6 Cara Membedakan Jajanan Anak Sekolah yang Sehat dan yang Tidak Sehat

Tak Semua Jajanan Anak Sekolah Tidak Sehat, Bagaimana Bedakannya?_ Kebanyakan para orangtua selalu khawatir ketika, anak mereka sering jajan sembarangan di sekolah. Namun, ternyata tidak semua jajanan anak sekolah kotor dan tidak sehat, Anda sebagai orangtua hanya perlu berikan penjelasan bagaimana mereka bisa memilih jajanan yang baik untuk kesehatan mereka.


Selain memberika uang saku, beberapa orangtua juga sering memberikan bekal makanan sehat kepada si kecil, namun hal tersebut seperti tidak selamanya rutin dilaksanakan. Nah, Anda sebagai orangtua hanya perlu bisa memberikan pengetahuan bagaimana cara membedakan jajanan anak sekolah yang sehat dan yang tidak sehat.

6 Cara Membedakan Jajanan Anak Sekolah yang Sehat dan yang Tidak Sehat

1. Pilih Jajanan Anak Sekolah yang Bersih, Termasuk Bahan Pembuatannya Seperti Minyak Goreng 
Hal yang pertama yang harus Anda ketahui adalah tentang bahan yang digunakan oleh para pedagang kaki lima yang sering menawarkan jajanan anak sekolah. Seperti bahan pembuat makanan yang paling umum digunakan adalah minyak goreng.

Anda bisa berikan penjelasan bahwa penggunaan minyak goreng ada batasannya, karena jika warna minyak goreng sudah mulai menghitam, Anda boleh beritahu kepada anak Anda, untuk tidak membeli jajanan di tempat tersebut.

2. Jajanan Anak Sekolah di Kantin atau Berbentuk Franchise (ada merek dagang), Bisa Lebih Dipercaya Ketimbang Kaki Lima
Nah, biasanya dibeberapa produk kantin atau jenis pedagang franchise, sudah mulai menggunakan bahan-bahan masakan yang lebih higienis termasuk minyak goreng. Sehingga, Anda boleh rekomendasikan anak Anda untuk jajan di tempat yang lebih terpercaya. Terlebih, jenis bisnis franchise juga akan membuat citra bisnisnya bagus, dengan menawarkan produk yang baik pula.

3. Perhatikan Juga Penggunaan Bahan Pengawet Pada Makanan 
Selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih jajanan anak sekolah yakni, jenis makanan yang biasa menggunakan pengawet. Terlebih pengawet seperti formalin dan borak masih bebas dijual dan disalahgunakan. Jenis makanan yang biasa menggunakan bahan pengawet seperti borak dan formalin adalah bakso, mie, daging dan lain-lain.

Nah, untuk bisa mendeteksinya mungkin agak sulit, namun Anda bisa mencontohkannya dengan cara menggunakan indra penglihatan, perasa bahkan penciuman, seperti tekstur yang cenderung kenyal dan warna yang aneh dan terlalu mencolok mungkin patut untuk dicurigakan.

4. Perhatikan Jajanan Anak Sekolah yang Menggunakan Es Balokan 
Selain itu, jenis jajanan anak sekolah yang sering dibeli anak sekolah adalah minuman dingin. Nah, di sini juga orangtua turun memberika penjelasan, bahwa sebagian es batu es balok yang dibuat dan didistribusikan adalah menggunakan air mentah, sehingga dirasa sangat tidak higienis. Maka dari itu lebih baik memilih jenis minuman yang menggunakan es kristal, atau pilih membawa air minum dari rumah yang jelas lebih sehat dan bersih.

5. Jangan Lewatkan Sarapan Pagi 
Bukan hanya soal jenis jajanan anak sekolah yang terlihat berbahaya, faktor lain yang sering membuat anak sekolah sering sakit adalah karena tidak pernah sarapan. Pasalnya, studi menunjukkan masih banyak masalah anak sekolah Indonesia karena tidak pernah sarapan. Terlebih, tidak pernah sarapan akan berdampak buruk terhadap proses belajar anak sekolah.

6. Buat Bisnis Jajanan Anak Sekolah yang Sehat dan Lebih Menarik 
Mungkin itulah beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan ketika memilih jajanan anak sekolah. Selain itu, jajanan anak sekolahan saat ini juga semakin beragam, bahkan beberapa jenis jajanan anak sekolahan dijadikan beberapa varian yang lebih menarik.

Sehingga, sasarannya bukan hanya anak sekolah saja, melainkan para pecinta kuliner. Nyatanya, jajanan anak sekolah itu memang memiliki keunikan rasa tersendiri yang tidak mudah hilang begitu saja.

Malah, penggemarnya juga saat ini semakin bertambah. Nah, momen ini mungkin bisa Anda jadikan peluang juga untuk bisa membangun bisnis jajanan anak sekolah yang sehat, bervariasi, dan juga beromzet besar.

Apa saja ide usaha jajanan anak sekolah yang kira-kira akan menghasilkan omzet besar? Informasi selengkapnya bisa Anda baca di link artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/ide-usaha-jajanan-anak-sekolah-yang-beromzet-jutaan-rupiah/

0 Response to "6 Cara Membedakan Jajanan Anak Sekolah yang Sehat dan yang Tidak Sehat"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel