Tuesday, 6 December 2016

6 Cara Mengatasi Kebiasaan Mencontek Pada Siswa

Tags
6 Cara Mengatasi Kebiasaan Mencontek Pada Siswa_ Kebiasaan mencontek merupakan salah satu sifat yang tidak terpuji, mencontek merupakan perilaku yang biasa dilakukan sebagian siswa ketika sedang diberikan tugas atau ketika sedang mengikuti ujian sekolah. kebiasaan mencontek siswa yang dilakukan secara berulang-ulang dikhawatirkan akan berpengaruh pada karakter seorang siswa ketika dewasa kelak. namun dewasa ini mencontek bagi sebagian orang tidak lagi menjadi hal yang memalukan bahkan memandang kebiasaan mencontek sebagai perbuatan yang biasa-biasa saja. 
Cara Mengatasi Kebiasaan Mencontek Pada Siswa
SUMBER: MUSLIM.OR.ID
Untuk itu guru memiliki tugas dan peranan yang  sentral dalam mengatasi kebiasaan mencontek siswa, Karena sebenarnya kebiasaan mencontek muncul ketika seorang anak menempuh pendidikan di sekolah, hal itu berarti kebiasaan mencontek siswa dipengaruhi oleh cara guru dalam mengajak dan mendidik siswanya.
Oleh karena itu siswa tidak boleh sepenuhnya disalahkan ketika mereka mencontek namun gurulah yang mesti mengevaluasi dirinya, tentang bagaimana cara dan metode yang digunakannya selama ini karena bisa jadi kebiasaan mencontek siswa muncul akibat guru yang salah atau kurang tepat dalam mendidik siswanya.

Baca juga
7 Pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa
10 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak
6 Dampak Positif Dan Negatif Internet Bagi Anak

sebelum mempelajari cara mengatasi kebiasaan anak yang sering mencontek sebaiknya seorang guru mesti memahami apa faktor-faktor yang menyebabkan seorang siswa mencontek, berikut beberapa faktor yang kemungkinan memicu munculnya kebiasaan mencontek pada siswa:

FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN SEORANG SISWA MENCONTEK

1. Tidak percaya diri
sebagian siswa biasanya mencontek karena tidak percaya dengan kemampuan yang dimilikinya sehingga lebih memilih mencontek jawaban orang lain atau temannya. padahal bisa jadi jawabannya yang lebih tepat namun karena krisis kepercayaan diri akhirnya memilih untuk mencontek

2. Malas Belajar
Salah satu penyebab utama seorang siswa mencontek adalah karena siswa tersebut malas belajar sehingga tidak bisa/tidak tahu menjawab soal yang diberikan dan akhirnya siswa tersebut memilih mencontek agar bisa menyelesaikan tugasnya.

3. Kurang memahami pelajaran
Guru yang memaparkan pelajaran dengan tidak maksimal dan terkesan asal-asalan membuat pemahaman siswa akan pelajaran tersebut tidak maksimal dan membuat siswa tidak sepenuhnya mengerti dengan pelajaran. namun sebagian siswa juga terkadang ketika belum memahami pelajaran takut/malu untuk menyampaikan kepada gurunya efeknya ketika diberi ujian siswa tersebut akhirnya menyontek.

4. Tidak mau berusaha
Sebagian siswa juga memiliki tipe yang tidak mau berusaha dan hanya mengandalkan temannya alhasil menyontek adalah hal yang lumrah dilakukannya.

Demikianlah beberapa faktor yang menyebabkan seorang siswa menyontek, sebagai seorang guru dituntut agar mampu meminimalisir faktor penyebab menyontek yang dilakukan oleh siswa.

Setelah mengetahui faktor yang menyebabkan siswa mencontek kemudian merumuskan solusi agar siswa tidak menyontek sehingga kebiasaan siswa yang suka mencontek menjadi berkurang. adapun cara mengatasi kebiasaan mencontek pada siswa adalah sebagai berikut.

6 Cara Mengatasi Kebiasaan Mencontek Pada Siswa

1. Menanamkan sikap jujur dalam diri siswa
Solusi jitu meminimalisir kebiasaan menyontek pada siswa adalah mengajarkan arti dari nilai-nilai kejujuran, dengan memahami makna kejujuran siswa menjadi enggang untuk menyontek. guru bisa memberi nasihat kepada siswanya bahwasanya lebih baik mendapat nilai rendah dari pada harus mencontek karena mencontek adalah perbuatan yang tidak terpuji dan sama dengan mencuri.

2. Memuji hasil usaha terbaik siswa meskipun belum memenuhi standar
Setiap upaya dan hasil yang diperoleh siswa sebaiknya diapresiasi meskipun masih kurang hal ini untuk menghindarkan perasaan rendah diri siswa dan menimbulkan rasa percaya diri siswa. dengan mengapresiasi hasil usaha siswa, akan memberi dorongan bagi siswa untuk belajar lebih giat lagi.

3. Menjelaskan dampak buruk jika suka mencontek
Seorang guru harus memberi pemahaman dan nasihat kepada muridnya tentang dampak buruk jika suka mencontek, dengan mengetahui dampak buruk jika suka mencontek, siswa akan berpikir dua kali untuk mencontek.


4. Menanamkan pada diri siswa bahwa menyontek tidak menyelesaikan masalah
Sebagian siswa hanya berpikir bagaimana cara menyelesaikan tugasnya tanpa memperdulikan cara yang dilakukan sudah benar atau salah. untuk itu guru sebaiknya menjelaskan bahwa kalau menyontek tidak menyelesaikan masalah justru semakin memicu munculnya masalah lain.

5. Rajin belajar dan giat latihan menjawab soal pelajaran
Belajar yang lebih giat lagi dan memperbanyak menjawab soal-soal pelajaran sehingga kemampuan intelektual siswa semakin bertambah dengan itu akan sedikit mengurangi frekuensi mencontek seorang siswa.

6. Memberi pelajaran bermakna
Cara guru dalam mendidik dan mengajar siswa merupakan kunci utama aspek sikap, keterampilan dan intelektual siswa. sebaiknya dalam setiap pembelajaran ditanamkan nilai-nilai positif dan guru harus menjadi teladan bagi muridnya. mengajar dengan maksimal dan sepenuh hati agar siswa bisa dengan mudah memahami suatu pelajaran.

Demikianlah 6 Cara Mengatasi Kebiasaan Mencontek Pada Siswa Semoga bermanfaat.

1 comments so far

Saya ingin tau bagaimana cara merubah sikap siswa/siswi yang suka menyontek kalau kedudukan saya dengan dia sama??

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon