Sunday, 12 November 2017

6 Dampak Negatif Kebiasaan Mencontek Bagi Siswa

6 Dampak Negatif Kebiasaan Mencontek Bagi Siswa_ Mencontek adalah hal yang sudah cukup lumrah kita dengar yang dilakukan oleh para siswa/pelajar, apalagi jika siswa dihadapkan pada kegiatan ulangan harian, ujian tengah semester dan ujian semester maka perilaku mencontek biasa dilakukan oleh siswa guna memperoleh jawaban yang diinginkannya.


Namun hal tersebut bukan berarti semua siswa suka melakukan kebiasaan tersebut (mencontek) karena seperti yang kita ketahui, bahwasanya masih banyak siswa yang menjunjung nilai-nilai sportivitas dengan tidak mencontek guna memperoleh hasil yang baik.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Kebiasaan Mencontek Pada Siswa

Mencontek sendiri sebenarnya akan menimbulkan efek negatif bagi siswa kelak, terutama pada proses pembentukan karakter siswa tersebut, sehingga kebiasaan mencontek yang dilakukan oleh seorang siswa harus mampu diminimalisr oleh guru agar kebiasaan tersebut tidak menjadi bagian dari kepribadian siswa.
Lantas apa saja dampak negatif yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan mencontek yang kadang dilakukan oleh siswa? Berikut ulasannya:

6 Dampak Negatif Kebiasaan Mencontek Bagi Siswa
1. Membuat siswa malas belajar
Kebiasaan mencontek yang telah biasa dilakukan oleh siswa, akan membuat siswa yang bersangkutan menjadi malas untuk belajar, bisa jadi mereka akan berpikir “buat apa repot-repot belajar toh kita bisa mencontek saat ujian/ulangan”.
Munculnya mindset yang seperti itu membuat motivasi siswa untuk belajar menjadi rendah, sebaliknya motivasi untuk melakukan kecurangan saat ujian dengan jalan mencontek bisa menjadi lebih tinggi.
Efek dari kebiasaan malas belajar membuat generasi muda (siswa/pelajar) menjadi tidak kompeten, alhasil pendidikan bisa jadi hanya melahirkan generasi yang memiliki nilai tinggi tapi minim dengan kompetensi

2. Membuat siswa lebih menyukai cara-cara instan
Efek selanjutnya dari kebiasaan mencontek yang dilakukan oleh siswa yakni membuat siswa malas untuk berusaha dan lebih memilih cara-cara instan, mereka bisa jadi hanya berorintasi pada hasil tanpa memperdulikan proses.

Kebiasaan mendapatkan sesuatu tanpa dilalui dengan kerja keras akan membuat karakter siswa menjadi ambisius dan bisa berefek negatif pada sifatnya kelak.

3. Tidak adil pada siswa lain
Dampak buruk lainnya dari kebiasaan mencontek adalah adanya ketidakadilan bagi siswa lain, terutama siswa yang memang belajar guna menghadapu ujian. Dan tak jarang nilai yang didapat oleh siswa yang mencontek lebih tinggi ketimbang nilai yang didapat oleh siswa yang bersungguh-sungguh belajar.

Kondisi yang demikian sangat memprihatinkan, hilangnya sikap jujur dan sportivitas akan membuat siswa lain yang berlaku jujur akan sangat dirugikan.

4. Menjadi contoh buruk bagi siswa lain
Kebiasaan mencontek yang biasa dilakukan oleh siswa tertentu bisa memberi pengaruh negatif bagi siswa lain, siswa lain bisa jadi akan ikut-ikutanmelakukan hal yang sama (mencontek), perilaku mencontek yang dilakukan 1 atau dua kali mungkin tidak berpengaruh besar pada siswa lain, namun jika kebiasaan tersebut selalu dilakukan maka lama-kelamaan siswa yang lain akan menlakukan tindakan yang serupa.

5. Cikal bakal lahirnya koruptor
Mencontek adalah suatu perilaku mengambil sesuatu dengan cara yang tidak benar, mencontek jika dilihat secara sepintas memang terlihat sebagai perbuatan yang tidak terlalu buruk namun efek yang ditimbulkan sangat bahaya.

6. Mudah menyerah jika mendapatkan kesulitan
Karena telah terbiasa mendapatkan sesuatu dengan cara mudah/instan, alhasil ketika siswa-siswa yang biasa mencontek tersebut dihadapkan pada hal yang sulit dan menantang, bisa jadi mereka akan mudah menyerah dan putus asa.



Bisa jadi generasi-generasi yang suka mencontek akan tumbuh menjadi sosok yang sukses namun suka korupsi danmengambil barang yang bukan haknya, kita tahu sendiri bukan bahwasanya orang yang menduduki jabatan sebagai pejabat bukanlah orang yang bodoh, tapi kenapa mereka bisa korupsi? Bisa jadi hal tersebut terjadi karena kurangnya penanaman nilai-nilai kejujuran saat mereka masih duduk dibangku sekolah.

Lantas bagaimana cara meminimalisir kebiasaan mencontek pada siswa agar kebiasaan tersebut tidak memberi dampak kurang baik pada siswa? Berikut beberap tips yang bisa anda coba

Tips meminimalisir kebiasaan mencontek siswa
1. Perbanyak kegiatan kerja kelompok diskusi
Kerja kelompok/diskusi mengarahkan siswa untuk bekerja dalam team sehingga mereka akan saling membantu satu sama lain
2. Utamakan penilaian pada proses
Untuk mengukur tingkat pemahaman siswa selain melalui tes tertulis, anda juga bisa menerapkan metode praktikum yang berorientasikan “learning by doing” belajar sambil melakukan
3. Memberi pemahaman pada siswa tentang dampak buruk dari kebiasaan mencontek
4. Latih siswa untuk lebih bersikap jujur.
Demikianlah 5 Dampak Negatif Kebiasaan Mencontek Bagi Siswa serta tips yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kebiasaan mencontek siswa.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon