9+ Hak dan Kewajiban Siswa SD SMP dan SMA di Sekolah

9+ Hak dan Kewajiban Siswa SD SMP dan SMA di Sekolah_ Hak merupakan sesuatu yang dimana mutlak menjadi milik kita atau individu dan penggunaanya pun tergantung ada pada diri sendiri atau hak adalah segala sesuatu yang harus dimilki setiap individu dan tidak bisa diganggu gugat. Menurut George Natbaniel Curzon hak dapat dibagi menjadi 4 bagian yaitu; hak sempurna, hak utama, hak public, hak positif dan negative, dan hak milik. Namun jika dilihat secara umum hak dapat dibagi menjadi 5 macam yaitu;
1. Hak absolut
2. Hak individu dan sosial
3. Hak legal dan moral
4. Hak positif dan hak negative
5. Hak khusus dan hak umum


Sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang harus kta penuhi atau lakukan agar kiranya bisa mendaptkan hak dan dilakukan dengan rasa tanggung jawab sesuai dengan peraturan yang sudah ditepkan dalam UUD 1945 yang meliputi; hak dan kewajiban dalam berpolitik yang terdapat pada pasal 27 ayat 1, hak dan kewajiban dalam bidang sosial budaya pada pasal 31 ayat 1 dan pasal 32, hak dan kewajiban dalam bidang hankam pasal 30, hak dan kewajiban dalam bidang ekonomi terdapat pada pasal 33 ayat 1 sampai dengan ayat 3, pasal 34. Setiap sekolah memiliki aturan dan kebijakannya masing-masing dan harus wajib dipatuhi oleh semua siswa, adapun hak dan kewajiban siswa yaitu ;

9+ Hak dan Kewajiban Siswa SD SMP dan SMA di Sekolah

Hak  Siswa SD SMP dan SMA di Sekolah

1. Siswa berhak mendapatkan perlakuan adil 
Setiap siswa tentunya berhak mendapatkan perlakuan adil baik dari kepala sekolah maupun dari, baik dalam bentuk perlakuan maupun perkataan. Misalnya pemberian nilai dan sebagainya.

2. Berhak dalam menggunakan fasilitas sekolah 
Siswa yang telah melakukan kewajibannya dengan baik seperti membayar uang komite maka dia berhak untuk mendapatkan haknya untuk memakai fasilitas yang sudah disediakan oleh sekolah, seperti perpustakaan, ruang lab, wa, mushollah, kelengkapan olahraga dan lain sebagainya sesuai dengan keperuluan siswanya.

3. Berhak berorganisasi 
Siswa juga memilih organisasi manapun yang ia mau, seperti Osis dan MPR yang dimana bertujuan untuk mengembangkan potensi dalam diri siswa, menambah wawasan dan menyalurkan kreativitas melalui organisasi ini.

4. Berhak Memiliki Banyak Teman 
Dalam bergaul dilingkungan sekolah, siswa diberi kebebasan atau memiliki hak penuh untuk bergaul dengan siapa saja dan seberapa banyak orang untuk dijadikan teman disekolah.

5. Berhak Meminjam Buku Diperpustakaan 
Persoalan buku yang ada diperpustakaan merupakan bagian dari fasilitas sekolah, siswa berhak untuk meminjam buku dengan lama waktu sesuai dengan yang sudah disepekati dengan pihak sekolah atau pengurus perpustakaan sesuai dengan kesepatakan atau aturan yang sudah ditetapkan.

6. Berhak Menerima Pelajaran 
Salah satu kegiatan utama disekolah yaitu belajar dan sudah menjadi kebutuhan pokok untuk para siswa, dan sudah menjadi hak tentunya yang dimana agar mereka bisa menjadikannya bekal dikemudian hari atau kedepannya. Baik pada saat ulangan, ujian maupun seleksi pada saat melanjutkan Pendidikan diperguruan tinggi nanti.

7. Berhak Mengikuti Lomba 
Sebagai bentuk menyalurkan keterampilan atau keahlian maka setiap siswa memiliki hak untuk mengajukan atau mendaftarkan diri untuk mengikut lomba baik dari bidang Pendidikan, olahraga, maupun kesenian,

8. Berhak Memberikan Saran 
Ketika aturan, kebijakan atau hal lain yang berkaitan dengan sekolah tidak sesuai dengan kemampuan warga sekolah, maka setiap siswa diberikan hak untuk menyampaikan saran namun dengan sopan. Misalnya disampaikan langsung melalui ketua kelas ke organisasi osis untuk disampaikan kepada pihak sekolah atau bisa dengan menggunakan surat lalu dimasukan dalam kotak saran.

9. Berhak Mendapatkan Beasiswa 
Setiap sekolah tentu memiliki BO (Bantuan Operasional Sekolah), bantuan ini tidak hanya menunjang kebutuhan sekolah tatepi juga memberikan hak kepada siswa yang kurang mampu atau siswa yang berprestasi agar diberikan beasiswa .

11 Kewajiban Siswa SD SMP dan SMA disekolah 

1. Taat kepada aturan-aturan sekolah, kepala sekolah dan guru
Pertama kewajiba siswa di sekolah adalah taat aturan dan taat kepada kepala sekolah dan guru disekolah Siswa diwajibkan untuk taat kepada guru disekolah, karena guru bukan hanya seorang pendidik ataupun pembimbing melainkan sebagai orang tua kedua murid disekolah. Setiap arahan guru harus didengarkan, melaksanakan perintah guru seperti mengerjakan tugas,

2. Ikut menjaga kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah
Kerbesihan sekolah akan terjaga jika adanya kerjasama antara guru dan murid seperti tidak membuang sampah sembarangan, begitupula dengan keamanan yang dimana siswa tidak membuat kegaduhan ketika berada lingkungan sekolah dan tertib seseuai dengan aturan yang dsudah ditetapkan oleh sekolah.

3. Ikut memelihara halaman, gedung, dan perabotan ada disekolah 
Setiap siswa juga berkewajiban untuk memelihara halaman sekolah, memelihara Gedung dengan tidak mencore-coret temboh, pagar, meja, kursi dan lain sebagainya serta menjaga perabotan yang ada disekolah seperti sapu, kain pel, tong sampah, sendok sampah, penghapus dan lain sebagainya.

4. Wajib mengikuti proses belajar 
Salah satu kewajiban siswa adalah wajib mengikuti proses belajar mengajar dikelas, karena dengabn mengikuti proses pembelajaran menjadi syarat untuk kenaikan kelas atau kelulusan

5. Wajib mengikuti upacara setiap hari senin atau seminggu sekali 
Sudah menjadi budaya di Indonesia bahwasanya setiap hari senin selalu diadakan upacara bendera disekolah-sekolah, untuk itu siswa diwajibkan agar mengikutinya. Selain mengikuti tata tertib sekolah, mengikuti upacara juga sebagai bentuk rasa syukur dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur.

6. Memberikan surat keterang jika sedang izin maupun sakit 
Kewajiban sebagai seorang siswa untuk mengikuti proses belajar mengajar dikelas maka ketika siswa tersebut tidak dapat hadir dengan alasan sakit atau izin karena ada urusan yang harus diselesaikan maka ia harus membuat surat keterangan sakit atau izin.

7. Melengkapi perlengkapan sekolah untuk diri sendiri 
Melengkapi perlengkapan sekolah sudah menjadi bagian dari kewajiban setiap siswa, seperti buku, alat tulis, penghapus dan lain sebagainya.

8. Ikut serta dalam melaksanakan tata tertib sekolah 
Setiap sekolah tentu memiliki aturan-aturan yang sudah ditetapkan , untuk itu siswa wajib mentaati aturan tersebut demi meningkatkan kedisipilinan sisswanya.

9. Membantu kelancaran proses belajar mengajar dikelas 
Guru dan siswa harus bekerjasama untuk itu siswa wajib membantu guru untuk kelancaran proses belajar mengajar dikelas, karena ketika siswa tidak memperhatikan dengan baik atau sedang asyik bermain maka proses belajar mengajar tidak akan berjalan dengan baik.

10. Menjaga nama baik sekolah 
Setiap siswa diwajibkan untuk menjaga nama baik sekolah dengan tidak melakukan hal-hal buruk, baik ketika berada dalam sekolah maupun diluar sekolah dengan tidak mengikuti tawuran antar sesama pelajar, keliaran diluar lingkungan sekolah dengan menggunakan seragam sekolah pada saat jam belajar.

11. Memakai pakaian yang sesuai dengan hari 
Siswa juga diwajibkan untuk memakai seragam sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan, dimana seragam yang dikenakan harus sesuai dengan hari. Misalnya hari senin sampai dengan selasa menggunakan putih merah untuk SD, putih biru untuk SMP, dan putih abu-abu bagi siswa SMA, untuk hari rabu dan kamis siswa mengenakan seragam batik atau sentuhan daerah disekolah tersebut, jumat pramuka dan sabtu baju olahraga.

Demikianlah artikel tentang 9+ Hak dan Kewajiban Siswa SD SMP dan SMA di Sekolah yang harus dilakukan, semoga generasi penerus bangsa menjadi peserta didik yang taat dan patuh akan aturan yang sudah ditetapkan agar meningkatkan kedisiplinan para siswa.

0 Response to "9+ Hak dan Kewajiban Siswa SD SMP dan SMA di Sekolah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel