Cara Cek IMEI Hp di Situs Kemenperin.go.id untuk Mengetahui Apakah Hp Asli atau BM

Cara Cek IMEI Hp di Situs Kemenperin.go.id untuk Mengetahui Apakah Hp Asli atau BM_ IMEI merupakan identitas internasional yang di keluarkan oleh global sistem for mobile assocation (GSMA) yang terdiri dari 15 digit nomor unik yang diperlukan untuk mengidentifikasi perangkat telekomunikasi yang tersambung ke jaringan telekomunikasi bergerak seluler.



IMEI yang ada pada perangkat seluler selanjutnya akan didaftarkan ke kementrian perindustrian yang akan mengaskan bahwa Hp tersebut merupakan barang yang legal atau sah untuk diperjualbelikan, beda halnya dengan Hp BM (black market) atau yang dijual secara ilegal maka IMEI hp tersebut tidak terdaftar di Kementrian Perindustian.

Berhubung informasi yang beredar bahwa Hp yang IMEI nya tidak terdaftar di Kementrian Perindustrian akan diblokir maka akan sangat penting bagi anda untuk mengetahui apakah IMEI Hp anda terdaftar di Kementrian Perindustrian atau tidak, sehingga sangat penting pula sebelum anda memutuskan untuk membeli Hp tertentu terlebih dahulu memeriksa apakah IMEI Hp tersebut sudah terdaftar atau belum.

Lantas bagaimana cara Cek IMEI Hp di Situs Kemenperin.go.id/ untuk Mengetahui Apakah Hp Asli atau BM, berikut tutorilanya:

A. Cara Mengetahui IMEI Hp (cara 1)

1. Buka Menu Pengaturan (Setting)
Pertama-tama untuk mengecek IMEI Hp anda, silahkan anda buka menu pengaturan pada Hp anda (dalam tutorial ini yang menjadi sampel adalah Hp VIVO)



Setelah itu klik tulisan "Pengaturan Lainnya", seperti contoh yang ada pada gambar di bawah ini


Selanjutnya setelah muncul tampilan seperti di bawah ini, silahkan anda klik tulisan "Tentang Ponsel"


Cara mengecek IMEI setiap HP berbeda namun lokasi tempat IMEI berada biasanya ada di menu: Pengaturan> Tentang Ponsel>Imei

2. IMEI Hp Muncul
Setelah anda mengklik tulisan tentang ponsel maka akan muncul IMEI Hp anda, seperti pada contoh gambar di bawah ini:



B. Cara Mengetahui IMEI Hp (cara 2)
Cara selanjutnya untuk mengetahui IMEI Hp anda adalah bisa dengan melihat BOX Hp anda, pada BOX Hp anda tersebut terdapat IMEI Hp, silahkana catat IMEI tersebut untuk selanjutnya dicek keaslian Hp anda di situs Kemenperin.go.id/, berikut


Pada BOX Hp di atas anda bisa melihat IMEI HP, jadi jika anda tidak tahu cara cek IMEI melalui Hp anda bisa melihat IMEI Hp anda yang tercantum di BOX-nya.

C. Cara Cek IMEI Hp di Situs Kemenperin.go.id/ untuk Mengetahui Apakah Hp Asli atau BM

1. Kunjungi Situs: https://imei.kemenperin.go.id/
Untuk mengecek IMEI HP anda apakah sudah terdaftar di KEMEMPERIN, pertama-tama silahkan anda kunjungi situs pengecekan IMEI Hp berikut ini: https://imei.kemenperin.go.id/.

Setelah anda mengklik atau mengunjungi link tersebut maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


2. Masukan Kode EMEI
Setelah muncul tampilan seperti di atas, selanjutnya silahkan masukan EMEI Hp anda seperti contoh gambar di bawah ini:


1. Masukan IMEI Hp anda
2. Klik simbol LUV atau pencarian
3. IMEI [Jika Hp anda Legal maka akan terdaftar di database kemenperin jika BM maka tidak terdaftar di Database Kemenperin]

Demikianlah artikel tentang Cara Cek IMEI Hp di Situs Kemenperin.go.id/ untuk Mengetahui Apakah Hp Asli atau BM, semoga bermanfaat

0 Response to "Cara Cek IMEI Hp di Situs Kemenperin.go.id untuk Mengetahui Apakah Hp Asli atau BM"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel