11 Tips Mendidik Anak yang Baik di Era Milenial

11 Tips Mendidik Anak yang Baik di Era Milenial_ keluarga merupakan tempat pendidikan pertama seorang anak selain di sekolah, tempat kursus dan tempat lain. Itulah sebabnya seorang ibu dikatakan sebagai madrasah pertama bagi seorang anak.


Pentingnya pendidikan bagi anak di era milineal merupakan hal yang harus di perhatikan orang tua khususnya mereka yang lebih banyak menghabiskan waktu di tempat kerja, sesibuk apapun orang tua mereka harus mampu dan bisa meluangkan waktu untuk memenuhi kebutuhan sang ana khususnya dalam hal mendidik.

Sebagai orang tentunya menginginkan yang tebaik bagi anak-anaknya agar kedepannya bisa sesuai dengan apa yang di ingin atau yang di harapkan. Dalam hal ini peran kedua orang tua dalam penerapan didikan sangatlah penting bagi proses perkembangan anak.

Mendidik ana juga tidak asal-asalan yang dimana orang tua harus pandai memporsikan sesuai kebutuhan dan menyesuaikan dengan krakteristik setiap anak dan yang paling penting bagaimana orang tua agar mampu meningkatkan kualitas dalam mendidik . Berikut 10 tips mendidik anak yang baik di era milineal.

11 Tips Mendidik Anak yang Baik di Era Milenial

1. Menjadi Pendengar yang Baik 
Sebelum mendidik, orang tua harus mempersiapkan diri bukan hanya ingin di dengar tetapi juga harus menjadi pendengar yang baik bagi anak-anak karena sebaik-baiknya tempat berkeluh kesah adalah keluarga, namun orang tua tidak bisa mengawasi atau bersama anak selama 24 jam dan tidak tahu apa yang mereka lakukan di luar lingkungan keluarga dan sehingga tidak menutup kemungkinan mereka memiliki masalah dengan orang lain.

Untuk itu sebagai orang tua berilah solusi atau pendapat terkait dengan masalah yang mereka hadapi,tak lupa pula cara bagaimana mereka menghadapi setiap permasalahan dan mencari solusi agar kedepannya mereka tidak menjadi seorang pengecut bahkan manja dengan keadaan.

2. Menjadi Seorang Panutan Dalam lingkungan keluarga
Dalam lingkungan keluarga, orang tua sangatlah berpengaruh dalam proses perkembangan anak, orang tua haruslah menjadi panutan bagi anak- anaknya. Orang bijak juga mengatakan bahwa anak adalah cerminan dari orang tua.

Yang namanya anak kecil sudah pasti memiliki idola seperti superhero atau pahlawan dalam imajinasi mereka dan hal itu mereka inginkan dalam dunia nyata. Jadi sebagai orang tua berusahalah untuk bisa menjadi seperti apa yang di inginkan sang anak selama itu masih dalam hal positif dan mendukung perkembangan anak.

3. Berikan Dukungan atau Motivasi 
Selain membutuhkan kasih sayang kedua orang tua, seorang anak tentunya membutuhkan yang namanya dukungan dan motivasi, meskipun berbentuk kalimat ataupun ucapan namun hal ini cukup berpengaruh.

Dengan memberi motivasi anak akan menjadi lebih percaya diri dan bersemangat. Mendidik anak tidak melulu dangan kata-kata kasar banyak di dapatkan orang tua yang menerapkan hal demikian dengan alasan agar anak tidak menjadi manja. Namun orang tua perlu mengetahui bahwa anak yang di didik dengan kasar cenderung menjadi seorang pembangkang. Jadi mulai hari ini jadilah orang tua yang bijak dalam mendidik anak .

4. Ajarkan Keterbukaan
Orang tua yang sering mendidik dengan cara kasar tidak akan membuat sang anak menjadi lebihh baik namun akan menjadi sebaliknya, disaat ada waktu luang cobalah untuk menanyakan hal apa saja yang di inginkan sang anak, apa saja yang ia butuhkan dan apa saja yang ia lakukan bersama teman- temannya.

Dengan begitu sang anak akan terbuka dengan orang tuanya tidak hanya itu dengan keterbukaan sang anak, orang tua bisa mencari atau menemukan celah kekurangan dalam diri sang anak dan menjadikan inspirasi agar bisa meningkatkan kualitas didikan kepada anak atau bisa mengubah metode yang di pakai sebelumnya sesuai dengan karakter dan kebutuhan anak.

5. Jangan Mengancam Anak
Mendidik anak memang tidaklah mudah, terkadang rasa kesal akan sikap dan sifatnya selalu datang menghampiri. Belajarlah untuk mengontrol emosi agar kata-kata kasar tidak terucapkan ,jangan pula meneriaki apalagi sampai mengancam sebab sang anak juga akan merasa tidak nyaman dan bahkan merasa tertekan, cobalah dengan cara yang lemah lembut namun bijak dengan begitu ia akan mudah luluh dan penurut.

6. Jangan Berbohong.
Yang namanya anak kecil tentu sangat mudah untuk di bohongi, namun hal ini perlu di perhatikan. Banyak orang tua menganggap hal ini sepele bahkan menjadikan kebiasaan ini sebagai tujuan tertentu seperti menakut-nakuti agar mereka percaya.

Dampak dari berbohong ini mungkin mereka belum rasakan atau dapatkan tetapi akan terlihat pada saat sang anak beranjak menuju dewasa karena terbiasa dengan kebohongan maka sang anak tadi tidak menutup kemungkinan akan mudah berbohong baik dengan orang tua maupun orang lain karena menurutnya kebohongan adalah hal yang wajar dan biasa saja. Jadi mulai sekarang jadilah orang tua yang jujur dan ajarakan anak untuk senantiasa berkata jujur.

7. Jangan Menakuti Anak 
Selain berbohong orang tua juga banyak menakut-nakuti sebagai jalan pintas agar anak mau menuruti keinginan orang tua, meskipun cara ini salah tetapi masih saja di dapatkan orang tua yang melakukan hal demikian.

Seperti berbohong lagi-lagi masih ada saja orang tua yang menganggap ini sepele tanpa mereka sadari dengan menakut-nakuti anak bisa saja mengalami trauma dan bisa membatasi kreatifitasnya .

8. Ajarkan Agama Sejak kecil 
Sejak kecil didiklah anak dengan baik, mereka bukan hanya darah daging tetapi amanah dari ALLAH SWT, dalam hal mendidik perlu ilmu agama biasakan mereka selagi masih anak-anak agar kedepannya mereka menjadi terbiasa.

Karena di zaman yang semakin canggih ini Nilai-nilai agama semakin di kesampingkan dan parahnya banyak yang mengaggap tidak sesuai zaman. Dalam agama juga tidak hanya mengajarkan bagimana kita beribadah,sikap,sifat dan lainnya,tetapi ilmu yang tidak kalah penting dan tidak bisa dibeli dengan uang.

9. Ajarkan Meminta Maaf 
Ada yang mengatakan bahwa hal tersulit yang di lakukan manusia yaitu meminta maaf dan berterima kasih, entah karena rasa gengsi atau yang lain. Tapi meminta maaf atau berterima kasih tidak aka mengurangi derajat seseorang.

Jika orang tua yang salah terhadap anak alangkah lebih bagusnya orang tua juga harus meminta maaf. Hilangkanlah ego dan beranggapan bahwa orang tua tidak pantas meminta maaf. Hal-hal seperti itulah secara tidak langsung dapat mendidik anak agar terbiasa meminta maaf baik dengan orang tua maupun orang lain.

10. Tumbuhkan sikap Menghormati 
Sikap hormat tidak selalu di tujukan kepada mereka yang lebih tua, tetapi sesama teman juga harus ada sikap saling menghormati. Didiklah mulai dari anak-anak agar ketika beranjak dewasa ia muda bergaul dengan siapapun tanpa melupakan sikap saling menghargai. Hormati orang lain agar kita juga di hormati.

11. Ajarkan Disiplin
Banyak yang mengatakan bahwa kesuksesaan dimulai dari kedisiplinan, untuk itu ajarkan anak untuk memulai dari hal-hal kecil seperti datang tepat waktu, belajar dan berngkat ke sekolah pada tepat waktu. Itulah 10 tips mendidik anak, jadilah orang tua yang sabar dan selalu memberikan yang terbaik untuk kebutuhan mereka. Karena anak adalah cerminan orang tua.

Demikianlah artikel tentang 11 Tips Mendidik Anak yang Baik di Era Milenial, semoga artikel ini bermnafaat untuk anda semua

0 Response to "11 Tips Mendidik Anak yang Baik di Era Milenial"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel