9 Skill yang Harus dipelajari dan dikuasai di Era Revolusi Industri 4.0

Skill yang Harus dipelajari dan dikuasai di Era Revolusi Industri 4.0_ Tren Revolusi Industri 4.0 kini semakin mendunia yang dimana menggabungkan otomatisasi dengan teknologi cyber. Teknologi manufaktur pada industri 4.0 ini sudah memasuki tren otomatisasi dan pertukaran data, yang mencakup internet of things, sistem cyber-fisik, komputasi awan, dan komputasi kognitif.

source:NUSABALI.com
Lebih singkatnya revolusi 4.0 ini menanamkan teknologi yang cerdas sehingga dapat terhubung dengan berbagai bidang dalam kehidupan manusia. Dengan tren ini kehidupan manusia berkembang sangat pesat mulai dari dunia kerja, ekonomi, bahkan gaya hidup.

Di Indonesia sebagai langkah awal telah menjalankan making Indonesia 4.0 dan terfokus pada makanan dan minuman, tekstil, otomotif, kimia dan elektronika. Industri inilah yang diharapkan agar membawa pengaruh besar dalam hal kontribusi dan daya saing sehingga Indonesia mampu menuju 10 besar ekonomi dunia ditahun 2030 mendatang.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga menuntut anda harus mampu berkarya dan bersaing , lalu sudah siapkah anda menghadapi revolusi industri 4.0 dan apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan skill ?. Berikut beberapa hal yang harus anda lakukan agar mampu bersaing di era revolusi industri 4.0

9 Skill yang Harus dipelajari dan dikuasai di Era Revolusi Industri 4.0

1. Mampu Berbahasa Asing 
Di era revolusi industri 4.0 menguasai berbagai macam bahasa asing sudah menjadi skill yang sangat penting khususnya bahasa inggris yang dimana sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Saat ini banyak perusahaan yang mempekerjakan seseorang yang mampu berbahasa asing, selain menjadi poin plus posisi dalam pekerjaan juga akan di pertimbangkan.

Namun jika anda belum sama sekali mampu berbahasa asing yang harus anda laukan adalah dengan memulai dari awal yaitu belajar. Dalam belajar bahasa inggris ada beberapa hal yang harus anda lakukan. Pertmana memiliki kamus untuk mempermudah anda, selain kamus dalam bentuk buku ada juga kamus yang dapat di download sehingga lebih memudahkan disbanding dengan membawa buku.

Kedua hafalan kosakata, anda bisa memasang target misalnya 15-20 kata perhari. Ketiga membaca, anda bisa membaca buku, novel, majalah atau sesuatu yang bisa dibaca agar lebih mudah dan terbiasa dalam pengucapan kata. Tetapi untuk mempermudah cobalah untuk mengikuti kursus.

2. Literasi Teknologi
Design Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat anda dituntut harus memiliki skill dalam menggunakan teknologi, tidak hanya aplikasi dasar tetapi semua diwajibkan dan mampu mengoperasikannya dengan baik.

Tidak hanya itu, anda juga harus mampu membuat design dalam aplikasi seperti corel draw. Meskipun tidak terlalu mahir dalam dunia seni setidaknya anda mampu membuat design meskipun dalam bentuk sederhana.

3. Comunication Skill (Kemampuan Berkomunikasi)
Manusia sebagai makhluk sosial tentu saja selalu berinteraksi dengan orang lain, misalnya ketika anda akan mempresentasikan hasil kerja atau karya kepada orang lain maka anda harus memiliki skill publik speaking yang bagus agar mereka bisa tertarik dengan apa yang anda sampaikan. Kemampuan ini sangat dibutuhkan di era revolusi industri 4.0 apalagi dalam dunia kerja.

Jika anda tidak memiliki skill ini maka ketika akan tampil didepan umum yakin dan percaya anda akan merasa gugup dan tidak percaya diri. Untuk meningkatkan kualitas public speaking ada beberapa cara yang harus dilakukan salah satunya yaitu berlatih dengan berulang kali, anda bisa berlatih didepan cermin atau meminta seseorang sebagai pendengar untuk membantu anda dalam proses latihan.

4. Manajemen Waktu
Ketika anda mampu mengatur waktu dengan baik maka anda merupakan salah satu orang yang akan sukses, karena disiplin waktu merupakan modal utama dalam pekerjaan apapun. Nyatanya mengatur waktu memang tidak semudah membalikan telapak tangan.

Ada beberapa hal yang harus anda jadikan kebiasaan, jika anda memiliki banyak pekerjaan maka yang harus anda dahulukan adalah yang penting-penting dan jadikan itu prioritas, belajarlah mengatakan “tidak” untuk memerangi kebiasaan membuang-buang waktu dengan melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat, fokus pada pekerjaan anda juga merupakan hal yang penting agar dapat terselaikan dengan cepat, dan yang paling penting jeli dalam mengatur waktu baik sedang bersama keluarga, teman, maupun sedang melakukan aktivitas lainnya

5. Colaboration (Kemampuan Bekerja sama)
Tidak jarang kita temukan orang yang terbiasa mengerjakan segala sesuatu sendiri, sesulit apapun itu. Namun hal ini harus anda hindari dan hilangkan ego bahwa anda selalu bisa dan paling benar. Dalam keadaan tertentu anda harus bisa menerima pendapat orang lain, meskipun anda memiliki skill lebih tetapi ketika anda mengedepankan ego maka akan banyak orang yang enggan untuk bekerjasama dengan anda.

Disini anda harus memiliki kemampuan dalam bekerjasama tim selain meningkatkan kekompakan dengan kerjasama bisa mengingkatkan kualitas kepemimpinan anda. Hal yang perlu anda pahami adalah manfaat dari kerjasama tim, tentu saja bekerjasama akan lebih terasa ringan dibandingan dengan hanya bekerja sendiri.

Karena dengan bekerjasama dapat meningkatkan efisiensi kerja, memiliki banyak ide kreatif karena banyaknya masing-masing pendapat, beban kerja menjadi lebih ringan, dan tentunya akan lebih hemat tenaga dan waktu.

6. Berpikir Kritis (Critical Thinking) 
Critical Thinking atau biasa dikenal dengan berpikir kritis sangat diperlukan karena dengan kritis bisa memiliki tujuan yang beralasan, jelas dan tentu berorientasi pada sasaran. Mengapa di era 4.0 sangat dibutuhkan orang-orang kritis?

Karena dengan berpikir kritis seseorang bisa memiliki banyak alternatif jawaban dan ide kreatif, mudah memahami sudut pandang orang lain, bisa menjadi rekan kerja yang baik, lebih mandiri, sering menemukan peluang baru, meminimalisir akan adanya kesalahan presepsi, dan tidak mudah ditipu.

7. Meningkatkan Kreatifitas 
Selanjutnya salah satu poin yang penting adalah dengan meningkatkan kreatifitas dalam berinovasi agar terus menemukan sesuatu yang unik dan tentunya bisa bermanfaat bagi orang banyak. Untuk meningkatkan kreatifitas cobalah untuk mengubah cara berpikir anda dari negatif ke arah yang lebih positif, tulislah secara detail mengenai situasi kesulitan yang anda hadapi, banyak bertanya atau diskusi dengan teman.

Lakukan keputusan yang terbaik dari beberapa alternatif solusi yang sebelumnya telah anda buat, anda harus bertindak, menentukan deadline, tentukan satuan pengukuran dalam keputusan anda, buatlah planning jika keputusan terbaik anda tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

8. Bernegosiasi 
Poin yang tidak kalah penting adalah dimana anda mampu untuk bernegosiasi dengan orang lain, dan bisa meyakinkan orang lain terutama dalam aspek pekerjaan. Karena setiap pekerjaan tentu saja memiliki kesepakan yang disetujui bersama dan tentunya diharapkan akan memiliki hasil yang sesuai dengan apa yang sebelumnya sudah disepakati. Anda bisa menguasai cara bernegosiasi dengan perbanyak latihan dan bisa menanyakan kepada yang ahli dan sudah berpengalaman.

9. Mampu Menyelesaikan Masalah (Problem Solving)
Dalam keadaan tertentu anda harus mampu dalam menyelesaikan suatu permasalahan secara spontan. Itulah kenapa poin sebelumnya menuntut anda untuk bisa berprikir kritis karena memang sangat dibutuhkan. Dalam dunia kerja tentu saja akan selalu dihadapkan dengan berbagai macam masalah dan anda harus bisa menyelesaikannya.

Demikianlah 9 Skill yang Harus dipelajari dan dikuasai di Era Revolusi Industri 4.0, semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk anda semua.

0 Response to "9 Skill yang Harus dipelajari dan dikuasai di Era Revolusi Industri 4.0"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel