. Jadi susuatu bisa dikatakan pengorbanan jika dapat di implementasikan melalui tindakan bukan hanya sekedar ucapan saja.


Sikap rela berkorban harus senantiasa ditanamkan dalam hati agar bisa menjadi pribadi yang mulia dan baik.  Lalu seperti apa contoh sikap rela kita sebagai bentuk pengorbanan dalam kehidupan sehari-hari? Berikut beberapa contohnya

11 Contoh Sikap Rela Berkorban dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Memilih tetap belajar saat diajak bermain oleh teman-teman meskipun sebenarnya ingin ikut bermain
Bagi seorang pelajar menuntut ilmu sangatlah penting, negara sangat membutuhkan penerus-penerus bangsa yang cerdas untuk bisa memajukan suatu negara serta menjaga keutuhannya. Jadi sebagai seorang siswa kita harus mengorbangkan waktu kita untuk belajar meskipun disaat yang bersamaan ada ajakan untuk bermain dari teman-teman lainnya.

2. Mengantikan Teman Piket Harian Jika Berhalangan Hadir
Di Sekolah biasanya ada kegiatan piket yang dilakukan oleh siswa secara bergantian, salah satu contoh bentuk perilaku rela berkorban adalah dengan mengantikan teman yang sedang tugas piket harian apabila berhalangan hadir ke sekolah n 

3. Meminjamkan Pulpen/Pensil Kepada Teman yang tidak Bawah Pulpen/Pensil
Saling membantu baik kepada guru maupun sesam teman, ketika yang lain mendapatkan masalah atau sedang kesusahan maka wajib dibantu, itulah yang namanya bentuk kekeluargaan dalam lingkungan sekolah. misalnya saja kita meminjakan pensil/pulpen kepada temany yang lupa membawa pulpen/pensil ke sekolah.

4. Bekerja sama membersihkan kelas (Bergotong Royong) 
Bergotong royong dalam melakukan kegiatan di sekolah seperti kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah, merapikan kursi dan meja disetiap kelas, membesihkan lantai Gedung atau kelas dan masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan dengan bergotong royong.

5. Memberikan Makanan Kepada Teman yang Sedang Kelaparan/Tidak Bawah Bekal
Salah satu bentuk sikap rela berkorban di lingkungan sekolah adalah dengan memberikan makanan kepada teman yang sedang kelaparan dengan begitu teman tersebut bisa terhindar dari sakit perut dana lain-lain

6. Ikut Kegiatan Siskamling/ronda (Menjaga Keamanan) Meskipun tidak dibayar
Menjaga keamanan agar tidak terjadi kerusuhan atau lain sebagainya, atau melakukan ronda setiap malamnya untuk mejaga keaman warga setempat. Itulah beberapa contoh sikap rela berkorban sebagai perwujudan menjaga keutuhan NKRI baik dilingkungan sekolah, keuarga maupun masyarakat.

7. Mempersilahkan Orangtua atau Ibu Hamil saat tidak ada lagi Kursi Kosong dalam Bus/Mobil
Dalam mobil biasanya akan penuh sesak, jika saat kalian naik mobil/bus dan melihat ada orangtua atau ibu hamil yang tidak kebagian kursi maka kalian bisa memberikan tempat duduk kalian kepada mereka, dan hal tersebut merupakan perilaku rela berkorban.

8. Memberikan Sebagian Harta yang dimiliki meskipun kita juga butuh
Selanjutnya perilaku rela berkorban adalah dengan memberikan sebagian uang yang dimiliki untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan misalnya orang fakir miskin, orang yang sedang ditimpa musibah (kebakaran rumah, banjir, dll).

9. Mengambil/Memungut sampah yang berserakan di Tempat Umum
Dalam kehidupan sehari-hari kadang kita menemukan banyak sampah yang berserakan di tempat umum, salah satu perilaku rela berkorban yang bisa kalian lakukan adalah dengan memungut sampah yang berserakan tersebut dan membuangnya di tempat sampah.

10. Memperjuangkan dan Menyuarakan Kebenaran Meskipun Nyawa Kita Terancam 
Jika ada hal yang benar maka kalian harus berani menyampaikannya meskipun banyak orang yang mungkin tidak senang dengan apa yang kalian sampaikan.

11. Memberikan kesempatan kepada kendaraan dari arah depan untuk menyebrang terlebih dahulu
Arus lalu lintas terkadang macet atau pada merayap, salah satu bentuk perilaku rela berkorban adalah dengan  kesempatan kepada kendaraan dari arah depan untuk menyebrang terlebih dahulu.

Demikianlah artikel tentang 11 Contoh Sikap Rela Berkorban dalam Kehidupan Sehari-hari, jika masih ada Contoh Sikap Rela Berkorban dalam Kehidupan Sehari-hari yang kalian ketahui, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini.

0 Response to "11 Contoh Sikap Rela Berkorban dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel