8 Peluang Karier Guru Selain Mengajar di Kelas

8 Peluang Karier Guru Selain Mengajar di Kelas_ Menjadi seorang guru tentu merupakan profesi yang tidak gampang dimana harus sabar dalam mendidik bermacam-macam jenis karakter siswa dan tetap semangat dalam mendidik.



Namun masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa guru memilik peluang karier selain mengajar. Banyak orang mengatakan bahwa semua profesi dapat dikerjakan oleh guru terkecuali tentara, dokter dan polisi. Jika anda seorang guru

cobalah lakukan yang lebih dari sekedar mengajar dikelas. Lalu apa saja peluang karier guru selain mengajar di kelas? Berikut beberapa peluang kerja yang dapat dilakukan oleh seorang guru

8 Peluang Karier Guru Selain Mengajar di Kelas

1. Menjadi Guru Bimbel
Selain mengajar di kelas untuk mengisi waktu kosong anda juga bisa menjadi guru bimbel. Namun sebelum menjadi guru bimbel ada beberapa hal yang harus anda lakukan agar lebih percaya diri dalam mengajar, yaitu pertama meyakinkan diri bahwa apa yang anda lakukan atau kerjakan semata-mata untuk mendidik siswa

Kedua melakukan riset pencarian data mengenai sekolah asal siswa yang akan anda ajar hal ini bertujuan agar mengetahui latar belakang sekolah tersebut, ketiga mengetahui tipe kurikulum jenis apa yang digunakan sekolah tersebut agar anda bisa menyesuaikan,

Keempat mengenali tipe disiplin agar bisa disesuaikan pada saat mengikuti bimbel atau bisa juga membuat aturan baru yang sesuai dengan anda asal tidak memberatkan siswa, kelima anda harus siap menjadi konselor dari setiap siswa jika sewaktu-waktu mereka membutuhkan anda, dan yang terakhir adalah sebagai seorang guru anda harus mengenali setiap gaya belajar siswa baik secara visual, auditorial maupun kinestetik.

2. Menjadi Penulis 
Bagi anda yang memiliki kemampuan lebih, selain menjadi guru anda juga bisa menjadi seorang penulis. Anda bisa mengabdikan karya melalui tulisan, tentunya anda bisa mendapatkan inspirasi darimana saja dan bisa berbagi insprirasi pada siapa saja.

Melalui tulisann anda bisa berbagi gagasan, ide, perasaan, bahkan pengalaman dan bisa menuangkan segala isi pikiran dan isi hati melalui tulisan. Sebelum menjadi penulis ada beberapa cara yang harus diperhatikan seperti menentukan apa yang akan anda tulis misalnya tulisan berbentuk cerpen, novel, puisi atau tulisan yang bebas dan kreatif.

Tentunya anda juga harus rajin membaca untuk lebih memperbanyak kosakata, latihan menulis agar terbiasa, mencari mentor atau meminta teman untuk membaca tulisan anda, dan yang paling penting nikmati proses menulis. Dengan menulis akan memberikan manfaat lebih seperti pengetahuan pada diri sendiri dan orang lain yaitu para pembacanya, melatih komunikasi anda, memperluas pertemanan dan pastinya memberi penghasilan tambahan bagi anda.

3. Membuka Kursus Belajar bagi Siswa
Anda juga bisa membuka kursus belajar sesuai dengan kemampuan anda, misalnya sebagai guru bahasa inggris disekolah anda bisa membuka kursus bahasa inggris. Selain banyak diminati, bahasa inggris merupakan bahasa pergaulan dunia internasional dan peminatnya tidak hanya dikalangan pelajar tetapi mahasiswa dan umum.

Agar usaha ini berjalan dengan lancar buatlah sesuatu yang berbeda misalnya dengan sistem pembelajaran yang mudah dipahami dan menyenangkan, anda juga bisa mengajak teman yang lebih ke pelajaran IPA atau Matematika untuk bekerjasama agarlebih lengkap.

4. Menjadi Youtuber 
Siapa bilang guru tidak bisa menjadi youtuber, terlebih bagi anda yang suka eksis. Anda bisa membagikan karya-karya anda melalui channel pribadi anda, misalnya video tutorial membuat karya seni bagi pelajar dan masih banyak lagi konten-konten yang lebih mendidik dan tentunya karya melalui video.

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan jika anda ingin menjadi youtuber pribadi seperti memilih nama channel yang mudah diingat, memosting video lebih teratur misalnya tutorial belajar matematika anda bisa membuat part I, II dan seterusnya agar lebih jelas dan mudah dipahami.

5. Menjadi Blogger 
Menjadi blogger ada beberapa syarat yang harus anda penuhi agar menjadi blogger professional. Pertama, anda harus mampu memiliki waktu yang dimana untuk mengelola blog, tidak hanya itu anda juga harus memiliki waktu untuk mendapatkan serta mengumpulkan informasi, berinteraksi dengan blogger lain dengan tujuan agar saling berbagi pengalaman, melakukan riset online agar meningkatkan kualitas blog anda.

Kedua kemampuan menulis, salah satu penunjang agar menjadi penulis yang handal adalah dengan rajin membaca buku agar memperbanyak kosakata. Ketiga kemampuan mendesain blog, hal ini sangat penting untuk kesuksesan blog agar tidak membosankan dan lebih menarik perhatian serta minat para pembaca.

6. Menjadi Konselor Pendidikan 
Menjadi konselor tidak harus guru BK, karena setiap guru tentu mempelajari tentang psikologi anak atau siswa dengan begitu akan sangat mudah untuk menjadi seorang konselor. Saat ini banyak pelajar yang dimana pergaulannya sudah melewati batas mulai dari tawuran, narkoba, mengonsumsi miras dan parahnya sex bebas ada dimana-mana.

Hal ini tentunya tidak lepas dari didikkan dari kedua orang tua, namun meskipun orang tua sudah memberikan yang terbaik faktor lingkungan luarlah salah satu penyebab yang menjadi penyebab dari kenakalan remaja.

Bukan hanya kenakalan remaja yang menjadi permasalahan, saat ini banyak siswa yang kadang bingung mengambil jurusan untuk melanjutkan pendidikan dan bahkan tidak sesuai dengan keinginan kedua orang tua. Disinilah peran guru sebagai konselor sangat dibutuhkan untuk memberi solusi dari setiap masalah yang dihadapi oleh siswa.

7. Menjadi Sales 
Bagi anda yang ingin mengisi waktu kosong, selain mengajar dikelas anda juga bisa menjadi sales. Sebagian orang mungkin terdengar konyol, namun hal ini bisa anda lakukan dengan memanfaatkan keahlian dalam berkomunikasi.

Tentunya seorang guru ahli dalam bidang ini karena terbiasa berinteraksi dengan siswa dan orang-orang yang ada dilingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Misalnya dengan mempromosikan produk-produk yang dapat menunjang perkembangan anak.

Saat ini sudah banyak produk yang bisa membantu tumbuh kembang anak baik dari segi obat-obatan, maupun minuman sehingga anak bisa dan mampu bersaing dalam dunia pendidikan. Hal ini tentu saja akan lebih menarik perhatian orang tua terlebih berbicara soal pendidikan.

8. Membuat Podcast 
Podcast merupakan rekaman asli yang berupa audio atau video dimana bisa didengarkan oleh siswa dimanapun dan kapanpun mereka inginkan, melalui podcast ini seorang guru bisa merekam tentang penjelasan materi atau pelajaran tertentu untuk memudahkan proses belajar siswa terlebih bagi mereka yang tidak sempat atau malas bepergian dan bisa mendengarkan dirumah.

Tidak hanya pelajar semua kalangan juga bisa menggunakan podcast dan sudah banyak digunakan di luar negeri. Podcast juga memiliki beberapa manfaat seperti iklannya tidak berlebihan seperti radio pada umumnya, jika sudah di download maka pendengar akan menerima episode secara otomatis di smartphone.

Selain itu ada banyak manfaat dengan mendengarkan podcast karena podcast memiliki informasi dan pengetahuan yang bermacam-macam, dapat melatih pendengar untuk stimulasi otak, membangun kredibilitas, dan tentunya bisa didengarkan kapan saja sesuai dengan kemauan pendengar.

Demikianlah artikel tentang 8 Peluang Karier Guru Selain Mengajar di Kelas, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

0 Response to "8 Peluang Karier Guru Selain Mengajar di Kelas"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel